STUDI KOMPETENSI GURU PAI DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Pendidikan adalah usaha orang dewasa dalam pergaulan anak-anak untuk memimpin jamani dan rohani kearah kedewasaan dalam artian pendidikan adalah sebuah prosese trasper nilai-nilai guru. Oleh karena itu di SMP Muhammadiyah 2 Surakrta kompetensi guru dimaksudkan untuk meningkatkan proses pembelajaran...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Setiyoko , Rohman
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12396/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995599122038784
author Setiyoko , Rohman
author_facet Setiyoko , Rohman
author_sort Setiyoko , Rohman
collection ePrints
description Pendidikan adalah usaha orang dewasa dalam pergaulan anak-anak untuk memimpin jamani dan rohani kearah kedewasaan dalam artian pendidikan adalah sebuah prosese trasper nilai-nilai guru. Oleh karena itu di SMP Muhammadiyah 2 Surakrta kompetensi guru dimaksudkan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan pelaksanaan evalauasi pembelajaran. Kompetensi guru merupakan kemampuan, keahlian dan keterampilan yang harus dimiliki oleh guru dalam menjalankan proses pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran sampai kepada pengevaluasian. Dalam hal pengevaluasian, seorang guru dikatakan berkompeten apabila memahami teknik dan prosedur evaluasi, serta mampu melaksanakan evaluasi sehingga didapat hasil evaluasi yang digunakan untuk memperbaiki proses belajar menagajar. Pelaksanaan evaluasi tersebut dimulai dari perencanaan evaluasi, pembuatan soal tes, mengolah dan menganalisis hasil tes hingga menginterpretasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi. Berdasarkan latar belakang diatas penulis merumuskan masalah bagaimana kompetensi guru dalam evalausi pembelaaran pendidikan agama Islam di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kombetensi guru pendidikan agama Islam dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Manfaat ini sebagai masukan bagi guru betapa pentingnya kom petensi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan keterkaitan kompetensi guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran, sehingga didapatkan hasil belajar yang optima, dan mengajak guru PAI di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta untuk berkompetensi dalam masalah pelaksanaan evaluasi pembelajarn. Penelitian pada skripsi ini menggunakan metode deskripsi analisis dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan ditunjang oleh referensi-referensi yang berkaitan dengan tema yang dibahas di skripsi ini (library research). Adapun yang menjadi tolok ukur kompetensi guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran adalah skor acuan yang dapat mengkategorikan guru Pendidikan Agama Islam berkompetensi tinggi, sedang atau rendah. Dan setelah dilakukan penelitian di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta, siswa semakin menjadi lebihn baik dalam proses pembelajaran setelah beberapa penilaian yang dilakukan oleh guru PAI di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta, maka dapat disimpulkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta memiliki kompetensi yang tinggi dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12396
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12396 https://eprints.ums.ac.id/12396/ STUDI KOMPETENSI GURU PAI DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010 Setiyoko , Rohman BP Bahaism. Theosophy, etc Pendidikan adalah usaha orang dewasa dalam pergaulan anak-anak untuk memimpin jamani dan rohani kearah kedewasaan dalam artian pendidikan adalah sebuah prosese trasper nilai-nilai guru. Oleh karena itu di SMP Muhammadiyah 2 Surakrta kompetensi guru dimaksudkan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan pelaksanaan evalauasi pembelajaran. Kompetensi guru merupakan kemampuan, keahlian dan keterampilan yang harus dimiliki oleh guru dalam menjalankan proses pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran sampai kepada pengevaluasian. Dalam hal pengevaluasian, seorang guru dikatakan berkompeten apabila memahami teknik dan prosedur evaluasi, serta mampu melaksanakan evaluasi sehingga didapat hasil evaluasi yang digunakan untuk memperbaiki proses belajar menagajar. Pelaksanaan evaluasi tersebut dimulai dari perencanaan evaluasi, pembuatan soal tes, mengolah dan menganalisis hasil tes hingga menginterpretasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi. Berdasarkan latar belakang diatas penulis merumuskan masalah bagaimana kompetensi guru dalam evalausi pembelaaran pendidikan agama Islam di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kombetensi guru pendidikan agama Islam dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Manfaat ini sebagai masukan bagi guru betapa pentingnya kom petensi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan keterkaitan kompetensi guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran, sehingga didapatkan hasil belajar yang optima, dan mengajak guru PAI di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta untuk berkompetensi dalam masalah pelaksanaan evaluasi pembelajarn. Penelitian pada skripsi ini menggunakan metode deskripsi analisis dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan ditunjang oleh referensi-referensi yang berkaitan dengan tema yang dibahas di skripsi ini (library research). Adapun yang menjadi tolok ukur kompetensi guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran adalah skor acuan yang dapat mengkategorikan guru Pendidikan Agama Islam berkompetensi tinggi, sedang atau rendah. Dan setelah dilakukan penelitian di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta, siswa semakin menjadi lebihn baik dalam proses pembelajaran setelah beberapa penilaian yang dilakukan oleh guru PAI di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta, maka dapat disimpulkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta memiliki kompetensi yang tinggi dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12396/1/BAB_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12396/3/SKRIPSI_22222.pdf Setiyoko , Rohman (2010) STUDI KOMPETENSI GURU PAI DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. G000060009
spellingShingle BP Bahaism. Theosophy, etc
Setiyoko , Rohman
STUDI KOMPETENSI GURU PAI DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title STUDI KOMPETENSI GURU PAI DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full STUDI KOMPETENSI GURU PAI DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_fullStr STUDI KOMPETENSI GURU PAI DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed STUDI KOMPETENSI GURU PAI DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_short STUDI KOMPETENSI GURU PAI DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_sort studi kompetensi guru pai dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di smp muhammadiyah 2 surakarta tahun pelajaran 2009 2010
topic BP Bahaism. Theosophy, etc
url https://eprints.ums.ac.id/12396/
work_keys_str_mv AT setiyokorohman studikompetensigurupaidalampelaksanaanevaluasipembelajarandismpmuhammadiyah2surakartatahunpelajaran20092010