HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Prestasi akademik selama ini dianggap sebagai suatu tolak ukur pencapaian keberhasilan dari mahasiswa. Tuntutan ini secara tidak langsung tercermin dari prasyarat untuk mencari pekerjaan dan studi lanjut yang mencantumkan batasan minimal Indeks Prestasi Kumulatif. Dalam usaha untuk me...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KIRANA , AULIA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12395/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995598849409024
author KIRANA , AULIA
author_facet KIRANA , AULIA
author_sort KIRANA , AULIA
collection ePrints
description Prestasi akademik selama ini dianggap sebagai suatu tolak ukur pencapaian keberhasilan dari mahasiswa. Tuntutan ini secara tidak langsung tercermin dari prasyarat untuk mencari pekerjaan dan studi lanjut yang mencantumkan batasan minimal Indeks Prestasi Kumulatif. Dalam usaha untuk mengerti variabel yang memiliki peran penting dalam terciptanya prestasi akademik, dipilih dua variabel yang dinilai memiliki kontribusi yaitu efikasi diri dan dukungan sosial. Pajares (2002), dalam reviewnya terhadap teori Bandura mengatakan bahwa efikasi diri secara jelas selalu terhubung pada setiap kajian mengenai pendidikan diantaranya pada penelitian prestasi akademik. Sementara penelitian Kim (2010) menunjukkan data bahwa untuk mencapai kesuksesan akademik salah satu faktor yang penting adalah dukungan sosial yang diterima dari orang tua. Penelitian ini memiliki tiga macam tujuan yaitu untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial dengan prestasi akademik mahasiswa, mengetahui peran efikasi diri terhadap prestasi akademik dan peran dukungan sosial terhadap prestasi akademik. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta sebanyak 86 orang. Alat ukur yang digunakan adalah skala efikasi diri dari Elias (2008), Multidimensional Scale of Perceived Social Support yang dirumuskan oleh Zimet, Dahlem, Zimet & Farley (1988) dan dokumentasi nilai indeks prestasi. Analisis dilakukan menggunakan analisa regresi dua prediktor. Hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,310; p = 0,015 (p < 0,05). Sumbangan efektif efikasi diri dan dukungan sosial dengan prestasi akademik sebesar 9,6%. Diketahui pula adanya hubungan antara efikasi diri dengan prestasi akademik dengan R sebesar 0,270; p = 0,012 (p < 0,05) dan hubungan antara dukungan sosial dengan prestasi akademik dengan R sebesar 0,267 ; p = 0,013 (p < 0,05). Dalam variabel efikasi diri, aspek tingkatan dan kekuatan menunjukkan kontribusi yang cukup besar, sementara aspek keluasan tidak menunjukkan signifikansi peran terhadap prestasi akademik. Dalam variabel dukungan sosial, ditunjukkan kontribusi yang signifikan oleh aspek dukungan teman dan keluarga, sementara faktor dukungan orang yang dianggap penting tidak menunjukkan kontribusi yang signifikan.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12395
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12395 https://eprints.ums.ac.id/12395/ HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA KIRANA , AULIA BF Religion and Philosophy Prestasi akademik selama ini dianggap sebagai suatu tolak ukur pencapaian keberhasilan dari mahasiswa. Tuntutan ini secara tidak langsung tercermin dari prasyarat untuk mencari pekerjaan dan studi lanjut yang mencantumkan batasan minimal Indeks Prestasi Kumulatif. Dalam usaha untuk mengerti variabel yang memiliki peran penting dalam terciptanya prestasi akademik, dipilih dua variabel yang dinilai memiliki kontribusi yaitu efikasi diri dan dukungan sosial. Pajares (2002), dalam reviewnya terhadap teori Bandura mengatakan bahwa efikasi diri secara jelas selalu terhubung pada setiap kajian mengenai pendidikan diantaranya pada penelitian prestasi akademik. Sementara penelitian Kim (2010) menunjukkan data bahwa untuk mencapai kesuksesan akademik salah satu faktor yang penting adalah dukungan sosial yang diterima dari orang tua. Penelitian ini memiliki tiga macam tujuan yaitu untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial dengan prestasi akademik mahasiswa, mengetahui peran efikasi diri terhadap prestasi akademik dan peran dukungan sosial terhadap prestasi akademik. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta sebanyak 86 orang. Alat ukur yang digunakan adalah skala efikasi diri dari Elias (2008), Multidimensional Scale of Perceived Social Support yang dirumuskan oleh Zimet, Dahlem, Zimet & Farley (1988) dan dokumentasi nilai indeks prestasi. Analisis dilakukan menggunakan analisa regresi dua prediktor. Hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,310; p = 0,015 (p < 0,05). Sumbangan efektif efikasi diri dan dukungan sosial dengan prestasi akademik sebesar 9,6%. Diketahui pula adanya hubungan antara efikasi diri dengan prestasi akademik dengan R sebesar 0,270; p = 0,012 (p < 0,05) dan hubungan antara dukungan sosial dengan prestasi akademik dengan R sebesar 0,267 ; p = 0,013 (p < 0,05). Dalam variabel efikasi diri, aspek tingkatan dan kekuatan menunjukkan kontribusi yang cukup besar, sementara aspek keluasan tidak menunjukkan signifikansi peran terhadap prestasi akademik. Dalam variabel dukungan sosial, ditunjukkan kontribusi yang signifikan oleh aspek dukungan teman dan keluarga, sementara faktor dukungan orang yang dianggap penting tidak menunjukkan kontribusi yang signifikan. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12395/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12395/3/Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12395/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12395/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12395/7/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12395/9/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12395/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12395/13/Lampiran_Kategorisasi_dan_Skala.pdf KIRANA , AULIA (2011) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. F100070190
spellingShingle BF Religion and Philosophy
KIRANA , AULIA
HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
title HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
title_full HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
title_fullStr HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
title_full_unstemmed HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
title_short HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
title_sort hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial dengan prestasi akademik mahasiswa fakultas psikologi universitas muhammadiyah surakarta
topic BF Religion and Philosophy
url https://eprints.ums.ac.id/12395/
work_keys_str_mv AT kiranaaulia hubunganantaraefikasidiridandukungansosialdenganprestasiakademikmahasiswafakultaspsikologiuniversitasmuhammadiyahsurakarta