HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Prestasi akademik selama ini dianggap sebagai suatu tolak ukur pencapaian keberhasilan dari mahasiswa. Tuntutan ini secara tidak langsung tercermin dari prasyarat untuk mencari pekerjaan dan studi lanjut yang mencantumkan batasan minimal Indeks Prestasi Kumulatif. Dalam usaha untuk me...

ver descrição completa

Na minha lista:
Detalhes bibliográficos
Autor principal: KIRANA , AULIA
Formato: Tese
Idioma:English
English
English
English
English
English
English
English
Publicado em: 2011
Assuntos:
Acesso em linha:https://eprints.ums.ac.id/12395/
Tags: Adicionar Tag
Sem tags, seja o primeiro a adicionar uma tag!
Descrição
Resumo:Prestasi akademik selama ini dianggap sebagai suatu tolak ukur pencapaian keberhasilan dari mahasiswa. Tuntutan ini secara tidak langsung tercermin dari prasyarat untuk mencari pekerjaan dan studi lanjut yang mencantumkan batasan minimal Indeks Prestasi Kumulatif. Dalam usaha untuk mengerti variabel yang memiliki peran penting dalam terciptanya prestasi akademik, dipilih dua variabel yang dinilai memiliki kontribusi yaitu efikasi diri dan dukungan sosial. Pajares (2002), dalam reviewnya terhadap teori Bandura mengatakan bahwa efikasi diri secara jelas selalu terhubung pada setiap kajian mengenai pendidikan diantaranya pada penelitian prestasi akademik. Sementara penelitian Kim (2010) menunjukkan data bahwa untuk mencapai kesuksesan akademik salah satu faktor yang penting adalah dukungan sosial yang diterima dari orang tua. Penelitian ini memiliki tiga macam tujuan yaitu untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial dengan prestasi akademik mahasiswa, mengetahui peran efikasi diri terhadap prestasi akademik dan peran dukungan sosial terhadap prestasi akademik. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta sebanyak 86 orang. Alat ukur yang digunakan adalah skala efikasi diri dari Elias (2008), Multidimensional Scale of Perceived Social Support yang dirumuskan oleh Zimet, Dahlem, Zimet & Farley (1988) dan dokumentasi nilai indeks prestasi. Analisis dilakukan menggunakan analisa regresi dua prediktor. Hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,310; p = 0,015 (p < 0,05). Sumbangan efektif efikasi diri dan dukungan sosial dengan prestasi akademik sebesar 9,6%. Diketahui pula adanya hubungan antara efikasi diri dengan prestasi akademik dengan R sebesar 0,270; p = 0,012 (p < 0,05) dan hubungan antara dukungan sosial dengan prestasi akademik dengan R sebesar 0,267 ; p = 0,013 (p < 0,05). Dalam variabel efikasi diri, aspek tingkatan dan kekuatan menunjukkan kontribusi yang cukup besar, sementara aspek keluasan tidak menunjukkan signifikansi peran terhadap prestasi akademik. Dalam variabel dukungan sosial, ditunjukkan kontribusi yang signifikan oleh aspek dukungan teman dan keluarga, sementara faktor dukungan orang yang dianggap penting tidak menunjukkan kontribusi yang signifikan.