HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DALAM FACEBOOK DENGAN CEMBURU PADA PASANGAN

Cemburu pada pasangan merupakan hal yang dapat terjadi pada setiap orang. Cemburu yang dirasakan tersebut karena adanya ancaman dalam hubungan yang sedang terjalin dan rasa takut kehilangan. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi cemburu pada pasangan yaitu persepsi terhadap interaksi sosia...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: IRIYANI , ERNA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12392/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995598029422592
author IRIYANI , ERNA
author_facet IRIYANI , ERNA
author_sort IRIYANI , ERNA
collection ePrints
description Cemburu pada pasangan merupakan hal yang dapat terjadi pada setiap orang. Cemburu yang dirasakan tersebut karena adanya ancaman dalam hubungan yang sedang terjalin dan rasa takut kehilangan. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi cemburu pada pasangan yaitu persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook. Persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook yaitu proses penilaian seseorang yang bersifat subjektif dalam memperoleh, memperhatikan dan menafsirkan informasi yang dilihat secara selektif dalam interaksi sosial yang dilakukan pasangannya melalui situs jejaring sosial Facebook. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hubungan antara persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook dengan cemburu pada pasangan, 2) tingkat persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook, 3) tingkat cemburu pada pasangan. Subjek dalam penelitian ini adalah yang menyatakan bahwa dirinya berkomitmen untuk berpacaran, baik yang berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan, usia 17 – 24 tahun, memiliki pasangan yang dalam sehari waktu yang digunakan untuk membuka Facebook minimal 1 jam, minimal sekali update status dan telah memiliki Facebook minimal 2 bulan serta bertempat tinggal di wilayah Kota Surakarta. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive incidental non random sampling. Pengumpulan datanya menggunakan skala persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook dan skala cemburu pada pasangan. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan teknik analisis product moment diperoleh nilai koefisien (r) sebesar -0,558 dengan p < 0,01. Hal ini berarti hipotesis yang penulis ajukan terbukti yaitu ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook dengan cemburu pada pasangan. Ketika seseorang dalam mempersepsikan interaksi sosial yang dilakukan pasangan dalam Facebook positif, maka kecemburuan yang dirasakan akan rendah. Sebaliknya ketika seseorang mempersepsikan interaksi sosial yang dilakukan pasangan dalam Facebook negatif, maka kecemburuan yang dirasakan akan semakin tinggi. Variabel persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook mempunyai rerata empirik sebesar 98,780 dengan rerata hipotetik sebesar 92,5. Variabel cemburu pada pasangan memiliki rerata empirik sebesar 100,440 dan rerata hipotetik sebesar 92,5. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook dan cemburu pada pasangan subjek penelitian tergolong sedang.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12392
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12392 https://eprints.ums.ac.id/12392/ HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DALAM FACEBOOK DENGAN CEMBURU PADA PASANGAN IRIYANI , ERNA BF Religion and Philosophy Cemburu pada pasangan merupakan hal yang dapat terjadi pada setiap orang. Cemburu yang dirasakan tersebut karena adanya ancaman dalam hubungan yang sedang terjalin dan rasa takut kehilangan. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi cemburu pada pasangan yaitu persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook. Persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook yaitu proses penilaian seseorang yang bersifat subjektif dalam memperoleh, memperhatikan dan menafsirkan informasi yang dilihat secara selektif dalam interaksi sosial yang dilakukan pasangannya melalui situs jejaring sosial Facebook. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hubungan antara persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook dengan cemburu pada pasangan, 2) tingkat persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook, 3) tingkat cemburu pada pasangan. Subjek dalam penelitian ini adalah yang menyatakan bahwa dirinya berkomitmen untuk berpacaran, baik yang berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan, usia 17 – 24 tahun, memiliki pasangan yang dalam sehari waktu yang digunakan untuk membuka Facebook minimal 1 jam, minimal sekali update status dan telah memiliki Facebook minimal 2 bulan serta bertempat tinggal di wilayah Kota Surakarta. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive incidental non random sampling. Pengumpulan datanya menggunakan skala persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook dan skala cemburu pada pasangan. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan teknik analisis product moment diperoleh nilai koefisien (r) sebesar -0,558 dengan p < 0,01. Hal ini berarti hipotesis yang penulis ajukan terbukti yaitu ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook dengan cemburu pada pasangan. Ketika seseorang dalam mempersepsikan interaksi sosial yang dilakukan pasangan dalam Facebook positif, maka kecemburuan yang dirasakan akan rendah. Sebaliknya ketika seseorang mempersepsikan interaksi sosial yang dilakukan pasangan dalam Facebook negatif, maka kecemburuan yang dirasakan akan semakin tinggi. Variabel persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook mempunyai rerata empirik sebesar 98,780 dengan rerata hipotetik sebesar 92,5. Variabel cemburu pada pasangan memiliki rerata empirik sebesar 100,440 dan rerata hipotetik sebesar 92,5. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook dan cemburu pada pasangan subjek penelitian tergolong sedang. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12392/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12392/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12392/5/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12392/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12392/9/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12392/13/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12392/16/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12392/18/LAMPIRAN.pdf IRIYANI , ERNA (2011) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DALAM FACEBOOK DENGAN CEMBURU PADA PASANGAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. F100060205
spellingShingle BF Religion and Philosophy
IRIYANI , ERNA
HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DALAM FACEBOOK DENGAN CEMBURU PADA PASANGAN
title HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DALAM FACEBOOK DENGAN CEMBURU PADA PASANGAN
title_full HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DALAM FACEBOOK DENGAN CEMBURU PADA PASANGAN
title_fullStr HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DALAM FACEBOOK DENGAN CEMBURU PADA PASANGAN
title_full_unstemmed HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DALAM FACEBOOK DENGAN CEMBURU PADA PASANGAN
title_short HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DALAM FACEBOOK DENGAN CEMBURU PADA PASANGAN
title_sort hubungan antara persepsi terhadap interaksi sosial dalam facebook dengan cemburu pada pasangan
topic BF Religion and Philosophy
url https://eprints.ums.ac.id/12392/
work_keys_str_mv AT iriyanierna hubunganantarapersepsiterhadapinteraksisosialdalamfacebookdengancemburupadapasangan