ANALISIS PENGARUH DIMENSI CITRA RETAILER TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Di Assalaam Hypermarket Pabelan Kartasura)
Citra sebuah retailer merupakan hal yang akan selalu dilihat dan dipertimbangkan oleh konsumen dan atau calon konsumen sebelum mereka mengunjungi sebuah retailer. Citra yang diwakili oleh berbagai dimensi citra retailer akan menentukan dalam meraih konsumen dan membuat konsumen menjadi...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12386/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Citra sebuah retailer merupakan hal yang akan selalu dilihat dan
dipertimbangkan oleh konsumen dan atau calon konsumen sebelum mereka
mengunjungi sebuah retailer. Citra yang diwakili oleh berbagai dimensi citra
retailer akan menentukan dalam meraih konsumen dan membuat konsumen
menjadi puas. Penelitian yang mengambil salah satu retailer di Kartasura ini
memiliki tujuan untuk mengidentifikasi bagaimana pengaruh dari dimensi citra
retailer terhadap tingkat kepuasan konsumen. Melalui indikasi dari para
konsumen dan melihat dari beberapa citra yang melekat pada sebuah retailer,
peneliti dapat menyimpulkan seberapa besar pengaruh variabel-variabel dimensi
citra retailer terhadap kepuasan konsumen.
Metodologi penelitian yang digunakan meliputi analisis regresi, uji t, uji
F. Ketiga alat analisis ini secara berturut-turut berfungsi untuk memprediksi,
melihat pengaruh secara individu, melihat pengaruh secara serentak, dan
mengetahui seberapa besar proporsi variabel-variabel independen dimensi citra
retailer terhadap variabel dependen kepuasan konsumen.
Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel-variabel dimensi citra retailer
berpengaruh signifikan baik secara individu maupun serentak terhadap variabel
kepuasan konsumen, dengan variabel dominan adalah variabel dimensi citra
retailer. Selain itu, hasil analisis R 2 menunjukkan bahwa variabel-variabel
dimensi citra retailer mampu menjelaskan variabel kepuasan konsumen sebesar
55,6%.
Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel-
variabel dimensi citra retailer berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan
konsumen. Oleh karena itu, sebuah retailer harus mampu menciptakan,
mempertahankan, dan bahkan meningkatkan kualitas citra retailer agar konsumen
semakin puas.
|
---|