KEPUASAN PELANGGAN DITINJAU DARI MENU MAKANAN, LINGKUNGAN NATURAL, DAN KUALITAS PELAYANAN DI WARUNG APUNG PEMANCINGAN NILA SARI ROWO JOMBOR
Restoran atau warung makanan adalah suatu tempat atau bangunan yang diorganisasi secara komersial yang melakukan pelayanan yang baik kepada semua tamunya, baik berupa makanan maupun minuman dengan tujuan untuk memuaskan pelanggan. Kepuasan pelanggan menjadi sangat penting dan perlu dipertahank...
Salvato in:
Autore principale: | |
---|---|
Natura: | Tesi |
Lingua: | English English English English English English English English |
Pubblicazione: |
2011
|
Soggetti: | |
Accesso online: | https://eprints.ums.ac.id/12380/ |
Tags: |
Aggiungi Tag
Nessun Tag, puoi essere il primo ad aggiungerne!!
|
Riassunto: | Restoran atau warung makanan adalah suatu tempat atau bangunan yang
diorganisasi secara komersial yang melakukan pelayanan yang baik kepada semua
tamunya, baik berupa makanan maupun minuman dengan tujuan untuk memuaskan
pelanggan. Kepuasan pelanggan menjadi sangat penting dan perlu dipertahankan
oleh pemilik warung. Pelanggan yang puas akan menjadi pelanggan yang loyal
dalam arti tetap membeli makanan di warung tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan kepuasan
pelanggan dengan menu makanan, lingkungan natural, dan kualitas pelayanan di
Warung Apung pemancingan Nila Sari Rowo Jombor. (2) Hubungan pelanggan
konsumen dengan menu makanan di Warung Apung pemancingan Nila Sari Rowo
Jombor. (3) Hubungan kepuasan pelanggan dengan lingkungan natural di Warung
Apung pemancingan Nila Sari Rowo Jombor. (4) Hubungan kepuasan konsumen
pelanggan dengan kualitas pelayanan di Warung Apung pemancingan Nila Sari
Rowo Jombor. (5) Seberapa besar peran menu makanan, lingkungan natural, dan
kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di warung apung pemancingan Nila
Sari Rowo Jombor.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan di warung apung
pemancingan Nila Sari Rowo Jombor. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan
teknik incidental samplibg yaitu pada sekelompok pelanggan yang makan di
Warung Apung pemancingan Nila Sari Rowo Jombor. Analisis data penelitian
menggunakan regresi ganda.
Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu: (1) Ada hubungan yang signifikan
antara menu makanan, lingkungan natural, dan kualitas pelayanan dengan kepuasan
pelanggan di Warung Apung pemancingan Nila Sari Rowo Jombor. (2) Ada
hubungan yang signifikan antara menu makanan dengan kepuasan pelanggan di
Warung Apung pemancingan Nila Sari Rowo Jombor. (3) Tidak ada hubungan
antara lingkungan natural dengan kepuasan pelanggan di Warung Apung
pemancingan Nila Sari Rowo Jombor. (4) Ada hubungan antara kualitas pelayanan
dengan kepuasan pelanggan di Warung Apung pemancingan Nila Sari Rowo
Jombor. (5) Menu makanan, lingkungan natural, dan kualitas pelayanan memberi kontribusi terhadap kepuasan konsumen di warung apung pemancingan Nila Sari
Rowo Jombor sebesar 0,637 atau 63,7%. Hal ini berarti masih terdapat 36,3% dari
beberapa variabel lain yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Variabel lain
tersebut, seperti harga makanan, lokasi rumah makan, dan fasilitas rumah makan. |
---|