HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU KENAKALAN REMAJA

Usia remaja merupakan usia yang menyenangkan bagi remaja. Pada usia ini orang banyak hal yang banyak di pelajari dan selalu menjadi hal yang pertama. Masalah yang sering terjadi dimasyarakat, banyak remaja yang berperilaku nakal. Tentunya hal ini sangat mengganggu ketertiban umum. Perilaku ken...

Повний опис

Збережено в:
Бібліографічні деталі
Автор: SIDI, ASEP PURNOMO
Формат: Дисертація
Мова:English
English
English
English
English
English
English
English
Опубліковано: 2011
Предмети:
Онлайн доступ:https://eprints.ums.ac.id/12371/
Теги: Додати тег
Немає тегів, Будьте першим, хто поставить тег для цього запису!
_version_ 1804995592815902720
author SIDI, ASEP PURNOMO
author_facet SIDI, ASEP PURNOMO
author_sort SIDI, ASEP PURNOMO
collection ePrints
description Usia remaja merupakan usia yang menyenangkan bagi remaja. Pada usia ini orang banyak hal yang banyak di pelajari dan selalu menjadi hal yang pertama. Masalah yang sering terjadi dimasyarakat, banyak remaja yang berperilaku nakal. Tentunya hal ini sangat mengganggu ketertiban umum. Perilaku kenakalan remaja merupakan cerminan dari konsep diri yang negatif. Konsep diri yang negatif ini akan membawa penagruh buruk bagi diri seorang remaja, dimana konsep diri merupakan ciri dari perilaku sseseorang.Bagi remaja yang mempunyai konsep diri yang positif kegiatannya akan di isi oleh hal yang akan membawa dirinya menjadi seorang yang sangat diharapkan oleh keluarganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan perilaku kanakalan remaja yang ada di SMA N1 Singaparna. Selain itu, penelitian ini di tujukan untuk mengetahui peran konsep diri dengan perilaku kenakalan remaja serta untuk mengetahui tingkat kosep diri dan tingkat perilaku kenakalan remaja. Hipotesis yang diajukan yaitu hubungan negatif antara konsep diri dengan perilaku kanakalan remaja. Sampel penelitian ini adalah 117orang dilakukan dengan menggunakan metode studi populasi. Metode pengumpulan data menggunakan skala, yaitu skala prilaku kenakalan remaja dan skala konsep diri. Metode analisis data yang digunakan product moment. Berdasarkan hasil product moment data perilaku kenakalan remaja dengan konsep diri, diperoleh hasil pearson correlation sebesar -0,033 dengan taraf signifikansinya sebesar 0,728. Berdasarkan hasil perhitungan analisis product moment tersebut maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ditolak yaitu tidak ada hubungan antara konsep diri dengan perilaku kenakalan remaja. Selain itu ada peran konsep diri terhadap perilaku kanakalan remaja sangat kecil dengan sumbangan efektif sebesar 0,1%. Artinya konsep diri merupakan faktor yang sangat kecil untuk mempengaruhi perilaku kanakalan remaja. Konsep diri pada penelitian ini tergolong kategori sangat tinggi yaitu mempunyai rerata empirik sebesar (RE) = 65,495 dengan rerata hipotetik sebesar (RH) = 42,5. Untuk perilaku kenakalan remaja termasuk kategori tinggi, ditunjukan oleh rerata empirik (RE) = 55,855 dengan rerata hipotetik (RH) = 45. Kategori tinggi tersebut terletak pada interval 50,4 sampai dengan 61,4. Dari hasil penelitian bisa ditarik kesimpulan tidak ada hubungan antara konsep diri dengan perilaku kenakalan remaja.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12371
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12371 https://eprints.ums.ac.id/12371/ HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU KENAKALAN REMAJA SIDI, ASEP PURNOMO BF Religion and Philosophy Usia remaja merupakan usia yang menyenangkan bagi remaja. Pada usia ini orang banyak hal yang banyak di pelajari dan selalu menjadi hal yang pertama. Masalah yang sering terjadi dimasyarakat, banyak remaja yang berperilaku nakal. Tentunya hal ini sangat mengganggu ketertiban umum. Perilaku kenakalan remaja merupakan cerminan dari konsep diri yang negatif. Konsep diri yang negatif ini akan membawa penagruh buruk bagi diri seorang remaja, dimana konsep diri merupakan ciri dari perilaku sseseorang.Bagi remaja yang mempunyai konsep diri yang positif kegiatannya akan di isi oleh hal yang akan membawa dirinya menjadi seorang yang sangat diharapkan oleh keluarganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan perilaku kanakalan remaja yang ada di SMA N1 Singaparna. Selain itu, penelitian ini di tujukan untuk mengetahui peran konsep diri dengan perilaku kenakalan remaja serta untuk mengetahui tingkat kosep diri dan tingkat perilaku kenakalan remaja. Hipotesis yang diajukan yaitu hubungan negatif antara konsep diri dengan perilaku kanakalan remaja. Sampel penelitian ini adalah 117orang dilakukan dengan menggunakan metode studi populasi. Metode pengumpulan data menggunakan skala, yaitu skala prilaku kenakalan remaja dan skala konsep diri. Metode analisis data yang digunakan product moment. Berdasarkan hasil product moment data perilaku kenakalan remaja dengan konsep diri, diperoleh hasil pearson correlation sebesar -0,033 dengan taraf signifikansinya sebesar 0,728. Berdasarkan hasil perhitungan analisis product moment tersebut maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ditolak yaitu tidak ada hubungan antara konsep diri dengan perilaku kenakalan remaja. Selain itu ada peran konsep diri terhadap perilaku kanakalan remaja sangat kecil dengan sumbangan efektif sebesar 0,1%. Artinya konsep diri merupakan faktor yang sangat kecil untuk mempengaruhi perilaku kanakalan remaja. Konsep diri pada penelitian ini tergolong kategori sangat tinggi yaitu mempunyai rerata empirik sebesar (RE) = 65,495 dengan rerata hipotetik sebesar (RH) = 42,5. Untuk perilaku kenakalan remaja termasuk kategori tinggi, ditunjukan oleh rerata empirik (RE) = 55,855 dengan rerata hipotetik (RH) = 45. Kategori tinggi tersebut terletak pada interval 50,4 sampai dengan 61,4. Dari hasil penelitian bisa ditarik kesimpulan tidak ada hubungan antara konsep diri dengan perilaku kenakalan remaja. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12371/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12371/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12371/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12371/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12371/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12371/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12371/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12371/8/LAMPIRAN_SKALA.pdf SIDI, ASEP PURNOMO (2011) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU KENAKALAN REMAJA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. F100060057
spellingShingle BF Religion and Philosophy
SIDI, ASEP PURNOMO
HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU KENAKALAN REMAJA
title HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU KENAKALAN REMAJA
title_full HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU KENAKALAN REMAJA
title_fullStr HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU KENAKALAN REMAJA
title_full_unstemmed HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU KENAKALAN REMAJA
title_short HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU KENAKALAN REMAJA
title_sort hubungan antara konsep diri dengan perilaku kenakalan remaja
topic BF Religion and Philosophy
url https://eprints.ums.ac.id/12371/
work_keys_str_mv AT sidiaseppurnomo hubunganantarakonsepdiridenganperilakukenakalanremaja