HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI MENGAJAR DENGAN KREATIVITAS KERJA PADA GURU TPA DI KECAMATAN KARANG NONGKO KABUPATEN KLATEN
Kreativitas sangat diperlukan bagi seorang guru TPA. Guru TPA yang memiliki kreativitas tinggi dapat merubah suasana pembelajaran agama yang monoton. Pembelajaran yang biasanya dilakukan dengan cara mendengarkan penjelasan guru TPA tentang agama dan membaca Al Qur’an dengan cara mengeja dap...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12362/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995590351749120 |
---|---|
author | PRIANGGARA, YUDAS |
author_facet | PRIANGGARA, YUDAS |
author_sort | PRIANGGARA, YUDAS |
collection | ePrints |
description | Kreativitas sangat diperlukan bagi seorang guru TPA. Guru TPA yang
memiliki kreativitas tinggi dapat merubah suasana pembelajaran agama yang
monoton. Pembelajaran yang biasanya dilakukan dengan cara mendengarkan
penjelasan guru TPA tentang agama dan membaca Al Qur’an dengan cara mengeja
dapat dirubah oleh guru TPA dengan memanfaatkan media elektronik seperti VCD
sehingga anak timbul minat belajar agama. Kreativitas guru TPA dengan
memanfaatkan sarana media elektronik selain menarik minat siswa juga
mengajarkan kepada siswa untuk mengenal perkembangan ilmu pengetahuan yang
semakin modern. Salah satu faktor yang mempengaruhi kreativitas guru TPA adalah
motivasi mengajar. Motivasi mengajar merupakan faktor berdasarkan kebutuhan dan
keinginan yang ada dalam diri seseorang, kekuatan ini akan mempengaruhi pikiran
yang selanjutnya akan mengarahkan perilaku seseorang dalam kegiatan mengajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Hubungan antara motivasi
mengajar dengan kreativitas kerja pada guru TPA di Kecamatan Karang Nongko
Kabupaten Klaten. 2). Peran motivasi mengajar terhadap kreativitas kerja pada guru
TPA di Kecamatan Karang Nongko Kabupaten Klaten. 3). Tingkat motivasi
mengajar pada guru TPA. 4). Tingkat kreativitas kerja pada guru TPA.
Hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada hubungan positif antara motivasi
mengajar dengan kreativitas kerja pada guru TPA di Kecamatan Karang Nongko
Kabupaten Klaten.
Populasi dalam penelitian ini adalah guru TPA yang ada di Kecamatan
Karang Nongko, Klaten berjumlah 165 guru TPA. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah guru TPA yang ada di Kecamatan Karang Nongko, Klaten.
Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive non random
sampling.
Berdasarkan analisis data dengan korelasi product moment diperoleh hasil
rxy = 0,526 dengan p = 0,000 (p ≤ 0,01). Peran motivasi mengajar terhadap
kreativitas kerja sebesar 0,277 atau 27,7%. Hal ini berarti masih terdapat 72,3% dari
beberapa variabel lain yang mempengaruhi kreativitas kerja. Kategori kreativitas kerja subyek tergolong tinggi dengan rerata empirik (ME) = 106,213 dan rerata
hipotetik (MH) = 82,5 dan kategori motivasi mengajar subyek tergolong sangat
tinggi dengan rerata empirik (ME) = 102,213 dan rerata hipotetik (MH) = 75.
Kesimpulan penelitian ada hubungan positif yang sangat signifikan antara
motivasi mengajar dengan kreativitas kerja pada guru TPA di Kecamatan Karang
Nongko, Klaten. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:12362 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:12362 https://eprints.ums.ac.id/12362/ HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI MENGAJAR DENGAN KREATIVITAS KERJA PADA GURU TPA DI KECAMATAN KARANG NONGKO KABUPATEN KLATEN PRIANGGARA, YUDAS BF Religion and Philosophy Kreativitas sangat diperlukan bagi seorang guru TPA. Guru TPA yang memiliki kreativitas tinggi dapat merubah suasana pembelajaran agama yang monoton. Pembelajaran yang biasanya dilakukan dengan cara mendengarkan penjelasan guru TPA tentang agama dan membaca Al Qur’an dengan cara mengeja dapat dirubah oleh guru TPA dengan memanfaatkan media elektronik seperti VCD sehingga anak timbul minat belajar agama. Kreativitas guru TPA dengan memanfaatkan sarana media elektronik selain menarik minat siswa juga mengajarkan kepada siswa untuk mengenal perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin modern. Salah satu faktor yang mempengaruhi kreativitas guru TPA adalah motivasi mengajar. Motivasi mengajar merupakan faktor berdasarkan kebutuhan dan keinginan yang ada dalam diri seseorang, kekuatan ini akan mempengaruhi pikiran yang selanjutnya akan mengarahkan perilaku seseorang dalam kegiatan mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Hubungan antara motivasi mengajar dengan kreativitas kerja pada guru TPA di Kecamatan Karang Nongko Kabupaten Klaten. 2). Peran motivasi mengajar terhadap kreativitas kerja pada guru TPA di Kecamatan Karang Nongko Kabupaten Klaten. 3). Tingkat motivasi mengajar pada guru TPA. 4). Tingkat kreativitas kerja pada guru TPA. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada hubungan positif antara motivasi mengajar dengan kreativitas kerja pada guru TPA di Kecamatan Karang Nongko Kabupaten Klaten. Populasi dalam penelitian ini adalah guru TPA yang ada di Kecamatan Karang Nongko, Klaten berjumlah 165 guru TPA. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru TPA yang ada di Kecamatan Karang Nongko, Klaten. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive non random sampling. Berdasarkan analisis data dengan korelasi product moment diperoleh hasil rxy = 0,526 dengan p = 0,000 (p ≤ 0,01). Peran motivasi mengajar terhadap kreativitas kerja sebesar 0,277 atau 27,7%. Hal ini berarti masih terdapat 72,3% dari beberapa variabel lain yang mempengaruhi kreativitas kerja. Kategori kreativitas kerja subyek tergolong tinggi dengan rerata empirik (ME) = 106,213 dan rerata hipotetik (MH) = 82,5 dan kategori motivasi mengajar subyek tergolong sangat tinggi dengan rerata empirik (ME) = 102,213 dan rerata hipotetik (MH) = 75. Kesimpulan penelitian ada hubungan positif yang sangat signifikan antara motivasi mengajar dengan kreativitas kerja pada guru TPA di Kecamatan Karang Nongko, Klaten. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12362/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12362/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12362/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12362/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12362/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12362/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12362/7/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12362/8/Lampiran-lampiran.pdf PRIANGGARA, YUDAS (2011) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI MENGAJAR DENGAN KREATIVITAS KERJA PADA GURU TPA DI KECAMATAN KARANG NONGKO KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. F100050271 |
spellingShingle | BF Religion and Philosophy PRIANGGARA, YUDAS HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI MENGAJAR DENGAN KREATIVITAS KERJA PADA GURU TPA DI KECAMATAN KARANG NONGKO KABUPATEN KLATEN |
title | HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI MENGAJAR DENGAN KREATIVITAS KERJA PADA GURU TPA DI KECAMATAN KARANG NONGKO KABUPATEN KLATEN |
title_full | HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI MENGAJAR DENGAN KREATIVITAS KERJA PADA GURU TPA DI KECAMATAN KARANG NONGKO KABUPATEN KLATEN |
title_fullStr | HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI MENGAJAR DENGAN KREATIVITAS KERJA PADA GURU TPA DI KECAMATAN KARANG NONGKO KABUPATEN KLATEN |
title_full_unstemmed | HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI MENGAJAR DENGAN KREATIVITAS KERJA PADA GURU TPA DI KECAMATAN KARANG NONGKO KABUPATEN KLATEN |
title_short | HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI MENGAJAR DENGAN KREATIVITAS KERJA PADA GURU TPA DI KECAMATAN KARANG NONGKO KABUPATEN KLATEN |
title_sort | hubungan antara motivasi mengajar dengan kreativitas kerja pada guru tpa di kecamatan karang nongko kabupaten klaten |
topic | BF Religion and Philosophy |
url | https://eprints.ums.ac.id/12362/ |
work_keys_str_mv | AT prianggarayudas hubunganantaramotivasimengajardengankreativitaskerjapadagurutpadikecamatankarangnongkokabupatenklaten |