PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK YANG TINGGAL DI LINGKUNGAN LOKALISASI DAN NON LOKALISASI

Lingkungan dimana anak belajar akan memengaruhi hasil belajar dan prestasi mereka. Lingkungan yang kondusif akan membuat anak merasa nyaman dan bersemangat dalam belajar. Anak-anak akan belajar dari orangtua mereka tentang banyak hal, baik itu hal yang positif maupun negatif. Lingkungan tempat...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Astuti , Budi
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12361/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995590075973632
author Astuti , Budi
author_facet Astuti , Budi
author_sort Astuti , Budi
collection ePrints
description Lingkungan dimana anak belajar akan memengaruhi hasil belajar dan prestasi mereka. Lingkungan yang kondusif akan membuat anak merasa nyaman dan bersemangat dalam belajar. Anak-anak akan belajar dari orangtua mereka tentang banyak hal, baik itu hal yang positif maupun negatif. Lingkungan tempat tinggal juga turut berkkontribusi dalam perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) perbedaan motivasi belajar dan kepercayaan diri pada anak yang tinggal di lokalisasi dan non lokalisasi; 2) Tingkat motivasi belajar pada anak yang tinggal di lingkungan lokalisasi dan non lokalisasi; 3) Tingkat kepercayaan diri pada anak yang tinggal di lingkungan lokalisasi dan non lokalisasi. Hipotesis yang diajukan: Ada perbedaan motivasi belajar dan kepercayaan diri pada anak yang tinggal di lingkungan lokalisasi dan non lokalisasi. Anak yang tinggal di lingkungan lokalisasi memiliki motivasi belajar dan kepercayaan diri yang lebih rendah dibandingkan dengan anak yang tinggal di lingkungan non lokalisasi. Subjek penelitian sebanyak 100 responden, terdiri dari 50 anak dari SD ”X” dan 50 anak dari SD ”Y” di Salatiga. Karakteristik umum subjek penelitian adalah anak usia 10-12 tahun. Karakteristik khusus subjek yang tinggal di dekat atau didalam lokalisasi memiliki keluarga yang pekerjaan sehari-harinya berhubungan dengan kelangsungan kehidupan lokalisasi. Berdasarkan hasil analisis satu jalur diperoleh nilai F antar A (X2) = 24,0574 , R2 = 0, 200; p = 0,000 (p < 0,01). Nilai rata-rata motivasi belajar subjek yang tinggal di lingkunganlokalisasi = 14,400, sedangkan subjek yang tinggal di lingkungan non lokalisasi memperoleh nilai rata-rata = 17,580. Hasil ini diartikan bahwa motivasi belajar subjek yang tinggal di lingkungan non lokalisasi lebih tinggi dibandingkan subjek yang tinggal di lingkungan lokalisasi. Berdasarkan hasil analisis satu jalur diperoleh hasil uji F antar A (X1) = 27,807, R2 = 0,221; p = 0,000 (p < 0,01). Nilai rata-rata kepercayaan diri subjek yang tinggal di dekat lokalisasi = 15,440, sedangkan subjek yang jauh dari lokalisasi memperoleh nilai rata-rata = 18,660. Hasil ini diartikan kepercayaan diri subjek yang tinggal di lingkungan non lokalisasi lebih tinggi dibandingkan subjek yang tinggal di lingkungan lokalisasi.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12361
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12361 https://eprints.ums.ac.id/12361/ PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK YANG TINGGAL DI LINGKUNGAN LOKALISASI DAN NON LOKALISASI Astuti , Budi BF Religion and Philosophy Lingkungan dimana anak belajar akan memengaruhi hasil belajar dan prestasi mereka. Lingkungan yang kondusif akan membuat anak merasa nyaman dan bersemangat dalam belajar. Anak-anak akan belajar dari orangtua mereka tentang banyak hal, baik itu hal yang positif maupun negatif. Lingkungan tempat tinggal juga turut berkkontribusi dalam perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) perbedaan motivasi belajar dan kepercayaan diri pada anak yang tinggal di lokalisasi dan non lokalisasi; 2) Tingkat motivasi belajar pada anak yang tinggal di lingkungan lokalisasi dan non lokalisasi; 3) Tingkat kepercayaan diri pada anak yang tinggal di lingkungan lokalisasi dan non lokalisasi. Hipotesis yang diajukan: Ada perbedaan motivasi belajar dan kepercayaan diri pada anak yang tinggal di lingkungan lokalisasi dan non lokalisasi. Anak yang tinggal di lingkungan lokalisasi memiliki motivasi belajar dan kepercayaan diri yang lebih rendah dibandingkan dengan anak yang tinggal di lingkungan non lokalisasi. Subjek penelitian sebanyak 100 responden, terdiri dari 50 anak dari SD ”X” dan 50 anak dari SD ”Y” di Salatiga. Karakteristik umum subjek penelitian adalah anak usia 10-12 tahun. Karakteristik khusus subjek yang tinggal di dekat atau didalam lokalisasi memiliki keluarga yang pekerjaan sehari-harinya berhubungan dengan kelangsungan kehidupan lokalisasi. Berdasarkan hasil analisis satu jalur diperoleh nilai F antar A (X2) = 24,0574 , R2 = 0, 200; p = 0,000 (p < 0,01). Nilai rata-rata motivasi belajar subjek yang tinggal di lingkunganlokalisasi = 14,400, sedangkan subjek yang tinggal di lingkungan non lokalisasi memperoleh nilai rata-rata = 17,580. Hasil ini diartikan bahwa motivasi belajar subjek yang tinggal di lingkungan non lokalisasi lebih tinggi dibandingkan subjek yang tinggal di lingkungan lokalisasi. Berdasarkan hasil analisis satu jalur diperoleh hasil uji F antar A (X1) = 27,807, R2 = 0,221; p = 0,000 (p < 0,01). Nilai rata-rata kepercayaan diri subjek yang tinggal di dekat lokalisasi = 15,440, sedangkan subjek yang jauh dari lokalisasi memperoleh nilai rata-rata = 18,660. Hasil ini diartikan kepercayaan diri subjek yang tinggal di lingkungan non lokalisasi lebih tinggi dibandingkan subjek yang tinggal di lingkungan lokalisasi. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12361/1/02._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12361/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12361/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12361/4/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12361/5/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12361/6/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12361/7/08._Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12361/8/09._Lampiran.pdf Astuti , Budi (2011) PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK YANG TINGGAL DI LINGKUNGAN LOKALISASI DAN NON LOKALISASI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. F100050208
spellingShingle BF Religion and Philosophy
Astuti , Budi
PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK YANG TINGGAL DI LINGKUNGAN LOKALISASI DAN NON LOKALISASI
title PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK YANG TINGGAL DI LINGKUNGAN LOKALISASI DAN NON LOKALISASI
title_full PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK YANG TINGGAL DI LINGKUNGAN LOKALISASI DAN NON LOKALISASI
title_fullStr PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK YANG TINGGAL DI LINGKUNGAN LOKALISASI DAN NON LOKALISASI
title_full_unstemmed PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK YANG TINGGAL DI LINGKUNGAN LOKALISASI DAN NON LOKALISASI
title_short PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK YANG TINGGAL DI LINGKUNGAN LOKALISASI DAN NON LOKALISASI
title_sort perbedaan motivasi belajar dan kepercayaan diri pada anak yang tinggal di lingkungan lokalisasi dan non lokalisasi
topic BF Religion and Philosophy
url https://eprints.ums.ac.id/12361/
work_keys_str_mv AT astutibudi perbedaanmotivasibelajardankepercayaandiripadaanakyangtinggaldilingkunganlokalisasidannonlokalisasi