PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK YANG TINGGAL DI LINGKUNGAN LOKALISASI DAN NON LOKALISASI
Lingkungan dimana anak belajar akan memengaruhi hasil belajar dan prestasi mereka. Lingkungan yang kondusif akan membuat anak merasa nyaman dan bersemangat dalam belajar. Anak-anak akan belajar dari orangtua mereka tentang banyak hal, baik itu hal yang positif maupun negatif. Lingkungan tempat...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12361/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995590075973632 |
---|---|
author | Astuti , Budi |
author_facet | Astuti , Budi |
author_sort | Astuti , Budi |
collection | ePrints |
description | Lingkungan dimana anak belajar akan memengaruhi hasil belajar dan prestasi
mereka. Lingkungan yang kondusif akan membuat anak merasa nyaman dan
bersemangat dalam belajar. Anak-anak akan belajar dari orangtua mereka tentang
banyak hal, baik itu hal yang positif maupun negatif. Lingkungan tempat tinggal juga
turut berkkontribusi dalam perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui; 1) perbedaan motivasi belajar dan kepercayaan diri pada anak yang
tinggal di lokalisasi dan non lokalisasi; 2) Tingkat motivasi belajar pada anak yang
tinggal di lingkungan lokalisasi dan non lokalisasi; 3) Tingkat kepercayaan diri pada
anak yang tinggal di lingkungan lokalisasi dan non lokalisasi. Hipotesis yang
diajukan: Ada perbedaan motivasi belajar dan kepercayaan diri pada anak yang
tinggal di lingkungan lokalisasi dan non lokalisasi. Anak yang tinggal di lingkungan
lokalisasi memiliki motivasi belajar dan kepercayaan diri yang lebih rendah
dibandingkan dengan anak yang tinggal di lingkungan non lokalisasi.
Subjek penelitian sebanyak 100 responden, terdiri dari 50 anak dari SD ”X”
dan 50 anak dari SD ”Y” di Salatiga. Karakteristik umum subjek penelitian adalah
anak usia 10-12 tahun. Karakteristik khusus subjek yang tinggal di dekat atau
didalam lokalisasi memiliki keluarga yang pekerjaan sehari-harinya berhubungan
dengan kelangsungan kehidupan lokalisasi.
Berdasarkan hasil analisis satu jalur diperoleh nilai F antar A (X2) = 24,0574 ,
R2
= 0, 200; p = 0,000 (p < 0,01). Nilai rata-rata motivasi belajar subjek yang tinggal
di lingkunganlokalisasi = 14,400, sedangkan subjek yang tinggal di lingkungan non
lokalisasi memperoleh nilai rata-rata = 17,580. Hasil ini diartikan bahwa motivasi
belajar subjek yang tinggal di lingkungan non lokalisasi lebih tinggi dibandingkan
subjek yang tinggal di lingkungan lokalisasi. Berdasarkan hasil analisis satu jalur
diperoleh hasil uji F antar A (X1) = 27,807, R2
= 0,221; p = 0,000 (p < 0,01). Nilai
rata-rata kepercayaan diri subjek yang tinggal di dekat lokalisasi = 15,440, sedangkan
subjek yang jauh dari lokalisasi memperoleh nilai rata-rata = 18,660. Hasil ini
diartikan kepercayaan diri subjek yang tinggal di lingkungan non lokalisasi lebih
tinggi dibandingkan subjek yang tinggal di lingkungan lokalisasi.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:12361 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:12361 https://eprints.ums.ac.id/12361/ PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK YANG TINGGAL DI LINGKUNGAN LOKALISASI DAN NON LOKALISASI Astuti , Budi BF Religion and Philosophy Lingkungan dimana anak belajar akan memengaruhi hasil belajar dan prestasi mereka. Lingkungan yang kondusif akan membuat anak merasa nyaman dan bersemangat dalam belajar. Anak-anak akan belajar dari orangtua mereka tentang banyak hal, baik itu hal yang positif maupun negatif. Lingkungan tempat tinggal juga turut berkkontribusi dalam perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) perbedaan motivasi belajar dan kepercayaan diri pada anak yang tinggal di lokalisasi dan non lokalisasi; 2) Tingkat motivasi belajar pada anak yang tinggal di lingkungan lokalisasi dan non lokalisasi; 3) Tingkat kepercayaan diri pada anak yang tinggal di lingkungan lokalisasi dan non lokalisasi. Hipotesis yang diajukan: Ada perbedaan motivasi belajar dan kepercayaan diri pada anak yang tinggal di lingkungan lokalisasi dan non lokalisasi. Anak yang tinggal di lingkungan lokalisasi memiliki motivasi belajar dan kepercayaan diri yang lebih rendah dibandingkan dengan anak yang tinggal di lingkungan non lokalisasi. Subjek penelitian sebanyak 100 responden, terdiri dari 50 anak dari SD ”X” dan 50 anak dari SD ”Y” di Salatiga. Karakteristik umum subjek penelitian adalah anak usia 10-12 tahun. Karakteristik khusus subjek yang tinggal di dekat atau didalam lokalisasi memiliki keluarga yang pekerjaan sehari-harinya berhubungan dengan kelangsungan kehidupan lokalisasi. Berdasarkan hasil analisis satu jalur diperoleh nilai F antar A (X2) = 24,0574 , R2 = 0, 200; p = 0,000 (p < 0,01). Nilai rata-rata motivasi belajar subjek yang tinggal di lingkunganlokalisasi = 14,400, sedangkan subjek yang tinggal di lingkungan non lokalisasi memperoleh nilai rata-rata = 17,580. Hasil ini diartikan bahwa motivasi belajar subjek yang tinggal di lingkungan non lokalisasi lebih tinggi dibandingkan subjek yang tinggal di lingkungan lokalisasi. Berdasarkan hasil analisis satu jalur diperoleh hasil uji F antar A (X1) = 27,807, R2 = 0,221; p = 0,000 (p < 0,01). Nilai rata-rata kepercayaan diri subjek yang tinggal di dekat lokalisasi = 15,440, sedangkan subjek yang jauh dari lokalisasi memperoleh nilai rata-rata = 18,660. Hasil ini diartikan kepercayaan diri subjek yang tinggal di lingkungan non lokalisasi lebih tinggi dibandingkan subjek yang tinggal di lingkungan lokalisasi. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12361/1/02._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12361/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12361/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12361/4/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12361/5/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12361/6/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12361/7/08._Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12361/8/09._Lampiran.pdf Astuti , Budi (2011) PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK YANG TINGGAL DI LINGKUNGAN LOKALISASI DAN NON LOKALISASI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. F100050208 |
spellingShingle | BF Religion and Philosophy Astuti , Budi PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK YANG TINGGAL DI LINGKUNGAN LOKALISASI DAN NON LOKALISASI |
title | PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK YANG TINGGAL DI LINGKUNGAN LOKALISASI DAN NON LOKALISASI |
title_full | PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK YANG TINGGAL DI LINGKUNGAN LOKALISASI DAN NON LOKALISASI |
title_fullStr | PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK YANG TINGGAL DI LINGKUNGAN LOKALISASI DAN NON LOKALISASI |
title_full_unstemmed | PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK YANG TINGGAL DI LINGKUNGAN LOKALISASI DAN NON LOKALISASI |
title_short | PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK YANG TINGGAL DI LINGKUNGAN LOKALISASI DAN NON LOKALISASI |
title_sort | perbedaan motivasi belajar dan kepercayaan diri pada anak yang tinggal di lingkungan lokalisasi dan non lokalisasi |
topic | BF Religion and Philosophy |
url | https://eprints.ums.ac.id/12361/ |
work_keys_str_mv | AT astutibudi perbedaanmotivasibelajardankepercayaandiripadaanakyangtinggaldilingkunganlokalisasidannonlokalisasi |