TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH DITINJAU DARI POLA ASUH DEMOKRATIS

Pada tahap perkembangan anak usia prasekolah, anak mulai menguasai berbagai ketrampilan fisik, bahasa, dan anak pun mulai memiliki rasa percaya diri untuk mengeksplorasi kemandiriannya. Namun pada kenyataannya, dari ajaran awal sampai ajaran akhir masih ada sebagian anak usia prasekolah terlal...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: FADHOLI, MUHAMMAD
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12360/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995589801246720
author FADHOLI, MUHAMMAD
author_facet FADHOLI, MUHAMMAD
author_sort FADHOLI, MUHAMMAD
collection ePrints
description Pada tahap perkembangan anak usia prasekolah, anak mulai menguasai berbagai ketrampilan fisik, bahasa, dan anak pun mulai memiliki rasa percaya diri untuk mengeksplorasi kemandiriannya. Namun pada kenyataannya, dari ajaran awal sampai ajaran akhir masih ada sebagian anak usia prasekolah terlalu takut berada di lingkungan asing atupun disekolah TK, yang mana dikarenakan anak tersebut tidak memiliki kemandirian sehingga akan sangat takut berpisah dengan orangtua atau pengasuhnya. Apabila hal itu terjadi maka anak prasekolah tersebut memiliki keterhambatan dalam perkembangan, khususnya untuk hal kepribadian. Munculnya kemandirian anak tidak terjadi begitu saja, karena banyak faktor yang mempengaruhi kemunculan kemandirian, salah satunya yakni dari pola asuh yang diterapkan oleh orang tua. Adapun pola asuh tersebut adalah pola asuh demokratis yang mana sangat mempengaruhi tingginya tingkat kemandirian anak usia prasekolah adalah pola asuh demokratis. Sehingga dapat dirumuskan masalahnya adalah ““Apakah pola asuh demokratis memberi kontribusi yang cukup besar terhadap tingkat kemandirian anak usia prasekolah”? Populasi dalam penelitian ini berjumlah 76 subyek, dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan cluster random sampling, serta metode pengambilan data penelitian ini menggunakan metode skala, yang digunakan untuk mengungkap variabel-variabel penelitian yaitu ada 2 macam alat ukur yaitu: skala pola asuh demokratis dan skala kemandirian anak. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan product moment. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,377 dengan p < 0,01, hal ini berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara pola asuh demokratis dengan kemandirian anak. Artinya, semakin tinggi tingkat pola asuh demokratis orang tua maka semakin tinggi pula tingkat kemandirian anak dan sebaliknya, semakin rendah tingkat pola asuh demokratis orang tua maka semakin rendah pula tingkat kemandirian anak. Jadi hipotesa yang penulis ajukan diterima.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12360
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12360 https://eprints.ums.ac.id/12360/ TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH DITINJAU DARI POLA ASUH DEMOKRATIS FADHOLI, MUHAMMAD BF Religion and Philosophy Pada tahap perkembangan anak usia prasekolah, anak mulai menguasai berbagai ketrampilan fisik, bahasa, dan anak pun mulai memiliki rasa percaya diri untuk mengeksplorasi kemandiriannya. Namun pada kenyataannya, dari ajaran awal sampai ajaran akhir masih ada sebagian anak usia prasekolah terlalu takut berada di lingkungan asing atupun disekolah TK, yang mana dikarenakan anak tersebut tidak memiliki kemandirian sehingga akan sangat takut berpisah dengan orangtua atau pengasuhnya. Apabila hal itu terjadi maka anak prasekolah tersebut memiliki keterhambatan dalam perkembangan, khususnya untuk hal kepribadian. Munculnya kemandirian anak tidak terjadi begitu saja, karena banyak faktor yang mempengaruhi kemunculan kemandirian, salah satunya yakni dari pola asuh yang diterapkan oleh orang tua. Adapun pola asuh tersebut adalah pola asuh demokratis yang mana sangat mempengaruhi tingginya tingkat kemandirian anak usia prasekolah adalah pola asuh demokratis. Sehingga dapat dirumuskan masalahnya adalah ““Apakah pola asuh demokratis memberi kontribusi yang cukup besar terhadap tingkat kemandirian anak usia prasekolah”? Populasi dalam penelitian ini berjumlah 76 subyek, dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan cluster random sampling, serta metode pengambilan data penelitian ini menggunakan metode skala, yang digunakan untuk mengungkap variabel-variabel penelitian yaitu ada 2 macam alat ukur yaitu: skala pola asuh demokratis dan skala kemandirian anak. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan product moment. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,377 dengan p < 0,01, hal ini berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara pola asuh demokratis dengan kemandirian anak. Artinya, semakin tinggi tingkat pola asuh demokratis orang tua maka semakin tinggi pula tingkat kemandirian anak dan sebaliknya, semakin rendah tingkat pola asuh demokratis orang tua maka semakin rendah pula tingkat kemandirian anak. Jadi hipotesa yang penulis ajukan diterima. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12360/1/02._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12360/2/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12360/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12360/4/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12360/5/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12360/6/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12360/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12360/8/09._Lampiran.pdf FADHOLI, MUHAMMAD (2011) TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH DITINJAU DARI POLA ASUH DEMOKRATIS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. F100050192
spellingShingle BF Religion and Philosophy
FADHOLI, MUHAMMAD
TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH DITINJAU DARI POLA ASUH DEMOKRATIS
title TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH DITINJAU DARI POLA ASUH DEMOKRATIS
title_full TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH DITINJAU DARI POLA ASUH DEMOKRATIS
title_fullStr TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH DITINJAU DARI POLA ASUH DEMOKRATIS
title_full_unstemmed TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH DITINJAU DARI POLA ASUH DEMOKRATIS
title_short TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH DITINJAU DARI POLA ASUH DEMOKRATIS
title_sort tingkat kemandirian anak usia prasekolah ditinjau dari pola asuh demokratis
topic BF Religion and Philosophy
url https://eprints.ums.ac.id/12360/
work_keys_str_mv AT fadholimuhammad tingkatkemandiriananakusiaprasekolahditinjaudaripolaasuhdemokratis