TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH DITINJAU DARI POLA ASUH DEMOKRATIS
Pada tahap perkembangan anak usia prasekolah, anak mulai menguasai berbagai ketrampilan fisik, bahasa, dan anak pun mulai memiliki rasa percaya diri untuk mengeksplorasi kemandiriannya. Namun pada kenyataannya, dari ajaran awal sampai ajaran akhir masih ada sebagian anak usia prasekolah terlal...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12360/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995589801246720 |
---|---|
author | FADHOLI, MUHAMMAD |
author_facet | FADHOLI, MUHAMMAD |
author_sort | FADHOLI, MUHAMMAD |
collection | ePrints |
description | Pada tahap perkembangan anak usia prasekolah, anak mulai menguasai
berbagai ketrampilan fisik, bahasa, dan anak pun mulai memiliki rasa percaya diri
untuk mengeksplorasi kemandiriannya. Namun pada kenyataannya, dari ajaran awal
sampai ajaran akhir masih ada sebagian anak usia prasekolah terlalu takut berada di
lingkungan asing atupun disekolah TK, yang mana dikarenakan anak tersebut tidak
memiliki kemandirian sehingga akan sangat takut berpisah dengan orangtua atau
pengasuhnya. Apabila hal itu terjadi maka anak prasekolah tersebut memiliki
keterhambatan dalam perkembangan, khususnya untuk hal kepribadian.
Munculnya kemandirian anak tidak terjadi begitu saja, karena banyak faktor
yang mempengaruhi kemunculan kemandirian, salah satunya yakni dari pola asuh
yang diterapkan oleh orang tua. Adapun pola asuh tersebut adalah pola asuh
demokratis yang mana sangat mempengaruhi tingginya tingkat kemandirian anak usia
prasekolah adalah pola asuh demokratis. Sehingga dapat dirumuskan masalahnya
adalah ““Apakah pola asuh demokratis memberi kontribusi yang cukup besar
terhadap tingkat kemandirian anak usia prasekolah”?
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 76 subyek, dan teknik pengambilan
sampelnya menggunakan cluster random sampling, serta metode pengambilan data
penelitian ini menggunakan metode skala, yang digunakan untuk mengungkap
variabel-variabel penelitian yaitu ada 2 macam alat ukur yaitu: skala pola asuh
demokratis dan skala kemandirian anak. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan
product moment.
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar
0,377 dengan p < 0,01, hal ini berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan
antara pola asuh demokratis dengan kemandirian anak. Artinya, semakin tinggi
tingkat pola asuh demokratis orang tua maka semakin tinggi pula tingkat kemandirian
anak dan sebaliknya, semakin rendah tingkat pola asuh demokratis orang tua maka
semakin rendah pula tingkat kemandirian anak. Jadi hipotesa yang penulis ajukan
diterima.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:12360 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:12360 https://eprints.ums.ac.id/12360/ TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH DITINJAU DARI POLA ASUH DEMOKRATIS FADHOLI, MUHAMMAD BF Religion and Philosophy Pada tahap perkembangan anak usia prasekolah, anak mulai menguasai berbagai ketrampilan fisik, bahasa, dan anak pun mulai memiliki rasa percaya diri untuk mengeksplorasi kemandiriannya. Namun pada kenyataannya, dari ajaran awal sampai ajaran akhir masih ada sebagian anak usia prasekolah terlalu takut berada di lingkungan asing atupun disekolah TK, yang mana dikarenakan anak tersebut tidak memiliki kemandirian sehingga akan sangat takut berpisah dengan orangtua atau pengasuhnya. Apabila hal itu terjadi maka anak prasekolah tersebut memiliki keterhambatan dalam perkembangan, khususnya untuk hal kepribadian. Munculnya kemandirian anak tidak terjadi begitu saja, karena banyak faktor yang mempengaruhi kemunculan kemandirian, salah satunya yakni dari pola asuh yang diterapkan oleh orang tua. Adapun pola asuh tersebut adalah pola asuh demokratis yang mana sangat mempengaruhi tingginya tingkat kemandirian anak usia prasekolah adalah pola asuh demokratis. Sehingga dapat dirumuskan masalahnya adalah ““Apakah pola asuh demokratis memberi kontribusi yang cukup besar terhadap tingkat kemandirian anak usia prasekolah”? Populasi dalam penelitian ini berjumlah 76 subyek, dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan cluster random sampling, serta metode pengambilan data penelitian ini menggunakan metode skala, yang digunakan untuk mengungkap variabel-variabel penelitian yaitu ada 2 macam alat ukur yaitu: skala pola asuh demokratis dan skala kemandirian anak. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan product moment. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,377 dengan p < 0,01, hal ini berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara pola asuh demokratis dengan kemandirian anak. Artinya, semakin tinggi tingkat pola asuh demokratis orang tua maka semakin tinggi pula tingkat kemandirian anak dan sebaliknya, semakin rendah tingkat pola asuh demokratis orang tua maka semakin rendah pula tingkat kemandirian anak. Jadi hipotesa yang penulis ajukan diterima. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12360/1/02._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12360/2/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12360/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12360/4/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12360/5/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12360/6/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12360/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12360/8/09._Lampiran.pdf FADHOLI, MUHAMMAD (2011) TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH DITINJAU DARI POLA ASUH DEMOKRATIS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. F100050192 |
spellingShingle | BF Religion and Philosophy FADHOLI, MUHAMMAD TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH DITINJAU DARI POLA ASUH DEMOKRATIS |
title | TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH DITINJAU DARI POLA ASUH DEMOKRATIS |
title_full | TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH DITINJAU DARI POLA ASUH DEMOKRATIS |
title_fullStr | TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH DITINJAU DARI POLA ASUH DEMOKRATIS |
title_full_unstemmed | TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH DITINJAU DARI POLA ASUH DEMOKRATIS |
title_short | TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH DITINJAU DARI POLA ASUH DEMOKRATIS |
title_sort | tingkat kemandirian anak usia prasekolah ditinjau dari pola asuh demokratis |
topic | BF Religion and Philosophy |
url | https://eprints.ums.ac.id/12360/ |
work_keys_str_mv | AT fadholimuhammad tingkatkemandiriananakusiaprasekolahditinjaudaripolaasuhdemokratis |