PENGARUH BIBLIOTHERAPY TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN MATEMATIKA

Kecemasan matematika merupakan salah satu gangguan yang banyak dialami oleh siswa, baik dari siswa SD hingga mereka yang sudah jadi Mahasiswa. Kecemasan matematika merupakan reaksi emosional yang negative terhadap aritmatika atau matematika. Salah satu cara untuk mengatasi kecemasan matemati...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Wahyuningsih, Lely
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12351/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995587569876992
author Wahyuningsih, Lely
author_facet Wahyuningsih, Lely
author_sort Wahyuningsih, Lely
collection ePrints
description Kecemasan matematika merupakan salah satu gangguan yang banyak dialami oleh siswa, baik dari siswa SD hingga mereka yang sudah jadi Mahasiswa. Kecemasan matematika merupakan reaksi emosional yang negative terhadap aritmatika atau matematika. Salah satu cara untuk mengatasi kecemasan matematika yaitu dengan menggunakan bacaan yang relevan sebagai sarana terapi atau yang sering disebut dengan bibliotherapy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari bibliotherapy terhadap penurunan kecemasan matematika. Guna mendeskripsikan secara mendalam pengaruh bibliotherapy terhadap penurunan kecemasan matematika, maka penelitian dengan menggunakan pendekatan quasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini berasal dari SMAN 1 Cawas kabupaten Klaten kelas XII program regular yang berjumlah 15 orang siswa yang termasuk dalam kategori memiliki kecemasan matematika tinggi berdasarkan skala kecemasan matematika, dan memiliki kecemasan tinggi berdasarkan skor TMAS. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen one group design. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data hasil pengukuran menggunakan uji T-Test (paired sample T-Test), dimana diperoleh hasil uji t-test untuk skala kecemasan matematika sebesar 7.512 dengan p = 0.00 (p<0.05), dan untuk TMAS sebesar 11.455 dengan p = 0.00 (p<0.05). Rerata kecemasan matematika sebelum perlakuan sebesar 92.40, sedangkan setelah perlakuan sebesar 78.00. Rerata skor TMAS sebelum perlakuan sebesar 35.33, dan setelah perlakuan sebesar 28.40. Berdasarkan hasil uji t-test dan hasil rerata dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang sangat signifikan pemberian bibliotherapy terhadap kecemasan matematika. Dengan demikian dapat disimpulkan juga bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa bibliotherapy berpengaruh terhadap penurunan kecemasan matematika dapat diterima.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12351
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12351 https://eprints.ums.ac.id/12351/ PENGARUH BIBLIOTHERAPY TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN MATEMATIKA Wahyuningsih, Lely BF Religion and Philosophy Kecemasan matematika merupakan salah satu gangguan yang banyak dialami oleh siswa, baik dari siswa SD hingga mereka yang sudah jadi Mahasiswa. Kecemasan matematika merupakan reaksi emosional yang negative terhadap aritmatika atau matematika. Salah satu cara untuk mengatasi kecemasan matematika yaitu dengan menggunakan bacaan yang relevan sebagai sarana terapi atau yang sering disebut dengan bibliotherapy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari bibliotherapy terhadap penurunan kecemasan matematika. Guna mendeskripsikan secara mendalam pengaruh bibliotherapy terhadap penurunan kecemasan matematika, maka penelitian dengan menggunakan pendekatan quasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini berasal dari SMAN 1 Cawas kabupaten Klaten kelas XII program regular yang berjumlah 15 orang siswa yang termasuk dalam kategori memiliki kecemasan matematika tinggi berdasarkan skala kecemasan matematika, dan memiliki kecemasan tinggi berdasarkan skor TMAS. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen one group design. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data hasil pengukuran menggunakan uji T-Test (paired sample T-Test), dimana diperoleh hasil uji t-test untuk skala kecemasan matematika sebesar 7.512 dengan p = 0.00 (p<0.05), dan untuk TMAS sebesar 11.455 dengan p = 0.00 (p<0.05). Rerata kecemasan matematika sebelum perlakuan sebesar 92.40, sedangkan setelah perlakuan sebesar 78.00. Rerata skor TMAS sebelum perlakuan sebesar 35.33, dan setelah perlakuan sebesar 28.40. Berdasarkan hasil uji t-test dan hasil rerata dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang sangat signifikan pemberian bibliotherapy terhadap kecemasan matematika. Dengan demikian dapat disimpulkan juga bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa bibliotherapy berpengaruh terhadap penurunan kecemasan matematika dapat diterima. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12351/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12351/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12351/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12351/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12351/8/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12351/12/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12351/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12351/15/LAMPIRAN.pdf Wahyuningsih, Lely (2011) PENGARUH BIBLIOTHERAPY TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. F100050126
spellingShingle BF Religion and Philosophy
Wahyuningsih, Lely
PENGARUH BIBLIOTHERAPY TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN MATEMATIKA
title PENGARUH BIBLIOTHERAPY TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN MATEMATIKA
title_full PENGARUH BIBLIOTHERAPY TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN MATEMATIKA
title_fullStr PENGARUH BIBLIOTHERAPY TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN MATEMATIKA
title_full_unstemmed PENGARUH BIBLIOTHERAPY TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN MATEMATIKA
title_short PENGARUH BIBLIOTHERAPY TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN MATEMATIKA
title_sort pengaruh bibliotherapy terhadap penurunan kecemasan matematika
topic BF Religion and Philosophy
url https://eprints.ums.ac.id/12351/
work_keys_str_mv AT wahyuningsihlely pengaruhbibliotherapyterhadappenurunankecemasanmatematika