PENGARUH BIBLIOTHERAPY TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN MATEMATIKA
Kecemasan matematika merupakan salah satu gangguan yang banyak dialami oleh siswa, baik dari siswa SD hingga mereka yang sudah jadi Mahasiswa. Kecemasan matematika merupakan reaksi emosional yang negative terhadap aritmatika atau matematika. Salah satu cara untuk mengatasi kecemasan matemati...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12351/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Kecemasan matematika merupakan salah satu gangguan yang banyak
dialami oleh siswa, baik dari siswa SD hingga mereka yang sudah jadi
Mahasiswa. Kecemasan matematika merupakan reaksi emosional yang negative
terhadap aritmatika atau matematika. Salah satu cara untuk mengatasi kecemasan
matematika yaitu dengan menggunakan bacaan yang relevan sebagai sarana
terapi atau yang sering disebut dengan bibliotherapy. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh dari bibliotherapy terhadap penurunan kecemasan
matematika.
Guna mendeskripsikan secara mendalam pengaruh bibliotherapy terhadap
penurunan kecemasan matematika, maka penelitian dengan menggunakan
pendekatan quasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini berasal dari SMAN 1
Cawas kabupaten Klaten kelas XII program regular yang berjumlah 15 orang
siswa yang termasuk dalam kategori memiliki kecemasan matematika tinggi
berdasarkan skala kecemasan matematika, dan memiliki kecemasan tinggi
berdasarkan skor TMAS. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen one
group design. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data hasil pengukuran
menggunakan uji T-Test (paired sample T-Test), dimana diperoleh hasil uji t-test
untuk skala kecemasan matematika sebesar 7.512 dengan p = 0.00 (p<0.05), dan
untuk TMAS sebesar 11.455 dengan p = 0.00 (p<0.05). Rerata kecemasan
matematika sebelum perlakuan sebesar 92.40, sedangkan setelah perlakuan
sebesar 78.00. Rerata skor TMAS sebelum perlakuan sebesar 35.33, dan setelah
perlakuan sebesar 28.40. Berdasarkan hasil uji t-test dan hasil rerata dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh yang sangat signifikan pemberian bibliotherapy
terhadap kecemasan matematika. Dengan demikian dapat disimpulkan juga
bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa bibliotherapy berpengaruh terhadap
penurunan kecemasan matematika dapat diterima. |
---|