HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA
Dalam suatu lembaga pendidikan, prestasi belajar merupakan indikator yang penting untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahawa tinggi rendahnya prestasi siswa banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor lain disamping proses pengajaran itu sendiri. Sa...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12347/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Dalam suatu lembaga pendidikan, prestasi belajar merupakan indikator
yang penting untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar. Akan tetapi
tidak bisa dipungkiri bahawa tinggi rendahnya prestasi siswa banyak dipengaruhi
oleh faktor-faktor lain disamping proses pengajaran itu sendiri. Salah satu faktor
yang mempengaruhi prestasi belajar adalah motivasi berprestasi.
Penelitian hubungan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar pada
mahasiswa angkatan 2007 Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi Universitas
Sebelas Maret Surakarta bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan
antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar pada mahasiswa angkatan 2007
Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Sebagai populasi adalah mahasiswa angkatan 2007 Fakultas Ekonomi
jurusan Akuntansi Universitas Sebelas Maret Surakarta, yang berjumlah 121
mahasiswa dari 3 kelas. Teknik yang digunakan dalam pengamnilan sampel
dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Untuk menegtahui
jumlah sampel yang akan diambil dalam penelitian ini, peneliti menggunakan cara
undian sehingga diperoleh kelas A dan Kelas B yang berjumlah 78 mahasiswa
yang akan digunakan sebagai sampel penelitian. Variabel dalam penelitian ini
adalah motivasi berprestasi sebagai variabel bebas serta prestasi belajar sebagai
veriabel tergantung. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini dilakukan dengan skala psikologi dan hasil tes sumatif. Analisis data
menggunakan teknik analsis rank order, alasannya penelitian ini mencari
hubungan dua variabel.
Kesimpulan hasil penelitian ini, yaitu: (1) Ada hubungan antara motivasi
berprestasi dengan prestasi belajar mahasiswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil
rho = 0,931 dengan p = 0,000 (p < 0,01). (2) Tingkat pretasi belajar mahasiswa
tergolong tinggi dengan rerata empirik 2,850.(3) Kategori tingkat motivasi
berprestasi tergolong tinggi dengan rerata empirik (ME) = 101,359 dan rerata
hipotetik (MH) = 87,5. (4) Sumbangan efektif motivasi berprestasi terhadap
prestasi belajar mahasiswa sebesar 87%. |
---|