HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA

Dalam suatu lembaga pendidikan, prestasi belajar merupakan indikator yang penting untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahawa tinggi rendahnya prestasi siswa banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor lain disamping proses pengajaran itu sendiri. Sa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: AVEROES , MUHAMMAD
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12347/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Dalam suatu lembaga pendidikan, prestasi belajar merupakan indikator yang penting untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahawa tinggi rendahnya prestasi siswa banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor lain disamping proses pengajaran itu sendiri. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah motivasi berprestasi. Penelitian hubungan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar pada mahasiswa angkatan 2007 Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi Universitas Sebelas Maret Surakarta bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar pada mahasiswa angkatan 2007 Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sebagai populasi adalah mahasiswa angkatan 2007 Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi Universitas Sebelas Maret Surakarta, yang berjumlah 121 mahasiswa dari 3 kelas. Teknik yang digunakan dalam pengamnilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Untuk menegtahui jumlah sampel yang akan diambil dalam penelitian ini, peneliti menggunakan cara undian sehingga diperoleh kelas A dan Kelas B yang berjumlah 78 mahasiswa yang akan digunakan sebagai sampel penelitian. Variabel dalam penelitian ini adalah motivasi berprestasi sebagai variabel bebas serta prestasi belajar sebagai veriabel tergantung. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan skala psikologi dan hasil tes sumatif. Analisis data menggunakan teknik analsis rank order, alasannya penelitian ini mencari hubungan dua variabel. Kesimpulan hasil penelitian ini, yaitu: (1) Ada hubungan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar mahasiswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil rho = 0,931 dengan p = 0,000 (p < 0,01). (2) Tingkat pretasi belajar mahasiswa tergolong tinggi dengan rerata empirik 2,850.(3) Kategori tingkat motivasi berprestasi tergolong tinggi dengan rerata empirik (ME) = 101,359 dan rerata hipotetik (MH) = 87,5. (4) Sumbangan efektif motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar mahasiswa sebesar 87%.