HUBUNGAN ANTARA ANTUSIASME BERPRESTASI DENGAN KEMAMPUAN MENGHADAPI TANTANGAN PADA SISWA SMK
Gagalnya siswa dalam hal pencapaian prestasi merupakan persoalan penting yang perlu diperhatikan dan segera dibenahi karena jika tidak dibenahi akan semakin menurunkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Oleh karena itu setiap siswa perlu memiliki karakteristik pribadi yang positif dan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12342/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995585057488896 |
---|---|
author | Sukmawati, Farakhatul Farikhah |
author_facet | Sukmawati, Farakhatul Farikhah |
author_sort | Sukmawati, Farakhatul Farikhah |
collection | ePrints |
description | Gagalnya siswa dalam hal pencapaian prestasi merupakan persoalan
penting yang perlu diperhatikan dan segera dibenahi karena jika tidak dibenahi
akan semakin menurunkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Oleh karena
itu setiap siswa perlu memiliki karakteristik pribadi yang positif dan
mengoptimalkan setiap aspek kecerdasan bukan hanya kecerdasan intelektual atau
IQ namun kecerdasan dalam aspek afektif dan kognitif yaitu kecerdasan adversity,
yang dalam penelitian diartikan sebagai kemampuan dalam menghadapi
tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hubungan antara
antusiasme berprestasi dengan kemampuan menghadapi tantangan; 2) sumbangan
antusiasme berprestasi terhadap kemampuan menghadapi tantangan; 3) aspek
antusiasme berprestasi yang berpengaruh paling tinggi terhadap kemampuan
menghadapi tantangan; 4) tingkat antusiasme berprestasi dan kemampuan
menghadapi tantangan subjek penelitian. Hipotesis yang diajukan adalah ada
hubungan positif antara antusiasme berprestasi dengan kemampuan menghadapi
tantangan pada siswa.
Subjek penelitian adalah siswa SMK Negeri 1 Juwiring terdiri 80 siswa
yaitu dan siswa SMK Muhammadiyah Delanggu dengan sebanyak 77 siswa,
sehingga jumlah keseluruhan siswa sebagai sampel penelitian adalah 157 siswa.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling.
Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu skala antusiasme berprestasi dan
skala kemampuan menghadapi tantangan, teknik analisis data menggunakan
korelasi product moment.
Berdasarkan hasil perhitungan teknik analisis product moment Pearson
diperoleh nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar = 0,417, p = 0,000 (p < 0,01). Hasil
ini menunjukkan ada korelasi positif yang sangat signifikan antara antusiasme
berprestasi dengan variabel kemampuan menghadapi tantangan. Artinya semakin
tinggi antusiasme berprestasi maka semakin tinggi pula kemampuan menghadapi
tantangan. Nilai koefisien determinan (RSquared) = 0,174, menunjukkan bahwa
antusiasme berprestasi memberikan sumbangan terhadap kemampuan menghadapi tantangan = 17,4%. Dari analisis Stepwise diketahui variabel antusiasme
berprestasi aspek yang paling dominan terhadap variabel kemampuan menghadapi
tantangan adalah aspek kekuatan antusiasme (rx2y = 0,423, p = 0,000). Antusiasme
berprestasi pada subjek penelitian tergolong sedang ditunjukkan oleh mean
empirik (ME) = 82,54 dan mean hipotetik (MH) = 90. Kemampuan menghadapi
tantangan berada pada kategori sedang, ditunjukkan oleh mean empirik (ME) =
87,68 dan mean hipotetik (MH) = 95. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:12342 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:12342 https://eprints.ums.ac.id/12342/ HUBUNGAN ANTARA ANTUSIASME BERPRESTASI DENGAN KEMAMPUAN MENGHADAPI TANTANGAN PADA SISWA SMK Sukmawati, Farakhatul Farikhah BF Religion and Philosophy Gagalnya siswa dalam hal pencapaian prestasi merupakan persoalan penting yang perlu diperhatikan dan segera dibenahi karena jika tidak dibenahi akan semakin menurunkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Oleh karena itu setiap siswa perlu memiliki karakteristik pribadi yang positif dan mengoptimalkan setiap aspek kecerdasan bukan hanya kecerdasan intelektual atau IQ namun kecerdasan dalam aspek afektif dan kognitif yaitu kecerdasan adversity, yang dalam penelitian diartikan sebagai kemampuan dalam menghadapi tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hubungan antara antusiasme berprestasi dengan kemampuan menghadapi tantangan; 2) sumbangan antusiasme berprestasi terhadap kemampuan menghadapi tantangan; 3) aspek antusiasme berprestasi yang berpengaruh paling tinggi terhadap kemampuan menghadapi tantangan; 4) tingkat antusiasme berprestasi dan kemampuan menghadapi tantangan subjek penelitian. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara antusiasme berprestasi dengan kemampuan menghadapi tantangan pada siswa. Subjek penelitian adalah siswa SMK Negeri 1 Juwiring terdiri 80 siswa yaitu dan siswa SMK Muhammadiyah Delanggu dengan sebanyak 77 siswa, sehingga jumlah keseluruhan siswa sebagai sampel penelitian adalah 157 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu skala antusiasme berprestasi dan skala kemampuan menghadapi tantangan, teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil perhitungan teknik analisis product moment Pearson diperoleh nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar = 0,417, p = 0,000 (p < 0,01). Hasil ini menunjukkan ada korelasi positif yang sangat signifikan antara antusiasme berprestasi dengan variabel kemampuan menghadapi tantangan. Artinya semakin tinggi antusiasme berprestasi maka semakin tinggi pula kemampuan menghadapi tantangan. Nilai koefisien determinan (RSquared) = 0,174, menunjukkan bahwa antusiasme berprestasi memberikan sumbangan terhadap kemampuan menghadapi tantangan = 17,4%. Dari analisis Stepwise diketahui variabel antusiasme berprestasi aspek yang paling dominan terhadap variabel kemampuan menghadapi tantangan adalah aspek kekuatan antusiasme (rx2y = 0,423, p = 0,000). Antusiasme berprestasi pada subjek penelitian tergolong sedang ditunjukkan oleh mean empirik (ME) = 82,54 dan mean hipotetik (MH) = 90. Kemampuan menghadapi tantangan berada pada kategori sedang, ditunjukkan oleh mean empirik (ME) = 87,68 dan mean hipotetik (MH) = 95. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12342/1/02._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12342/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12342/4/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12342/6/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12342/8/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12342/10/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12342/12/08._Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12342/13/09._Lampiran.pdf Sukmawati, Farakhatul Farikhah (2011) HUBUNGAN ANTARA ANTUSIASME BERPRESTASI DENGAN KEMAMPUAN MENGHADAPI TANTANGAN PADA SISWA SMK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. F100050005 |
spellingShingle | BF Religion and Philosophy Sukmawati, Farakhatul Farikhah HUBUNGAN ANTARA ANTUSIASME BERPRESTASI DENGAN KEMAMPUAN MENGHADAPI TANTANGAN PADA SISWA SMK |
title | HUBUNGAN ANTARA ANTUSIASME BERPRESTASI DENGAN KEMAMPUAN MENGHADAPI TANTANGAN PADA SISWA SMK |
title_full | HUBUNGAN ANTARA ANTUSIASME BERPRESTASI DENGAN KEMAMPUAN MENGHADAPI TANTANGAN PADA SISWA SMK |
title_fullStr | HUBUNGAN ANTARA ANTUSIASME BERPRESTASI DENGAN KEMAMPUAN MENGHADAPI TANTANGAN PADA SISWA SMK |
title_full_unstemmed | HUBUNGAN ANTARA ANTUSIASME BERPRESTASI DENGAN KEMAMPUAN MENGHADAPI TANTANGAN PADA SISWA SMK |
title_short | HUBUNGAN ANTARA ANTUSIASME BERPRESTASI DENGAN KEMAMPUAN MENGHADAPI TANTANGAN PADA SISWA SMK |
title_sort | hubungan antara antusiasme berprestasi dengan kemampuan menghadapi tantangan pada siswa smk |
topic | BF Religion and Philosophy |
url | https://eprints.ums.ac.id/12342/ |
work_keys_str_mv | AT sukmawatifarakhatulfarikhah hubunganantaraantusiasmeberprestasidengankemampuanmenghadapitantanganpadasiswasmk |