HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK MOBIL HONDA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
Keputusan pembelian pada konsumen untuk membeli sebuah produk dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang turut mempengaruhi adalah citra merek, apabila sebuah citra merek dapat diterima secara positif oleh konsumen, maka akan timbul penilaian dan keyakinan yang...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12338/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Keputusan pembelian pada konsumen untuk membeli sebuah produk
dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang turut mempengaruhi
adalah citra merek, apabila sebuah citra merek dapat diterima secara positif oleh
konsumen, maka akan timbul penilaian dan keyakinan yang positif pada diri
konsumen, bahwa produk yang akan dibeli tersebut dapat memenuhi harapan yang
diinginkan sehingga konsumen mengambil keputusan untuk membeli produk
tersebut.
Metode pengambilan data penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif. Pengambilan subyek dilakukan dengan teknik quota sampling pada
pengunjung bursa mobil minggu di Stadion Sriwedari Solo sebanyak 50 subyek
yang berusia lebih dari 17 tahun atau sudah dewasa dan berencana untuk membeli
mobil dan cara pengambilan subyeknya dilakukan secara non-random dengan
memperhatikan karakteristik pada subyek. Selanjutnya data dalam penelitian ini
dianalisis dengan korelasi product moment. Alat ukur yang digunakan untuk
mengungkap variabel-variabel penelitian ada 2 macam yaitu (1) skala keputusan
pembelian, (2) skala citra merek. Hipotesis dari penelitian ini berdasarkan hasil
analisis data diketahui bahwa hipotesis terbukti yakni ada hubungan positif yang
sangat signifikan antara citra merek mobil terhadap keputusan pembelian yang
ditunjukkan dengan hasil koefisien korelasi (r)=0,694 dengan p=0,000 (p≤0,01).
Variabel keputusan pembelian tergolong sedang ditunjukkan oleh rerata empirik
sebesar 91,480 dan rerata hipotetik sebesar 92,5, sedangkan variabel citra merek
mobil Honda pada pengunjung bursa mobil minggu taman Sriwedari Solo
tergolong tinggi yang ditunjukan oleh rerata empirik sebesar 136,920 dan rerata
hipotetik sebesar 115.
Citra merek mobil pada pengunjung bursa mobil minggu taman Sriwedari
Solo memberikan sumbangan efektif sebesar 48,1 % yang ditunjukan dengan
koefisien determinan r²=0,481 terhadap variabel keputusan pembelian, yang
berarti masih terdapat faktor-faktor lain sebesar 51,9 % seperti faktor pengaruh
lingkungan (budaya, kelas sosial, pengaruh pribadi, keluarga, dan situasi),
perbedaan individu (sumber daya konsumen, motivasi, keterlibatan, pengetahuan,
sikap, kepribadian, gaya hidup, dan demografi), proses psikologis (pengolahan
informasi, pembelajaran, perubahan sikap, dan perilaku) yang mempengaruhi keputusan pembelian di luar variabel citra merek. Kesimpulan dari penelitian ini
adalah ada hubungan positif antara citra merek mobil Honda terhadap keputusan
pembelian. |
---|