HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DENGAN LOYALITAS KONSUMEN PADA PRODUK PELUMAS MESIN KENDARAAN BERMOTOR

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu menurunnya loyalitas konsumen produk pelumas mesin kendaraan bermotor merek Mesarn. Pihak produsen harus berusaha sekuat tenaga untuk mempertahankan pelanggan agar tidak berpindah ke merek lain. Loyalitas konsumen merupakan prestasi puncak yang harus dic...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ROSITA , CHORI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12327/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995580954411008
author ROSITA , CHORI
author_facet ROSITA , CHORI
author_sort ROSITA , CHORI
collection ePrints
description Permasalahan dalam penelitian ini yaitu menurunnya loyalitas konsumen produk pelumas mesin kendaraan bermotor merek Mesarn. Pihak produsen harus berusaha sekuat tenaga untuk mempertahankan pelanggan agar tidak berpindah ke merek lain. Loyalitas konsumen merupakan prestasi puncak yang harus dicapai, meskipun prestasi tersebut bukanlah hal yang mudah, karena loyalitas konsumen merupakan faktor penting bagi perkembangan perusahaan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui : (1) Hubungan antara citra merek dengan loyalitas konsumen pada produk pelumas mesin kendaraan bermotor. (2) Tingkat citra merek produk pelumas mesin kendaraan bermotor. (3) Tingkat loyalitas konsumen pada produk pelumas mesin kendaraan bermotor. (4) Sumbangan citra merek pada loyalitas konsumen pada produk pelumas mesin kendaraan bermotor. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk pelumas mesin Mesran Super SAE di Berkat Motor yang sudah menggunakan Mesran Super SAE minimal sebanyak tiga kali berturut-turut dalam kurun waktu delapan bulan terakhir. Penelitian ini menggunakan purposive sample. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan skala yaitu skala citra merek dan skala loyalitas konsumen. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara citra merek dengan loyalitas konsumen. Hal ini ditunjukkan hasil. r = 0,423 dengan p = 0,001 atau p ≤ 0,01. (2) Kategori citra merek tergolong tinggi dengan rerata empirik sebesar 113,7316 dan rerata hipotetik sebesar 92,5. (3) Kategori loyalitas konsumen tergolong tinggi dengan rerata empirik sebesar 112,433 dan rerata hipotetik sebesar 75. (4) Sumbangan efektif diperoleh koefisien determinan (r²) sebesar 0,179 sehingga sumbangan citra merek sebesar 17,9% yang berarti masih terdapat 80,1% variabel-variabel lain yang mempengaruhi loyalitas konsumen diluar variabel citra merek.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12327
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12327 https://eprints.ums.ac.id/12327/ HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DENGAN LOYALITAS KONSUMEN PADA PRODUK PELUMAS MESIN KENDARAAN BERMOTOR ROSITA , CHORI BF Religion and Philosophy Permasalahan dalam penelitian ini yaitu menurunnya loyalitas konsumen produk pelumas mesin kendaraan bermotor merek Mesarn. Pihak produsen harus berusaha sekuat tenaga untuk mempertahankan pelanggan agar tidak berpindah ke merek lain. Loyalitas konsumen merupakan prestasi puncak yang harus dicapai, meskipun prestasi tersebut bukanlah hal yang mudah, karena loyalitas konsumen merupakan faktor penting bagi perkembangan perusahaan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui : (1) Hubungan antara citra merek dengan loyalitas konsumen pada produk pelumas mesin kendaraan bermotor. (2) Tingkat citra merek produk pelumas mesin kendaraan bermotor. (3) Tingkat loyalitas konsumen pada produk pelumas mesin kendaraan bermotor. (4) Sumbangan citra merek pada loyalitas konsumen pada produk pelumas mesin kendaraan bermotor. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk pelumas mesin Mesran Super SAE di Berkat Motor yang sudah menggunakan Mesran Super SAE minimal sebanyak tiga kali berturut-turut dalam kurun waktu delapan bulan terakhir. Penelitian ini menggunakan purposive sample. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan skala yaitu skala citra merek dan skala loyalitas konsumen. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara citra merek dengan loyalitas konsumen. Hal ini ditunjukkan hasil. r = 0,423 dengan p = 0,001 atau p ≤ 0,01. (2) Kategori citra merek tergolong tinggi dengan rerata empirik sebesar 113,7316 dan rerata hipotetik sebesar 92,5. (3) Kategori loyalitas konsumen tergolong tinggi dengan rerata empirik sebesar 112,433 dan rerata hipotetik sebesar 75. (4) Sumbangan efektif diperoleh koefisien determinan (r²) sebesar 0,179 sehingga sumbangan citra merek sebesar 17,9% yang berarti masih terdapat 80,1% variabel-variabel lain yang mempengaruhi loyalitas konsumen diluar variabel citra merek. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12327/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12327/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12327/5/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12327/7/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12327/9/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12327/11/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12327/12/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12327/14/Lampiran-lampiran.pdf ROSITA , CHORI (2011) HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DENGAN LOYALITAS KONSUMEN PADA PRODUK PELUMAS MESIN KENDARAAN BERMOTOR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. F100000009
spellingShingle BF Religion and Philosophy
ROSITA , CHORI
HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DENGAN LOYALITAS KONSUMEN PADA PRODUK PELUMAS MESIN KENDARAAN BERMOTOR
title HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DENGAN LOYALITAS KONSUMEN PADA PRODUK PELUMAS MESIN KENDARAAN BERMOTOR
title_full HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DENGAN LOYALITAS KONSUMEN PADA PRODUK PELUMAS MESIN KENDARAAN BERMOTOR
title_fullStr HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DENGAN LOYALITAS KONSUMEN PADA PRODUK PELUMAS MESIN KENDARAAN BERMOTOR
title_full_unstemmed HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DENGAN LOYALITAS KONSUMEN PADA PRODUK PELUMAS MESIN KENDARAAN BERMOTOR
title_short HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DENGAN LOYALITAS KONSUMEN PADA PRODUK PELUMAS MESIN KENDARAAN BERMOTOR
title_sort hubungan antara citra merek dengan loyalitas konsumen pada produk pelumas mesin kendaraan bermotor
topic BF Religion and Philosophy
url https://eprints.ums.ac.id/12327/
work_keys_str_mv AT rositachori hubunganantaracitramerekdenganloyalitaskonsumenpadaprodukpelumasmesinkendaraanbermotor