HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DENGAN LOYALITAS KONSUMEN PADA PRODUK PELUMAS MESIN KENDARAAN BERMOTOR
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu menurunnya loyalitas konsumen produk pelumas mesin kendaraan bermotor merek Mesarn. Pihak produsen harus berusaha sekuat tenaga untuk mempertahankan pelanggan agar tidak berpindah ke merek lain. Loyalitas konsumen merupakan prestasi puncak yang harus dic...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12327/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Permasalahan dalam penelitian ini yaitu menurunnya loyalitas konsumen
produk pelumas mesin kendaraan bermotor merek Mesarn. Pihak produsen harus
berusaha sekuat tenaga untuk mempertahankan pelanggan agar tidak berpindah ke
merek lain. Loyalitas konsumen merupakan prestasi puncak yang harus dicapai,
meskipun prestasi tersebut bukanlah hal yang mudah, karena loyalitas konsumen
merupakan faktor penting bagi perkembangan perusahaan.
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui : (1) Hubungan antara
citra merek dengan loyalitas konsumen pada produk pelumas mesin kendaraan
bermotor. (2) Tingkat citra merek produk pelumas mesin kendaraan bermotor. (3)
Tingkat loyalitas konsumen pada produk pelumas mesin kendaraan bermotor. (4)
Sumbangan citra merek pada loyalitas konsumen pada produk pelumas mesin
kendaraan bermotor.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk pelumas mesin
Mesran Super SAE di Berkat Motor yang sudah menggunakan Mesran Super SAE
minimal sebanyak tiga kali berturut-turut dalam kurun waktu delapan bulan terakhir.
Penelitian ini menggunakan purposive sample. Alat pengumpulan data dalam
penelitian ini mengunakan skala yaitu skala citra merek dan skala loyalitas
konsumen.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada hubungan positif
yang sangat signifikan antara citra merek dengan loyalitas konsumen. Hal ini
ditunjukkan hasil. r = 0,423 dengan p = 0,001 atau p ≤ 0,01. (2) Kategori citra
merek tergolong tinggi dengan rerata empirik sebesar 113,7316 dan rerata hipotetik
sebesar 92,5. (3) Kategori loyalitas konsumen tergolong tinggi dengan rerata
empirik sebesar 112,433 dan rerata hipotetik sebesar 75. (4) Sumbangan efektif
diperoleh koefisien determinan (r²) sebesar 0,179 sehingga sumbangan citra merek
sebesar 17,9% yang berarti masih terdapat 80,1% variabel-variabel lain yang
mempengaruhi loyalitas konsumen diluar variabel citra merek. |
---|