UPAYA PENINGKATAN KUALITAS LULUSAN (Studi Kasus Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Peningkatan kemampuan untuk mengembangkan pendidikan tinggi sangat di rasa perlu, apalagi pada perkembangan dunia kerja seperti saat ini, seluruh perguruan tinggi harus ber lomba-lomba untuk meningkatkan kualitas lulusan agar lulusan dapat diserap dipasar kerja. Tujuan dari penelitian ini ad...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: APRILIA, NURUL
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
English
English
出版事項: 2011
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/12322/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Peningkatan kemampuan untuk mengembangkan pendidikan tinggi sangat di rasa perlu, apalagi pada perkembangan dunia kerja seperti saat ini, seluruh perguruan tinggi harus ber lomba-lomba untuk meningkatkan kualitas lulusan agar lulusan dapat diserap dipasar kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel yang paling berpengaruh terhadap kualitas lulusan ditinjau dari sudut pandang mahasiswa dan alumni, mengidentifikasi kebutuhan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja dan memberikan usulan rencana strategis yang perlu dipersiapkan Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta. Analisis Faktor merupakan sebuah metode untuk mengetahui indikator yang berhubungan dengan variabel yang dibentuk oleh indikator tersebut, CHAID (Chi-square Automatic Interaction Detection) untuk mengetahui variabel yang paling berpengaruh terhadap kualitas lulusan. Hasil dari penelitian ini pertama adalah diagram pohon yang dihasilkan oleh CHAID sebagai hasil klasifikasi dari variabel variabel yang ada sehingga dimunculkan variabel yang memiliki pengaruh langsung terhadap kualitas lulusan, berdasarkan hasil pengujian diketahui variabel yang paling berpengaruh terhadap kualitas lulusan dari sudut pandang mahasiswa adalah Input, Informasi dunia kerja, serta sarana dan prasarana, sedangkan variabel yang berpengaruh terhadap kualitas lulusan dari sudut pandang alumni adalah Informasi dunia kerja, kurikulum dan dosen, kedua adalah kebutuhan mahasiswa dan alumni yang perlu ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja yakni kemampuan komunikasi tertulis, kemampuan bekerja dalam tim, kemampuan berfikir logis, kemampuan berfikir analitis, kemampuan bekerta mandiri, kemampuan komunikasi lisan, Cakap IPTEK serta berkepribadian baik dan menarik.