ANALISIS PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MENINGKATKAN MENTAL BERWIRAUSAHA MAHASISWA (Studi Kasus di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui perbedaan mental berwirausaha antara mahasiswa yang tidak mendapat dan mendapatkan mata kuliah kewirausahaan, mengetahui posisi kuadran pembelajaran kewirausahaan di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Prodi. Pendidikan Bio...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: APRILIYANI, DEFI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12318/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995578501791744
author APRILIYANI, DEFI
author_facet APRILIYANI, DEFI
author_sort APRILIYANI, DEFI
collection ePrints
description Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui perbedaan mental berwirausaha antara mahasiswa yang tidak mendapat dan mendapatkan mata kuliah kewirausahaan, mengetahui posisi kuadran pembelajaran kewirausahaan di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Prodi. Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, mengetahui rencana strategis dalam pengembangan pembelajaran kewirausahaan di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta Instrument dalam penelitian ini meliputi kuisioner skala likert, observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan, pertama Uji Mann Whitney untuk mengetahui perbedaaan mental berwirausaha antara mahasiswa yang tidak mendapat dan mendapat pembelajaran kewirausahaan di Jurusan Teknik Industri Unversitas Muhammadiyah Surakarta, Analisis SWOT untuk mengetahui letak kuadran pembelajaran kewirausahaan di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Prodi. Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta serta menentukan rencana strategis pengembangan pembelajaran di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta. Pengolahan data Uji Mann Whitney menggunakan software SPSS 17 menunjukan hasil z hitung < z tabel (-2.198<-1.96) dan probabilitas 0.028< 0.05 menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara mahasiswa yang tidak mendapat dan mendapatkan kewirausahaan di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta, pengolahan data menggunakan analisis SWOT menunjukan pembelajaran kewirausahaan di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta berada pada kuadran III dengan titik cartesius (-0.09, +1.51) dan pembelajaran kewirausahaan di Prodi. Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta berada pada kuadran I (+2.81, +1.44). Rencana strategis pembelajaran kewirausahaan di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta sebagian mengadopsi pembelajaran kewirausahaan di Prodi. Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12318
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12318 https://eprints.ums.ac.id/12318/ ANALISIS PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MENINGKATKAN MENTAL BERWIRAUSAHA MAHASISWA (Studi Kasus di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta) APRILIYANI, DEFI TS Manufactures Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui perbedaan mental berwirausaha antara mahasiswa yang tidak mendapat dan mendapatkan mata kuliah kewirausahaan, mengetahui posisi kuadran pembelajaran kewirausahaan di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Prodi. Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, mengetahui rencana strategis dalam pengembangan pembelajaran kewirausahaan di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta Instrument dalam penelitian ini meliputi kuisioner skala likert, observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan, pertama Uji Mann Whitney untuk mengetahui perbedaaan mental berwirausaha antara mahasiswa yang tidak mendapat dan mendapat pembelajaran kewirausahaan di Jurusan Teknik Industri Unversitas Muhammadiyah Surakarta, Analisis SWOT untuk mengetahui letak kuadran pembelajaran kewirausahaan di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Prodi. Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta serta menentukan rencana strategis pengembangan pembelajaran di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta. Pengolahan data Uji Mann Whitney menggunakan software SPSS 17 menunjukan hasil z hitung < z tabel (-2.198<-1.96) dan probabilitas 0.028< 0.05 menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara mahasiswa yang tidak mendapat dan mendapatkan kewirausahaan di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta, pengolahan data menggunakan analisis SWOT menunjukan pembelajaran kewirausahaan di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta berada pada kuadran III dengan titik cartesius (-0.09, +1.51) dan pembelajaran kewirausahaan di Prodi. Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta berada pada kuadran I (+2.81, +1.44). Rencana strategis pembelajaran kewirausahaan di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta sebagian mengadopsi pembelajaran kewirausahaan di Prodi. Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12318/1/Cover_DEFI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12318/2/BAB_I_DEFI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12318/3/BAB_II_DEFI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12318/4/BAB_III_DEFI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12318/5/BAB_IV_DEFI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12318/6/BAB_V_DEFI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12318/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12318/8/LAMPIRAN_I_defi.pdf APRILIYANI, DEFI (2011) ANALISIS PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MENINGKATKAN MENTAL BERWIRAUSAHA MAHASISWA (Studi Kasus di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. D600060010
spellingShingle TS Manufactures
APRILIYANI, DEFI
ANALISIS PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MENINGKATKAN MENTAL BERWIRAUSAHA MAHASISWA (Studi Kasus di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta)
title ANALISIS PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MENINGKATKAN MENTAL BERWIRAUSAHA MAHASISWA (Studi Kasus di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta)
title_full ANALISIS PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MENINGKATKAN MENTAL BERWIRAUSAHA MAHASISWA (Studi Kasus di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta)
title_fullStr ANALISIS PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MENINGKATKAN MENTAL BERWIRAUSAHA MAHASISWA (Studi Kasus di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta)
title_full_unstemmed ANALISIS PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MENINGKATKAN MENTAL BERWIRAUSAHA MAHASISWA (Studi Kasus di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta)
title_short ANALISIS PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MENINGKATKAN MENTAL BERWIRAUSAHA MAHASISWA (Studi Kasus di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta)
title_sort analisis pembelajaran kewirausahaan meningkatkan mental berwirausaha mahasiswa studi kasus di jurusan teknik industri universitas muhammadiyah surakarta
topic TS Manufactures
url https://eprints.ums.ac.id/12318/
work_keys_str_mv AT apriliyanidefi analisispembelajarankewirausahaanmeningkatkanmentalberwirausahamahasiswastudikasusdijurusanteknikindustriuniversitasmuhammadiyahsurakarta