ANALISIS PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MENINGKATKAN MENTAL BERWIRAUSAHA MAHASISWA (Studi Kasus di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui perbedaan mental berwirausaha antara mahasiswa yang tidak mendapat dan mendapatkan mata kuliah kewirausahaan, mengetahui posisi kuadran pembelajaran kewirausahaan di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Prodi. Pendidikan Bio...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12318/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui perbedaan mental berwirausaha
antara mahasiswa yang tidak mendapat dan mendapatkan mata kuliah
kewirausahaan, mengetahui posisi kuadran pembelajaran kewirausahaan di
Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Prodi.
Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta,
mengetahui rencana strategis dalam pengembangan pembelajaran kewirausahaan
di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta
Instrument dalam penelitian ini meliputi kuisioner skala likert, observasi,
wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan,
pertama Uji Mann Whitney untuk mengetahui perbedaaan mental berwirausaha
antara mahasiswa yang tidak mendapat dan mendapat pembelajaran
kewirausahaan di Jurusan Teknik Industri Unversitas Muhammadiyah Surakarta,
Analisis SWOT untuk mengetahui letak kuadran pembelajaran kewirausahaan di
Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Prodi.
Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta serta
menentukan rencana strategis pengembangan pembelajaran di Jurusan Teknik
Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Pengolahan data Uji Mann Whitney menggunakan software SPSS 17
menunjukan hasil z hitung < z tabel (-2.198<-1.96) dan probabilitas 0.028< 0.05
menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara mahasiswa yang tidak mendapat
dan mendapatkan kewirausahaan di Jurusan Teknik Industri Universitas
Muhammadiyah Surakarta, pengolahan data menggunakan analisis SWOT
menunjukan pembelajaran kewirausahaan di Jurusan Teknik Industri Universitas
Muhammadiyah Surakarta berada pada kuadran III dengan titik cartesius (-0.09,
+1.51) dan pembelajaran kewirausahaan di Prodi. Pendidikan Biologi Universitas
Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta berada pada kuadran I (+2.81, +1.44).
Rencana strategis pembelajaran kewirausahaan di Jurusan Teknik Industri
Universitas Muhammadiyah Surakarta sebagian mengadopsi pembelajaran
kewirausahaan di Prodi. Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Sunan
Kalijaga Yogyakarta. |
---|