PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DENGAN P ENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KARTASURA
Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan metode mengajar, salah satunya yaitu dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam pembelajaran Biologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran...
Uloženo v:
Hlavní autor: | |
---|---|
Médium: | Diplomová práce |
Jazyk: | English English English English English English |
Vydáno: |
2007
|
Témata: | |
On-line přístup: | https://eprints.ums.ac.id/12317/ |
Tagy: |
Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
|
Shrnutí: | Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan
menggunakan metode mengajar, salah satunya yaitu dengan Penerapan
Pendekatan Kontekstual dalam pembelajaran Biologi. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII F SMP Negeri 2
Kartasura tahun ajaran 2006/2007. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2006/2007 sebanyak 6 kelas.
Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah satu kelas yaitu kelas VII F.
Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan
sample yang didasarkan atas ciri-ciri yaitu cara mengajar guru yang menggunakan
metode ceramah, siswa menganggap pelajaran Biologi sebagai pelajaran yang
membosankan, siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, siswa pasif dalam
pembelajaran, dan pemahaman siswa terhadap materi rendah. Analisis data dalam
penelitian ini dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan uji regresi linear.
Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum
pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5.0 dan ratarata
pada siklus I meningkat menjadi 5.9, rata-rata siklus II meningkat menjadi 6.6
dan rata-rata pada siklus III meningkat menjadi 7.6, menunjukkan setelah
diberikan materi dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual berpengaruh positif
terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0.03 point. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: dengan Penerapan Pendekatan
Kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar sBiologi siswa kelas VII F SMP
Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2006/2007 pada ranah kognitifsebesar 0.03 point
atau 3 %. Untuk ranah afektif mengalami peningkatan dari siklus I sebasar 27.4
(siswa kurang berminat), siklus II sebesar 34.7 (siswa cukup berminat), dan siklus
III sebesar 43.2 (siswa sudah berminat).
|
---|