STRATEGI PEMASARAN POTENSI WISATA KOMPLEK CANDI DIENG DI KABUPATEN WONOSOBO DENGAN METODE ANALISIS SWOT DAN BENCHMARKING Studi Kasus di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Magelang)

Kepariwisataan merupakan salah satu dari aktifivitas manusia untuk memenuhi kesenangan hati, kebutuhan jasmani dan rohani. Pariwisata dapat mendatangkan keuntungan pada daerah yang berusaha mengembangkan kegiatan pariwisata. Selain itu pariwisata merupakan salah satu kegiatan industri pelayan...

Descrizione completa

Salvato in:
Dettagli Bibliografici
Autore principale: Oktayudianto, Pratama Ditya
Natura: Tesi
Lingua:English
English
English
English
English
English
English
English
Pubblicazione: 2011
Soggetti:
Accesso online:https://eprints.ums.ac.id/12314/
Tags: Aggiungi Tag
Nessun Tag, puoi essere il primo ad aggiungerne!!
_version_ 1804995577408126976
author Oktayudianto, Pratama Ditya
author_facet Oktayudianto, Pratama Ditya
author_sort Oktayudianto, Pratama Ditya
collection ePrints
description Kepariwisataan merupakan salah satu dari aktifivitas manusia untuk memenuhi kesenangan hati, kebutuhan jasmani dan rohani. Pariwisata dapat mendatangkan keuntungan pada daerah yang berusaha mengembangkan kegiatan pariwisata. Selain itu pariwisata merupakan salah satu kegiatan industri pelayanan dan jasa yang menjadi andalan Indonesia dalam rangka meningkatkan devisa dari sektor non migas. Di Kabupaten Wonosobo sektor pariwisata telah menjadi unggulan yang mampu menyokong PAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan mutu dan strategi pemasaran yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo untuk Komplek Candi Dieng. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan dukungan data kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan Focus Group Discusion serta studi dokumentasi. Penentuan informan diperoleh dengan teknik purposive sampling. Seperti Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kepala Bidang Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, dan staf. Agar diperoleh data yang sesuai dengan kenyataan dan teruji validitasnya digunakan triangulasi data, sedangkan teknik analisa data menggunakan analisa interaktif. Dari hasil penelitian dengan menggunakan Analisis SWOT dan Benchmarking diperoleh bahwa strategi pemasaran yang mesti dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo untuk obyek wisata Komplek Candi Dieng harus disertai dengan pengembangan dan perbaikan di 4 pendekatan sektor yaitu Aksesibilitas, Amenitas, Atraksi, dan Aktivitas. Segmentasi pasar yang dituju didasarkan pada destinasi pariwisata, ditentukan target kunjungan wisatawan dengan melihat positioning, dari hasil itu semua difokuskan kepada marketing mix untuk Obyek Wisata Komplek Candi Dieng.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12314
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12314 https://eprints.ums.ac.id/12314/ STRATEGI PEMASARAN POTENSI WISATA KOMPLEK CANDI DIENG DI KABUPATEN WONOSOBO DENGAN METODE ANALISIS SWOT DAN BENCHMARKING Studi Kasus di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Magelang) Oktayudianto, Pratama Ditya TS Manufactures Kepariwisataan merupakan salah satu dari aktifivitas manusia untuk memenuhi kesenangan hati, kebutuhan jasmani dan rohani. Pariwisata dapat mendatangkan keuntungan pada daerah yang berusaha mengembangkan kegiatan pariwisata. Selain itu pariwisata merupakan salah satu kegiatan industri pelayanan dan jasa yang menjadi andalan Indonesia dalam rangka meningkatkan devisa dari sektor non migas. Di Kabupaten Wonosobo sektor pariwisata telah menjadi unggulan yang mampu menyokong PAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan mutu dan strategi pemasaran yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo untuk Komplek Candi Dieng. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan dukungan data kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan Focus Group Discusion serta studi dokumentasi. Penentuan informan diperoleh dengan teknik purposive sampling. Seperti Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kepala Bidang Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, dan staf. Agar diperoleh data yang sesuai dengan kenyataan dan teruji validitasnya digunakan triangulasi data, sedangkan teknik analisa data menggunakan analisa interaktif. Dari hasil penelitian dengan menggunakan Analisis SWOT dan Benchmarking diperoleh bahwa strategi pemasaran yang mesti dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo untuk obyek wisata Komplek Candi Dieng harus disertai dengan pengembangan dan perbaikan di 4 pendekatan sektor yaitu Aksesibilitas, Amenitas, Atraksi, dan Aktivitas. Segmentasi pasar yang dituju didasarkan pada destinasi pariwisata, ditentukan target kunjungan wisatawan dengan melihat positioning, dari hasil itu semua difokuskan kepada marketing mix untuk Obyek Wisata Komplek Candi Dieng. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12314/1/Abstraksi.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12314/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12314/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12314/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12314/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12314/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12314/7/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12314/8/Lampiran.pdf Oktayudianto, Pratama Ditya (2011) STRATEGI PEMASARAN POTENSI WISATA KOMPLEK CANDI DIENG DI KABUPATEN WONOSOBO DENGAN METODE ANALISIS SWOT DAN BENCHMARKING Studi Kasus di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Magelang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. D600060005
spellingShingle TS Manufactures
Oktayudianto, Pratama Ditya
STRATEGI PEMASARAN POTENSI WISATA KOMPLEK CANDI DIENG DI KABUPATEN WONOSOBO DENGAN METODE ANALISIS SWOT DAN BENCHMARKING Studi Kasus di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Magelang)
title STRATEGI PEMASARAN POTENSI WISATA KOMPLEK CANDI DIENG DI KABUPATEN WONOSOBO DENGAN METODE ANALISIS SWOT DAN BENCHMARKING Studi Kasus di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Magelang)
title_full STRATEGI PEMASARAN POTENSI WISATA KOMPLEK CANDI DIENG DI KABUPATEN WONOSOBO DENGAN METODE ANALISIS SWOT DAN BENCHMARKING Studi Kasus di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Magelang)
title_fullStr STRATEGI PEMASARAN POTENSI WISATA KOMPLEK CANDI DIENG DI KABUPATEN WONOSOBO DENGAN METODE ANALISIS SWOT DAN BENCHMARKING Studi Kasus di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Magelang)
title_full_unstemmed STRATEGI PEMASARAN POTENSI WISATA KOMPLEK CANDI DIENG DI KABUPATEN WONOSOBO DENGAN METODE ANALISIS SWOT DAN BENCHMARKING Studi Kasus di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Magelang)
title_short STRATEGI PEMASARAN POTENSI WISATA KOMPLEK CANDI DIENG DI KABUPATEN WONOSOBO DENGAN METODE ANALISIS SWOT DAN BENCHMARKING Studi Kasus di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Magelang)
title_sort strategi pemasaran potensi wisata komplek candi dieng di kabupaten wonosobo dengan metode analisis swot dan benchmarking studi kasus di kabupaten wonosobo dan kabupaten magelang
topic TS Manufactures
url https://eprints.ums.ac.id/12314/
work_keys_str_mv AT oktayudiantopratamaditya strategipemasaranpotensiwisatakomplekcandidiengdikabupatenwonosobodenganmetodeanalisisswotdanbenchmarkingstudikasusdikabupatenwonosobodankabupatenmagelang