STRATEGI PEMASARAN POTENSI WISATA KOMPLEK CANDI DIENG DI KABUPATEN WONOSOBO DENGAN METODE ANALISIS SWOT DAN BENCHMARKING Studi Kasus di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Magelang)
Kepariwisataan merupakan salah satu dari aktifivitas manusia untuk memenuhi kesenangan hati, kebutuhan jasmani dan rohani. Pariwisata dapat mendatangkan keuntungan pada daerah yang berusaha mengembangkan kegiatan pariwisata. Selain itu pariwisata merupakan salah satu kegiatan industri pelayan...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
語言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主題: | |
在線閱讀: | https://eprints.ums.ac.id/12314/ |
標簽: |
添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
|
總結: | Kepariwisataan merupakan salah satu dari aktifivitas manusia untuk
memenuhi kesenangan hati, kebutuhan jasmani dan rohani. Pariwisata dapat
mendatangkan keuntungan pada daerah yang berusaha mengembangkan kegiatan
pariwisata. Selain itu pariwisata merupakan salah satu kegiatan industri pelayanan
dan jasa yang menjadi andalan Indonesia dalam rangka meningkatkan devisa dari
sektor non migas. Di Kabupaten Wonosobo sektor pariwisata telah menjadi unggulan
yang mampu menyokong PAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
perbandingan mutu dan strategi pemasaran yang dilakukan Dinas Pariwisata dan
Kebudayaan Kabupaten Wonosobo untuk Komplek Candi Dieng.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan dukungan data
kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan
Focus Group Discusion serta studi dokumentasi. Penentuan informan diperoleh
dengan teknik purposive sampling. Seperti Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan,
Kepala Bidang Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, dan staf. Agar diperoleh data yang
sesuai dengan kenyataan dan teruji validitasnya digunakan triangulasi data,
sedangkan teknik analisa data menggunakan analisa interaktif.
Dari hasil penelitian dengan menggunakan Analisis SWOT dan
Benchmarking diperoleh bahwa strategi pemasaran yang mesti dilakukan oleh Dinas
Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo untuk obyek wisata Komplek
Candi Dieng harus disertai dengan pengembangan dan perbaikan di 4 pendekatan
sektor yaitu Aksesibilitas, Amenitas, Atraksi, dan Aktivitas. Segmentasi pasar yang
dituju didasarkan pada destinasi pariwisata, ditentukan target kunjungan wisatawan
dengan melihat positioning, dari hasil itu semua difokuskan kepada marketing mix
untuk Obyek Wisata Komplek Candi Dieng. |
---|