PENGUKURAN KUALITAS PELAYANAN BERDASARKAN KEPUASAN PELANGGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL ( Service Quality ) (Studi Kasus: Lembaga Pendidikan ALFABANK Kleco)
Lembaga Pendidikan ALFABANK, yaitu sebuah lembaga pendidikan/tempat kursus yang bergerak dibidang profesi. ALFABANK memiliki berbagai program pendidikan, antara lain kursus komputer, bahasa Inggris, dan masih banyak lagi. Ada beberapa kegiatan utama yang dilakukan di ALFABANK, yaitu proses pend...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12312/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Lembaga Pendidikan ALFABANK, yaitu sebuah lembaga
pendidikan/tempat kursus yang bergerak dibidang profesi. ALFABANK
memiliki berbagai program pendidikan, antara lain kursus komputer, bahasa
Inggris, dan masih banyak lagi.
Ada beberapa kegiatan utama yang dilakukan di ALFABANK, yaitu
proses pendaftaran, proses pembayaran, kegiatan belajar, ujian kompetensi,
pengolahan nilai. Dari berbagai kegiatan di atas tugas akhir ini difokuskan
pada bagian pelayanan yang meliputi proses pendaftaran , proses pembayaran
dan pelayanan yang lainnya.
Proses pendaftaran dan proses pembayaran di ALFABANK adalah
peserta didik melakukan proses pendaftaran sebelum program kursus dimulai.
Calon peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran di awal untuk yang
belum pernah mengikuti program pendidikan di ALFABANK. Untuk peserta
yang sudah pernah mengikuti program pendidikan tidak perlu membayar biaya
pendaftaran. Setelah didata peserta membayar biaya pendidikan boleh dibayar
tunai ataupun dicicil sampai program pendidikan berakhir.
Untuk mengetahui pelayanan yang bermutu dan diharapkan oleh
konsumen maka dalam penelitian ini diperlukan analisis kualitas pelayanan
dengan menggunakan metode Servqual GAP yang bertujuan untuk
mengetahui apakah kualitas pelayanan yang diinginkan oleh pe ngguna jasa.
Pada penelitian ini menggunakan skala likert yang sudah dimodifikasi. Skala
Likert merupakan skala yang berisi empat tingkat jawaban mengenai
kesetujuan responden terhadap statemen atau pertanyaan yang dikemukakan
mendahului opsi jawaban yang disediakan.
Dari hasil perhitungan didapat 39 pernyataan disetiap atribut/variabel
yang memiliki nilai kualitas jasa negatif. Ini disebabkan antara harapan dan
penilaian pelayanan yang diterima tidak sesuai dengan yang diinginkan
sehingga menimbulkan perasaan yang kurang puas pada siswa kursus untuk
itu diperlukan menghilangkan nilai negatif dan Kesenjangan ke 5 ini tidak
mudah dihilangkan, karena perusahaan harus mengulang, mengadakan
penelitian dengan cara penyeba ran angket yang di isi oleh siswa kursus yang
isinya tentang persepsi dan harapan siswa kursus. |
---|