ANALISA BRAND SWITCHING TERHADAP JENIS MEREK DETERJEN DENGAN METODE BIPLOT DAN MARKOV CHAIN UNTUK MENELAAH PERILAKU KONSUMEN (Studi Kasus : Sartika Swalayan, Jl. Sukowati, Gemolong - Sragen)

Sartika Swalayan sebagai salah satu swalayan dan tempat untuk memasarkan produk deterjen mempunyai peranan penting dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga konsumen merasa puas menggunakan produk deterjen tersebut. Oleh karena itu, Sartika Swalayan harus melakukan strategi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ROMADHONA , REZHA LATIF
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12311/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995576589189120
author ROMADHONA , REZHA LATIF
author_facet ROMADHONA , REZHA LATIF
author_sort ROMADHONA , REZHA LATIF
collection ePrints
description Sartika Swalayan sebagai salah satu swalayan dan tempat untuk memasarkan produk deterjen mempunyai peranan penting dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga konsumen merasa puas menggunakan produk deterjen tersebut. Oleh karena itu, Sartika Swalayan harus melakukan strategi pemasaran yang baik dan mengetahui penjualan produk yang dijualnya termasuk produk deterjen. Untuk mengetahui dan menganalisis penjualan produk deterjen periode berikutnya dapat menggunakan analisis rantai markov, sedangkan untuk mengetahui kelompok konsumen yang banyak menggunakan satu merek deterjen tertentu dapat menggunakan analisis biplot yaitu dengan mengetahui atribut- atribut yang lebih diprioritaskan oleh sebagian besar konsumen dalam memilih satu merek deterjen tertentu Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa brand switching dan penjualan tertinggi untuk bulan Oktober dan November dipegang oleh deterjen merek Rinso yaitu sebesar 26%, 24%, 25% dibandingkan dengan deterjen merek lainnya seperti So-klin (22%,19%,17%), Surf (14%,17%,15%), Daia (11%,10%,8%), Attack (20%,21%,31%), B-29 (4%,5%,2%) dan merek lainnya (3%,4%,2%), sehingga deterjen yang banyak digunakan oleh konsumen Sartika Swalayan adalah merek Rinso. Sedangkan untuk atribut-atribut yang disajikan diperoleh bahwa harga dan unsur deterjen meraih peringkat pertama yang masuk dalam prioritas yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli deterjen.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12311
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12311 https://eprints.ums.ac.id/12311/ ANALISA BRAND SWITCHING TERHADAP JENIS MEREK DETERJEN DENGAN METODE BIPLOT DAN MARKOV CHAIN UNTUK MENELAAH PERILAKU KONSUMEN (Studi Kasus : Sartika Swalayan, Jl. Sukowati, Gemolong - Sragen) ROMADHONA , REZHA LATIF TS Manufactures Sartika Swalayan sebagai salah satu swalayan dan tempat untuk memasarkan produk deterjen mempunyai peranan penting dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga konsumen merasa puas menggunakan produk deterjen tersebut. Oleh karena itu, Sartika Swalayan harus melakukan strategi pemasaran yang baik dan mengetahui penjualan produk yang dijualnya termasuk produk deterjen. Untuk mengetahui dan menganalisis penjualan produk deterjen periode berikutnya dapat menggunakan analisis rantai markov, sedangkan untuk mengetahui kelompok konsumen yang banyak menggunakan satu merek deterjen tertentu dapat menggunakan analisis biplot yaitu dengan mengetahui atribut- atribut yang lebih diprioritaskan oleh sebagian besar konsumen dalam memilih satu merek deterjen tertentu Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa brand switching dan penjualan tertinggi untuk bulan Oktober dan November dipegang oleh deterjen merek Rinso yaitu sebesar 26%, 24%, 25% dibandingkan dengan deterjen merek lainnya seperti So-klin (22%,19%,17%), Surf (14%,17%,15%), Daia (11%,10%,8%), Attack (20%,21%,31%), B-29 (4%,5%,2%) dan merek lainnya (3%,4%,2%), sehingga deterjen yang banyak digunakan oleh konsumen Sartika Swalayan adalah merek Rinso. Sedangkan untuk atribut-atribut yang disajikan diperoleh bahwa harga dan unsur deterjen meraih peringkat pertama yang masuk dalam prioritas yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli deterjen. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12311/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12311/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12311/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12311/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12311/5/Bab_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12311/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12311/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12311/8/Lampiran.pdf ROMADHONA , REZHA LATIF (2011) ANALISA BRAND SWITCHING TERHADAP JENIS MEREK DETERJEN DENGAN METODE BIPLOT DAN MARKOV CHAIN UNTUK MENELAAH PERILAKU KONSUMEN (Studi Kasus : Sartika Swalayan, Jl. Sukowati, Gemolong - Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. D600050014
spellingShingle TS Manufactures
ROMADHONA , REZHA LATIF
ANALISA BRAND SWITCHING TERHADAP JENIS MEREK DETERJEN DENGAN METODE BIPLOT DAN MARKOV CHAIN UNTUK MENELAAH PERILAKU KONSUMEN (Studi Kasus : Sartika Swalayan, Jl. Sukowati, Gemolong - Sragen)
title ANALISA BRAND SWITCHING TERHADAP JENIS MEREK DETERJEN DENGAN METODE BIPLOT DAN MARKOV CHAIN UNTUK MENELAAH PERILAKU KONSUMEN (Studi Kasus : Sartika Swalayan, Jl. Sukowati, Gemolong - Sragen)
title_full ANALISA BRAND SWITCHING TERHADAP JENIS MEREK DETERJEN DENGAN METODE BIPLOT DAN MARKOV CHAIN UNTUK MENELAAH PERILAKU KONSUMEN (Studi Kasus : Sartika Swalayan, Jl. Sukowati, Gemolong - Sragen)
title_fullStr ANALISA BRAND SWITCHING TERHADAP JENIS MEREK DETERJEN DENGAN METODE BIPLOT DAN MARKOV CHAIN UNTUK MENELAAH PERILAKU KONSUMEN (Studi Kasus : Sartika Swalayan, Jl. Sukowati, Gemolong - Sragen)
title_full_unstemmed ANALISA BRAND SWITCHING TERHADAP JENIS MEREK DETERJEN DENGAN METODE BIPLOT DAN MARKOV CHAIN UNTUK MENELAAH PERILAKU KONSUMEN (Studi Kasus : Sartika Swalayan, Jl. Sukowati, Gemolong - Sragen)
title_short ANALISA BRAND SWITCHING TERHADAP JENIS MEREK DETERJEN DENGAN METODE BIPLOT DAN MARKOV CHAIN UNTUK MENELAAH PERILAKU KONSUMEN (Studi Kasus : Sartika Swalayan, Jl. Sukowati, Gemolong - Sragen)
title_sort analisa brand switching terhadap jenis merek deterjen dengan metode biplot dan markov chain untuk menelaah perilaku konsumen studi kasus sartika swalayan jl sukowati gemolong sragen
topic TS Manufactures
url https://eprints.ums.ac.id/12311/
work_keys_str_mv AT romadhonarezhalatif analisabrandswitchingterhadapjenismerekdeterjendenganmetodebiplotdanmarkovchainuntukmenelaahperilakukonsumenstudikasussartikaswalayanjlsukowatigemolongsragen