PENGEMBANGAN DESAIN GITAR ELEKTRIK BERDASARKAN CITRA (IMAGE) KONSUMEN DENGAN METODE KANSEI ENGINEERING SYSTE (KES)

Perkembangan Era Industri sedang mengalami perubahan, dari konsep productout menuju konsep market-in. Pada Market-in atau produksi customer- oriented, para konsumen cenderung memilih produk berdasarkan keinginan mereke semata. Dalam hal ini image konsumen sangatlah penting sebagai faktor...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: JATMIKO, SONY
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12306/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995575224991744
author JATMIKO, SONY
author_facet JATMIKO, SONY
author_sort JATMIKO, SONY
collection ePrints
description Perkembangan Era Industri sedang mengalami perubahan, dari konsep productout menuju konsep market-in. Pada Market-in atau produksi customer- oriented, para konsumen cenderung memilih produk berdasarkan keinginan mereke semata. Dalam hal ini image konsumen sangatlah penting sebagai faktor penentu dalam pengembangan desain produk. Desain menentukan nilai jual dari suatu produk. Obyek dari penelitian ini adalah Gitar Elektrik mode alami dan para penguji Kansei tersebut adalah Mahasiswa dan Pelajar atau ABG sebagai target utama dari produk tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh Kansei word dari metode Kansei Engineering ini atau membandingkan actual dengan hasil analisa conjoint sehingga didapatkan spesifikasi produk yang disukai konsumen dalam hal ini adalah responden. Dari 35 penguji, peneliti mendapatkan 6 kansei word untuk kepala gitar dan leher gitar, serta 8 Kansei Word untuk badan gitar. Tingkat nilai kepentingan responden memilih item kategori yang melekat pada sampel pada masing – masing kansei word dapat dilihat pada nilai utility estimate dari hasil analisa conjioint, yang merupakan kunci dari pemilihan item sebagai komponen – komponen desain untuk nanti dimasukan kedalam persamaan regresi. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan desain dalam bentuk persamaan regresi yang dikonstruksi oleh nilai pengujian dari image konsumen dan desain komponen gitar elektrik yang disukai konsumen (responden).
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12306
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12306 https://eprints.ums.ac.id/12306/ PENGEMBANGAN DESAIN GITAR ELEKTRIK BERDASARKAN CITRA (IMAGE) KONSUMEN DENGAN METODE KANSEI ENGINEERING SYSTE (KES) JATMIKO, SONY TS Manufactures Perkembangan Era Industri sedang mengalami perubahan, dari konsep productout menuju konsep market-in. Pada Market-in atau produksi customer- oriented, para konsumen cenderung memilih produk berdasarkan keinginan mereke semata. Dalam hal ini image konsumen sangatlah penting sebagai faktor penentu dalam pengembangan desain produk. Desain menentukan nilai jual dari suatu produk. Obyek dari penelitian ini adalah Gitar Elektrik mode alami dan para penguji Kansei tersebut adalah Mahasiswa dan Pelajar atau ABG sebagai target utama dari produk tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh Kansei word dari metode Kansei Engineering ini atau membandingkan actual dengan hasil analisa conjoint sehingga didapatkan spesifikasi produk yang disukai konsumen dalam hal ini adalah responden. Dari 35 penguji, peneliti mendapatkan 6 kansei word untuk kepala gitar dan leher gitar, serta 8 Kansei Word untuk badan gitar. Tingkat nilai kepentingan responden memilih item kategori yang melekat pada sampel pada masing – masing kansei word dapat dilihat pada nilai utility estimate dari hasil analisa conjioint, yang merupakan kunci dari pemilihan item sebagai komponen – komponen desain untuk nanti dimasukan kedalam persamaan regresi. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan desain dalam bentuk persamaan regresi yang dikonstruksi oleh nilai pengujian dari image konsumen dan desain komponen gitar elektrik yang disukai konsumen (responden). 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12306/1/Halaman_Judul.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12306/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12306/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12306/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12306/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12306/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12306/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12306/8/Lampiran.pdf JATMIKO, SONY (2011) PENGEMBANGAN DESAIN GITAR ELEKTRIK BERDASARKAN CITRA (IMAGE) KONSUMEN DENGAN METODE KANSEI ENGINEERING SYSTE (KES). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. D600020161
spellingShingle TS Manufactures
JATMIKO, SONY
PENGEMBANGAN DESAIN GITAR ELEKTRIK BERDASARKAN CITRA (IMAGE) KONSUMEN DENGAN METODE KANSEI ENGINEERING SYSTE (KES)
title PENGEMBANGAN DESAIN GITAR ELEKTRIK BERDASARKAN CITRA (IMAGE) KONSUMEN DENGAN METODE KANSEI ENGINEERING SYSTE (KES)
title_full PENGEMBANGAN DESAIN GITAR ELEKTRIK BERDASARKAN CITRA (IMAGE) KONSUMEN DENGAN METODE KANSEI ENGINEERING SYSTE (KES)
title_fullStr PENGEMBANGAN DESAIN GITAR ELEKTRIK BERDASARKAN CITRA (IMAGE) KONSUMEN DENGAN METODE KANSEI ENGINEERING SYSTE (KES)
title_full_unstemmed PENGEMBANGAN DESAIN GITAR ELEKTRIK BERDASARKAN CITRA (IMAGE) KONSUMEN DENGAN METODE KANSEI ENGINEERING SYSTE (KES)
title_short PENGEMBANGAN DESAIN GITAR ELEKTRIK BERDASARKAN CITRA (IMAGE) KONSUMEN DENGAN METODE KANSEI ENGINEERING SYSTE (KES)
title_sort pengembangan desain gitar elektrik berdasarkan citra image konsumen dengan metode kansei engineering syste kes
topic TS Manufactures
url https://eprints.ums.ac.id/12306/
work_keys_str_mv AT jatmikosony pengembangandesaingitarelektrikberdasarkancitraimagekonsumendenganmetodekanseiengineeringsystekes