EVALUASI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT) (Kantor Pos Cabang Wonogiri)

Kantor pos merupakan penyedia pelayanan jasa pengiriman dokumen dan barang. Untuk itu sebuah kantor pos harus mampu memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggannya. Hal ini dilakukan agar sebuah kantor pos mampu bersaing dengan jasa-jasa sejenis. Upaya peningkatan kinerja pelayanan. Tu...

Descripció completa

Guardat en:
Dades bibliogràfiques
Autor principal: NUGROHO , ADYTIO
Format: Thesis
Idioma:English
English
English
English
English
English
English
English
Publicat: 2011
Matèries:
Accés en línia:https://eprints.ums.ac.id/12305/
Etiquetes: Afegir etiqueta
Sense etiquetes, Sigues el primer a etiquetar aquest registre!
_version_ 1804995574938730496
author NUGROHO , ADYTIO
author_facet NUGROHO , ADYTIO
author_sort NUGROHO , ADYTIO
collection ePrints
description Kantor pos merupakan penyedia pelayanan jasa pengiriman dokumen dan barang. Untuk itu sebuah kantor pos harus mampu memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggannya. Hal ini dilakukan agar sebuah kantor pos mampu bersaing dengan jasa-jasa sejenis. Upaya peningkatan kinerja pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mutu pelayanan serta apa yang menjadi keinginan pelanggan untuk dapat meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan di Kantor Pos Cabang Wonogiri Kota. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka dan penyebaran kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis metode Quality Function Deployment tahap 3 guna mengetahui atribut-atribut pelayanan jasa yang diinginkan. Hasil dari penelitian pada kantor pos cabang Wonogiri kota dengan menggunakan QFD, didapatkan 25 atribut pelayanan jasa yang diinginkan oleh pelanggan dan diterjemahkan ke dalam 7 parameter teknik dalam House of Quality (HOQ) tahap 1. Matrik HOQ tahap 2 menggambarkan bagaimana 7 parameter teknik tersebut dijabarkan menjadi 5 kebutuhan proses oleh manajemen kantor pos dan HOQ tahap 3 menerjemahkan 5 kebutuhan proses menjadi 14 prosedur kualitas beserta urutan prioritasnya. Urutan prioritas prosedur kualitas inilah yang menjadi pedoman dalam pengembangan pelayanan jasa kantor pos agar sesuai dengan harapan pelanggan.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12305
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12305 https://eprints.ums.ac.id/12305/ EVALUASI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT) (Kantor Pos Cabang Wonogiri) NUGROHO , ADYTIO TS Manufactures Kantor pos merupakan penyedia pelayanan jasa pengiriman dokumen dan barang. Untuk itu sebuah kantor pos harus mampu memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggannya. Hal ini dilakukan agar sebuah kantor pos mampu bersaing dengan jasa-jasa sejenis. Upaya peningkatan kinerja pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mutu pelayanan serta apa yang menjadi keinginan pelanggan untuk dapat meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan di Kantor Pos Cabang Wonogiri Kota. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka dan penyebaran kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis metode Quality Function Deployment tahap 3 guna mengetahui atribut-atribut pelayanan jasa yang diinginkan. Hasil dari penelitian pada kantor pos cabang Wonogiri kota dengan menggunakan QFD, didapatkan 25 atribut pelayanan jasa yang diinginkan oleh pelanggan dan diterjemahkan ke dalam 7 parameter teknik dalam House of Quality (HOQ) tahap 1. Matrik HOQ tahap 2 menggambarkan bagaimana 7 parameter teknik tersebut dijabarkan menjadi 5 kebutuhan proses oleh manajemen kantor pos dan HOQ tahap 3 menerjemahkan 5 kebutuhan proses menjadi 14 prosedur kualitas beserta urutan prioritasnya. Urutan prioritas prosedur kualitas inilah yang menjadi pedoman dalam pengembangan pelayanan jasa kantor pos agar sesuai dengan harapan pelanggan. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12305/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12305/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12305/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12305/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12305/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12305/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12305/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12305/8/LAMPIRAN.pdf NUGROHO , ADYTIO (2011) EVALUASI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT) (Kantor Pos Cabang Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. D600020052
spellingShingle TS Manufactures
NUGROHO , ADYTIO
EVALUASI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT) (Kantor Pos Cabang Wonogiri)
title EVALUASI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT) (Kantor Pos Cabang Wonogiri)
title_full EVALUASI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT) (Kantor Pos Cabang Wonogiri)
title_fullStr EVALUASI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT) (Kantor Pos Cabang Wonogiri)
title_full_unstemmed EVALUASI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT) (Kantor Pos Cabang Wonogiri)
title_short EVALUASI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT) (Kantor Pos Cabang Wonogiri)
title_sort evaluasi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan menggunakan metode qfd quality function deployment kantor pos cabang wonogiri
topic TS Manufactures
url https://eprints.ums.ac.id/12305/
work_keys_str_mv AT nugrohoadytio evaluasikualitaspelayananterhadapkepuasanpelangganmenggunakanmetodeqfdqualityfunctiondeploymentkantorposcabangwonogiri