PENGARUH HEAT TREAMENT (QUENCHING, AGING, ANNEALING) TERHADAP PERUBAHAN SIFAT FISIS DAN MEKANIS POROS RODA GIGI REDUSER TYPE CCM, CEA, TKB
Untuk meningkatkan kekuatan mekanis poros roda gigi dilakukan proses heat treatment. Tujuan penelitian tentang pengaruh heat treatment (quenching, aging dan annealing) pada poros roda gigi reduser ini untuk mengetauhi komposisi bahan, struktur mikro dan kekerasan pada pada poros roda gigi reduser t...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12240/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995557398151168 |
---|---|
author | RHIFAI, ROHMAN |
author_facet | RHIFAI, ROHMAN |
author_sort | RHIFAI, ROHMAN |
collection | ePrints |
description | Untuk meningkatkan kekuatan mekanis poros roda gigi dilakukan proses heat treatment. Tujuan penelitian tentang pengaruh heat treatment (quenching, aging dan annealing) pada poros roda gigi reduser ini untuk mengetauhi komposisi bahan, struktur mikro dan kekerasan pada pada poros
roda gigi reduser type CCM, CEA dan TKB. Bahan yang dipakai pada penelitian ini berupa poros pinion dan poros roda gigi cacing reduser type CCM, CEA dan TKB. Pada spesimen
dilakukan proses heat treatment dengan memanaskan spesimen pada elektri trance (tungku) pada suhu 950° C selama 1 jam, lalu di quenching dengan air, setelah itu spesimen yang lain di aging dalam suhu kamar dan dibiarkan selama 24 jam dan setelah itu di annealing dengan cara didinginkan secara
alami dengan media angin selama 24 jam. Pengujian yang dilakukan antara lain uji komposisi kimia, struktur mikro dan kekerasan. Dari uji komposisi kimia diketauhi bahan poros pinion dan poros roda gigi cacing type CCM, CEA dan TKB adalah baja mangan (Mn), dimana unsur yang dominan pada poros pinion type CCM, CEA dan TKB mangan (Mn) 0,5977%, 0,5630% dan 0,7665%. Sedangkan pada poros roda gigi
cacing type CCM, CEA dan TKB mangan (Mn) 0,7100%, 0,9225% dan 0,9640%. Pada struktur mikro ditemukan fasa ferit, perlit dan austenit sisa. Pada uji poros pinion type CCM mengalami penurunan quenching 386,4 Kg/mm2 , aging 88,1 Kg/mm2 dan annealing 78,5 Kg/mm2 Type CEA quenching
345,2 Kg/mm2 , aging 102,6 Kg/mm2 dan annealing 214 Kg/mm2. Type TKB quenching 111,9 Kg/mm2 , aging 107,4 Kg/mm2 dan annealing 130 Kg/mm2 Pada uji kekerasan poros roda gigi cacing type CCM, raw material 33,1 Kg/mm2, quenching 131,9 Kg/mm2 , aging 145,5 Kg/mm2 dan annealing 130,2
Kg/mm2. Type CEA raw material 291,1 Kg/mm2, quenching 301,2 Kg/mm2 , aging 138 Kg/mm2 dan annealing 219,9 Kg/mm2. Type TKB raw material 269,1 Kg/mm2, quenching 139,7 Kg/mm2 , aging 66,1 Kg/mm2 dan annealing 130 Kg/mm2. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:12240 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:12240 https://eprints.ums.ac.id/12240/ PENGARUH HEAT TREAMENT (QUENCHING, AGING, ANNEALING) TERHADAP PERUBAHAN SIFAT FISIS DAN MEKANIS POROS RODA GIGI REDUSER TYPE CCM, CEA, TKB RHIFAI, ROHMAN TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics Untuk meningkatkan kekuatan mekanis poros roda gigi dilakukan proses heat treatment. Tujuan penelitian tentang pengaruh heat treatment (quenching, aging dan annealing) pada poros roda gigi reduser ini untuk mengetauhi komposisi bahan, struktur mikro dan kekerasan pada pada poros roda gigi reduser type CCM, CEA dan TKB. Bahan yang dipakai pada penelitian ini berupa poros pinion dan poros roda gigi cacing reduser type CCM, CEA dan TKB. Pada spesimen dilakukan proses heat treatment dengan memanaskan spesimen pada elektri trance (tungku) pada suhu 950° C selama 1 jam, lalu di quenching dengan air, setelah itu spesimen yang lain di aging dalam suhu kamar dan dibiarkan selama 24 jam dan setelah itu di annealing dengan cara didinginkan secara alami dengan media angin selama 24 jam. Pengujian yang dilakukan antara lain uji komposisi kimia, struktur mikro dan kekerasan. Dari uji komposisi kimia diketauhi bahan poros pinion dan poros roda gigi cacing type CCM, CEA dan TKB adalah baja mangan (Mn), dimana unsur yang dominan pada poros pinion type CCM, CEA dan TKB mangan (Mn) 0,5977%, 0,5630% dan 0,7665%. Sedangkan pada poros roda gigi cacing type CCM, CEA dan TKB mangan (Mn) 0,7100%, 0,9225% dan 0,9640%. Pada struktur mikro ditemukan fasa ferit, perlit dan austenit sisa. Pada uji poros pinion type CCM mengalami penurunan quenching 386,4 Kg/mm2 , aging 88,1 Kg/mm2 dan annealing 78,5 Kg/mm2 Type CEA quenching 345,2 Kg/mm2 , aging 102,6 Kg/mm2 dan annealing 214 Kg/mm2. Type TKB quenching 111,9 Kg/mm2 , aging 107,4 Kg/mm2 dan annealing 130 Kg/mm2 Pada uji kekerasan poros roda gigi cacing type CCM, raw material 33,1 Kg/mm2, quenching 131,9 Kg/mm2 , aging 145,5 Kg/mm2 dan annealing 130,2 Kg/mm2. Type CEA raw material 291,1 Kg/mm2, quenching 301,2 Kg/mm2 , aging 138 Kg/mm2 dan annealing 219,9 Kg/mm2. Type TKB raw material 269,1 Kg/mm2, quenching 139,7 Kg/mm2 , aging 66,1 Kg/mm2 dan annealing 130 Kg/mm2. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12240/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12240/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12240/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12240/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12240/9/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12240/15/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12240/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12240/22/LAMPIRAN.pdf RHIFAI, ROHMAN (2011) PENGARUH HEAT TREAMENT (QUENCHING, AGING, ANNEALING) TERHADAP PERUBAHAN SIFAT FISIS DAN MEKANIS POROS RODA GIGI REDUSER TYPE CCM, CEA, TKB. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. D200050011 |
spellingShingle | TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics RHIFAI, ROHMAN PENGARUH HEAT TREAMENT (QUENCHING, AGING, ANNEALING) TERHADAP PERUBAHAN SIFAT FISIS DAN MEKANIS POROS RODA GIGI REDUSER TYPE CCM, CEA, TKB |
title | PENGARUH HEAT TREAMENT (QUENCHING, AGING, ANNEALING) TERHADAP PERUBAHAN SIFAT FISIS DAN MEKANIS POROS RODA GIGI REDUSER TYPE CCM, CEA, TKB |
title_full | PENGARUH HEAT TREAMENT (QUENCHING, AGING, ANNEALING) TERHADAP PERUBAHAN SIFAT FISIS DAN MEKANIS POROS RODA GIGI REDUSER TYPE CCM, CEA, TKB |
title_fullStr | PENGARUH HEAT TREAMENT (QUENCHING, AGING, ANNEALING) TERHADAP PERUBAHAN SIFAT FISIS DAN MEKANIS POROS RODA GIGI REDUSER TYPE CCM, CEA, TKB |
title_full_unstemmed | PENGARUH HEAT TREAMENT (QUENCHING, AGING, ANNEALING) TERHADAP PERUBAHAN SIFAT FISIS DAN MEKANIS POROS RODA GIGI REDUSER TYPE CCM, CEA, TKB |
title_short | PENGARUH HEAT TREAMENT (QUENCHING, AGING, ANNEALING) TERHADAP PERUBAHAN SIFAT FISIS DAN MEKANIS POROS RODA GIGI REDUSER TYPE CCM, CEA, TKB |
title_sort | pengaruh heat treament quenching aging annealing terhadap perubahan sifat fisis dan mekanis poros roda gigi reduser type ccm cea tkb |
topic | TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
url | https://eprints.ums.ac.id/12240/ |
work_keys_str_mv | AT rhifairohman pengaruhheattreamentquenchingagingannealingterhadapperubahansifatfisisdanmekanisporosrodagigiredusertypeccmceatkb |