SIFAT FISIS DAN MEKANIS MATERIAL REL KERETA API

Penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui kualitas dari rel kereta api. Sebagai objek penelitian dalam kesempatan ini adalah rel kereta api yang didapat dari bengkel kereta api Balapan Solo. Adapun evaluasi kualitas yang dilakukan meliputi pengujian kekerasan, pengujian komposisi, pengujian...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: PUTRANTO, BESUS DWI
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/12237/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui kualitas dari rel kereta api. Sebagai objek penelitian dalam kesempatan ini adalah rel kereta api yang didapat dari bengkel kereta api Balapan Solo. Adapun evaluasi kualitas yang dilakukan meliputi pengujian kekerasan, pengujian komposisi, pengujian tarik serta pengamatan struktur mikro. Setelah material dasar dikenakan pekerjaan awal, seperti pembuatan spesimen uji, dipersiapkan sedemikian rupa kemudian benda diuji dengan alat pengujian untuk masing-masing pengujian. Dari hasil pengujian kekerasan didapatkan dengan harga kekerasan rata-rata dari rel kereta api adalah 281,7 HVN. Harga komposisi rata-rata dari rel kereta api sendiri sebesar 588,4 % Sedangkan kekuatan tarik rata-rata dari rel kereta api sebesar 0,04 Newton/mm² Foto struktur mikro diambil dengan pembesaran 100 X, dan 200 X. Dari angka-angka hasil pengujian diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa rel kereta api mempunyai keuletan dan ketangguhan yang tinggi.