PENELETIAN PEMBUATAN REM KOMPOSIT KERETA API MENGGUNAKAN SERBUK PASIR BESI NON FERRO DAN SERAT KULIT KELAPA

Tujuan penelitian pembuatan rem komposit kereta api menggunakan pasir besi non ferro ini untuk mengetahui keausan bahan komposit rem kereta api, mengetahui kekerasan bahan komposit kereta api dan mengetahui sifat fisis bahan komposit dengan foto struktur mikro. Bahan yang digunakan dalam penelitian...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PURWANTO, PURWANTO
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12236/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995556582359040
author PURWANTO, PURWANTO
author_facet PURWANTO, PURWANTO
author_sort PURWANTO, PURWANTO
collection ePrints
description Tujuan penelitian pembuatan rem komposit kereta api menggunakan pasir besi non ferro ini untuk mengetahui keausan bahan komposit rem kereta api, mengetahui kekerasan bahan komposit kereta api dan mengetahui sifat fisis bahan komposit dengan foto struktur mikro. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah serbuk pasir besi non ferro sebagai penyusun dengan variasi mesh 60,80,100 menggantikan bahan logam agar mengurangi kerusakan roda kereta api dan tidak memercikan api saat pengereman. Serat kulit buah kelapa (serat sabut kelapa) sebagai penguat, serat ini dibersihkan dengan air panas dan alkohol 70% bertujuan untuk memisahkan serat dengan gabus, serat ini menngantikan asbes karena asbes tidak ramah lingkungan, dan sebagai bahan pengikat menggunakan epoxy resin. Dicetak dengan kompaksi 50Kg/cm2 selama 15 menit. Disintering dengan suhu 250 oC pada ruang pemanas selama 60 menit. Dengan uji kekerasan Brinell (DIN 50-351), uji keausan Ogoshi Type OAT-U (SNI 2417 : 2008) dan foto struktur mikro Dari hasil uji spesimen dengan pencucian serat menggunakan air panas didapat harga kekerasan (HB) dan keausan (Ws) untuk Mesh 60 diperoleh HB 14,687 Kg/mm2, Ws 29x10-7 mm2/Kg. Mesh 80 HB 11,339Kg/mm2, Ws 36x10-7 mm2/Kg. Mesh 100 diperoleh HB 11,177 Kg/mm2, Ws 388x10-7 mm2/Kg. Hasil uji spesimen dengan pencucian serat menggunakan alkohol 70% adalah Mesh 60 diperoleh HB 15,512 Kg/mm2, Ws 272x10-7 mm2/Kg. Mesh 80 HB 12,246Kg/mm2, Ws 30x10-7 mm2/Kg. Mesh 100 diperoleh HB 12,024 Kg/mm2, Ws 36x10-7 mm2/Kg. Dan kampas rem merk Fituris sebagai pembanding HB 9,903 Kg/mm2, Ws 37x10-6 mm2/Kg.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12236
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12236 https://eprints.ums.ac.id/12236/ PENELETIAN PEMBUATAN REM KOMPOSIT KERETA API MENGGUNAKAN SERBUK PASIR BESI NON FERRO DAN SERAT KULIT KELAPA PURWANTO, PURWANTO TJ Mechanical engineering and machinery Tujuan penelitian pembuatan rem komposit kereta api menggunakan pasir besi non ferro ini untuk mengetahui keausan bahan komposit rem kereta api, mengetahui kekerasan bahan komposit kereta api dan mengetahui sifat fisis bahan komposit dengan foto struktur mikro. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah serbuk pasir besi non ferro sebagai penyusun dengan variasi mesh 60,80,100 menggantikan bahan logam agar mengurangi kerusakan roda kereta api dan tidak memercikan api saat pengereman. Serat kulit buah kelapa (serat sabut kelapa) sebagai penguat, serat ini dibersihkan dengan air panas dan alkohol 70% bertujuan untuk memisahkan serat dengan gabus, serat ini menngantikan asbes karena asbes tidak ramah lingkungan, dan sebagai bahan pengikat menggunakan epoxy resin. Dicetak dengan kompaksi 50Kg/cm2 selama 15 menit. Disintering dengan suhu 250 oC pada ruang pemanas selama 60 menit. Dengan uji kekerasan Brinell (DIN 50-351), uji keausan Ogoshi Type OAT-U (SNI 2417 : 2008) dan foto struktur mikro Dari hasil uji spesimen dengan pencucian serat menggunakan air panas didapat harga kekerasan (HB) dan keausan (Ws) untuk Mesh 60 diperoleh HB 14,687 Kg/mm2, Ws 29x10-7 mm2/Kg. Mesh 80 HB 11,339Kg/mm2, Ws 36x10-7 mm2/Kg. Mesh 100 diperoleh HB 11,177 Kg/mm2, Ws 388x10-7 mm2/Kg. Hasil uji spesimen dengan pencucian serat menggunakan alkohol 70% adalah Mesh 60 diperoleh HB 15,512 Kg/mm2, Ws 272x10-7 mm2/Kg. Mesh 80 HB 12,246Kg/mm2, Ws 30x10-7 mm2/Kg. Mesh 100 diperoleh HB 12,024 Kg/mm2, Ws 36x10-7 mm2/Kg. Dan kampas rem merk Fituris sebagai pembanding HB 9,903 Kg/mm2, Ws 37x10-6 mm2/Kg. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12236/1/A_cover.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12236/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12236/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12236/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12236/5/bab_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12236/6/bab_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12236/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12236/8/LAMPIRAN.pdf PURWANTO, PURWANTO (2011) PENELETIAN PEMBUATAN REM KOMPOSIT KERETA API MENGGUNAKAN SERBUK PASIR BESI NON FERRO DAN SERAT KULIT KELAPA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. D200040100
spellingShingle TJ Mechanical engineering and machinery
PURWANTO, PURWANTO
PENELETIAN PEMBUATAN REM KOMPOSIT KERETA API MENGGUNAKAN SERBUK PASIR BESI NON FERRO DAN SERAT KULIT KELAPA
title PENELETIAN PEMBUATAN REM KOMPOSIT KERETA API MENGGUNAKAN SERBUK PASIR BESI NON FERRO DAN SERAT KULIT KELAPA
title_full PENELETIAN PEMBUATAN REM KOMPOSIT KERETA API MENGGUNAKAN SERBUK PASIR BESI NON FERRO DAN SERAT KULIT KELAPA
title_fullStr PENELETIAN PEMBUATAN REM KOMPOSIT KERETA API MENGGUNAKAN SERBUK PASIR BESI NON FERRO DAN SERAT KULIT KELAPA
title_full_unstemmed PENELETIAN PEMBUATAN REM KOMPOSIT KERETA API MENGGUNAKAN SERBUK PASIR BESI NON FERRO DAN SERAT KULIT KELAPA
title_short PENELETIAN PEMBUATAN REM KOMPOSIT KERETA API MENGGUNAKAN SERBUK PASIR BESI NON FERRO DAN SERAT KULIT KELAPA
title_sort peneletian pembuatan rem komposit kereta api menggunakan serbuk pasir besi non ferro dan serat kulit kelapa
topic TJ Mechanical engineering and machinery
url https://eprints.ums.ac.id/12236/
work_keys_str_mv AT purwantopurwanto peneletianpembuatanremkompositkeretaapimenggunakanserbukpasirbesinonferrodanseratkulitkelapa