Analisis Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Surakarta Berdasarkan Kualitas Sarana dan Pelayanan di Kampus
Mahasiswa Fakultas Ekonomi Progdi Manajemen seringkali mengeluh tentang kualitas sarana dan pelayanan yang diberikan oleh fakultas. Mahasiswa merasakan bahwa pelayanan Fakultas Ekonomi jauh dari harapan mereka. Permasalahan dosen dalam ketepatan mengajar mahasiswanya, respon yang sang...
Shranjeno v:
Glavni avtor: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Jezik: | English English English English English English English English English English English English English English English |
Izdano: |
2011
|
Teme: | |
Online dostop: | https://eprints.ums.ac.id/12202/ |
Oznake: |
Označite
Brez oznak, prvi označite!
|
Izvleček: | Mahasiswa Fakultas Ekonomi Progdi Manajemen seringkali mengeluh
tentang kualitas sarana dan pelayanan yang diberikan oleh fakultas. Mahasiswa
merasakan bahwa pelayanan Fakultas Ekonomi jauh dari harapan mereka.
Permasalahan dosen dalam ketepatan mengajar mahasiswanya, respon yang
sangat lamban dari unsur-unsur fakultas menjadikan permasalahan mahasiswa
menjadi lebih komplek, kelengkapan peralatan perkuliahan yang tidak begitu
memadai, dan lain sebagainya. Dengan demikian perguruan tinggi dapat
meningkatkan kepuasan mahasiswa dengan cara meningkatkan kualitas sarana
dan pelayanan yang sudah bagus serta memperbaiki yang masih lemah. Prioritas
utama yang perlu diperhatikan kampus adalah kepuasan mahasiswa semaksimal
mungkin.
Dengan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah kualitas sarana dan pelayanan mempunyai pengaruh terhadap
kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi Progdi Manajemen Universitas
Muhammadiyah Surakarta.
Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Progdi
Manajemen UMS. Mahasiswa yang dijadikan sampel adalah mahasiswa aktif
Fakultas Ekonomi Progdi Manajemen UMS baik yang kuliah maupun yang
menyusun skripsi dan akan di lakukan secara Quota sampling. Pengumpulan data
menggunakan metode kuisioner. Data dikumpulkan dengan cara menyebar daftar
pertanyaan untuk mendapatkan data-data penilaian mahasiswa tentang kualitas
sarana dan pelayanan di kampus. Dalam menganalisa data yang telah ada tersebut,
penulis menggunakan data kuantitatif yaitu data yang berwujud angka-angka
hitung, kemudian dari hasil perhitungan tersebut akan diketahui kesimpulan dari
analisa data tersebut. Analisa data kuantitatif yang digunakan meliputi uji validitas,
uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, koefisien determinasi (R2)
dan uji asumsi klasik.
Berdasarkan hasil analisa diperoleh hasil bahwa validitas instrumen
variabel kualitas sarana sebanyak 14 butir pertanyaan dapat diperoleh rhitung > rtabel
sebesar 0,176, ini berarti variabel kualitas sarana valid, validitas instrumen
variabel pelayanan sebanyak 9 butir pertanyaan dapat diperoleh rhitung > rtabel
sebesar 0,176, ini berarti variabel pelayanan valid, dan validitas instrumen
variabel kepuasan mahasiswa sebanyak 10 butir pertanyaan dapat diperoleh rhitung
> rtabel sebesar 0,176, ini berarti variabel kepuasan mahasiswa valid.
Dari hasil analisa menunjukkan koefisien reliabilitas (Alpha Cronbach)
adalah reliabel, artinya untuk semua pertanyaan dapat diandalkan/reliabel karena
melebihi ambang batas lebih besar dari Numally 0,60 (Imam Ghozali, 2002:132).
Sedangkan dari hasil analisis menggunakan regresi linear berganda diperoleh hasil
Y = 9,620 + 0,194X1 + 0,499X2 + e.
Dari perhitungan uji t variabel kualitas sarana diperoleh hasil dari thitung =
2,030 > ttabel = 1,98, maka Ho ditolak sehingga ada pengaruh yang signifikan
kualitas sarana terhadap kepuasan mahasiswa, sedangkan dari perhitungan variabel
pelayanan diperoleh hasil dari thitung = 3,797 > ttabel = 1,98, maka Ho ditolak sehingga
ada pengaruh yang signifikan pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa.
Hasil dari analisis uji F didapat Fhitung = 78,203 > Ftabel = 3,16, maka Ho
ditolak sehingga secara bersama-sama ada pengaruh yang signifikan kualitas
sarana (X1), pelayanan (X2), dan (X3) terhadap kepuasan mahasiswa.
Dari hasil perhitungan komputer program SPSS versi 12.00 diperoleh R2
= 0,562, ini dapat diartikan bahwa 56,2% perubahan/variasi Y (kepuasan
mahasiswa) dikarenakan oleh adanya perubahan/variasi variabel X (kualitas
sarana dan pelayanan).
Dari hasil uji asumsi klasik dapat diperoleh hasil dari uji normalitas bahwa
seluruh variabel berdistribusi normal sehingga pengujian dapat dilanjutkan,
sedangkan dari uji multikolinieritas didapat hasil VIF < 10, sehingga tidak terjadi
multikolinieritas, dan dari uji heteroskedastisitas didapat hasil bahwa thitung > ttabel,
sehingga H0 diterima dan tidak terjadi heteroskedasitas.
Kata kunci: kualitas, sarana, pelayanan, dan kepuasan.
|
---|