Analisis Perubahan Diameter Katup Terhadap Kinerja Motor Honda GL 100

Besarnya daya motor bakar sangat dipengaruhi oleh tenaga panas yang ditimbulkan oleh pembakaran di dalam ruang bakar. Tenaga panas akan mempunyai nilai panas yang tinggi bila pembakaran terjadi secara sempurna (bahan bakar keseluruhan). Faktor kesempurnaan pembakaran tergantung dari segi mekanis mo...

Descripció completa

Guardat en:
Dades bibliogràfiques
Autor principal: AZIZ, ABDUL
Format: Thesis
Idioma:English
English
English
English
English
English
English
English
Publicat: 2011
Matèries:
Accés en línia:https://eprints.ums.ac.id/12195/
Etiquetes: Afegir etiqueta
Sense etiquetes, Sigues el primer a etiquetar aquest registre!
_version_ 1804995545323798528
author AZIZ, ABDUL
author_facet AZIZ, ABDUL
author_sort AZIZ, ABDUL
collection ePrints
description Besarnya daya motor bakar sangat dipengaruhi oleh tenaga panas yang ditimbulkan oleh pembakaran di dalam ruang bakar. Tenaga panas akan mempunyai nilai panas yang tinggi bila pembakaran terjadi secara sempurna (bahan bakar keseluruhan). Faktor kesempurnaan pembakaran tergantung dari segi mekanis motor bakar dan sifat fisis bahan bakar. Yang merupakan sifat mekanis motor bakar antara lain adalah katup. Mekanisme katup pada motor bakar berfungsi mengatur masuk dan keluarnya gas untuk proses pembakaran didalam silinder. Salah satu hal yang mempengaruhi kinerja katup adalah dimensi (diameter) katup. Semakin besar diameter katup, maka konsumsi gas yang dihisap pada proses pembakaran akan semakin besar pula dan sebaliknya. Untuk mengetahui pengaruh variasi katup dengan variasi bahan bakar terhadap konsumsi bahan bakar dan daya motor, maka dilakukan penelitian terhadap motor bakar. Objek yang digunakan adalah sepeda motor 4 langkah merk honda GL100. Pengujian dilakukan secara bergantian untuk masing-masing katup dan variasi bahan bakar guna memperoleh perbandingan torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar spesifik pada tingkat putaran mesin 5000-10000 rpm, dengan menggunakan dynotest seri V3.3 Rextor Pro Dyno jenis Inertia dynamometer di Laboratorium Mototech Yogyakarta. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa pada putaran (rpm) awal penelitian 6000 rpm, variasi katup racing menghasilkan daya (P) dan torsi (T) yang lebih besar daripada katup standart dan rata-rata pada masingmasing katup, nilai tertinggi torsi terjadi pada putaran awal 6000 rpm sedangkan nilai tertinggi daya terjadi pada kisaran 8000 rpm. Untuk nilai bahan bakar spesifik, pada penelitian didapatkan hasil yang variatif hampir sama antara masing-masing variasi katup.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12195
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12195 https://eprints.ums.ac.id/12195/ Analisis Perubahan Diameter Katup Terhadap Kinerja Motor Honda GL 100 AZIZ, ABDUL TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics Besarnya daya motor bakar sangat dipengaruhi oleh tenaga panas yang ditimbulkan oleh pembakaran di dalam ruang bakar. Tenaga panas akan mempunyai nilai panas yang tinggi bila pembakaran terjadi secara sempurna (bahan bakar keseluruhan). Faktor kesempurnaan pembakaran tergantung dari segi mekanis motor bakar dan sifat fisis bahan bakar. Yang merupakan sifat mekanis motor bakar antara lain adalah katup. Mekanisme katup pada motor bakar berfungsi mengatur masuk dan keluarnya gas untuk proses pembakaran didalam silinder. Salah satu hal yang mempengaruhi kinerja katup adalah dimensi (diameter) katup. Semakin besar diameter katup, maka konsumsi gas yang dihisap pada proses pembakaran akan semakin besar pula dan sebaliknya. Untuk mengetahui pengaruh variasi katup dengan variasi bahan bakar terhadap konsumsi bahan bakar dan daya motor, maka dilakukan penelitian terhadap motor bakar. Objek yang digunakan adalah sepeda motor 4 langkah merk honda GL100. Pengujian dilakukan secara bergantian untuk masing-masing katup dan variasi bahan bakar guna memperoleh perbandingan torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar spesifik pada tingkat putaran mesin 5000-10000 rpm, dengan menggunakan dynotest seri V3.3 Rextor Pro Dyno jenis Inertia dynamometer di Laboratorium Mototech Yogyakarta. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa pada putaran (rpm) awal penelitian 6000 rpm, variasi katup racing menghasilkan daya (P) dan torsi (T) yang lebih besar daripada katup standart dan rata-rata pada masingmasing katup, nilai tertinggi torsi terjadi pada putaran awal 6000 rpm sedangkan nilai tertinggi daya terjadi pada kisaran 8000 rpm. Untuk nilai bahan bakar spesifik, pada penelitian didapatkan hasil yang variatif hampir sama antara masing-masing variasi katup. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12195/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12195/2/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12195/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12195/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12195/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12195/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12195/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12195/8/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf AZIZ, ABDUL (2011) Analisis Perubahan Diameter Katup Terhadap Kinerja Motor Honda GL 100. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. D200020112
spellingShingle TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
AZIZ, ABDUL
Analisis Perubahan Diameter Katup Terhadap Kinerja Motor Honda GL 100
title Analisis Perubahan Diameter Katup Terhadap Kinerja Motor Honda GL 100
title_full Analisis Perubahan Diameter Katup Terhadap Kinerja Motor Honda GL 100
title_fullStr Analisis Perubahan Diameter Katup Terhadap Kinerja Motor Honda GL 100
title_full_unstemmed Analisis Perubahan Diameter Katup Terhadap Kinerja Motor Honda GL 100
title_short Analisis Perubahan Diameter Katup Terhadap Kinerja Motor Honda GL 100
title_sort analisis perubahan diameter katup terhadap kinerja motor honda gl 100
topic TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
url https://eprints.ums.ac.id/12195/
work_keys_str_mv AT azizabdul analisisperubahandiameterkatupterhadapkinerjamotorhondagl100