KAJIAN ON STREET PARKING HUBUNGANNYA DENGAN PENDAPATAN ASLI DAERAH ( Studi Kasus Perparkiran Kota Salatiga )

Pengelolaan buruk dan hanya memperhatikan keuntungan bagi daerah saja tanpa memperdulikan fungsi jalan merupakan permasalahan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: gambaran umum pertumbuhan dan kontribusi, kondisi pemungutan retribusi on street parking, serta besar po...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: SUTRISNO , AGUS
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/12177/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Pengelolaan buruk dan hanya memperhatikan keuntungan bagi daerah saja tanpa memperdulikan fungsi jalan merupakan permasalahan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: gambaran umum pertumbuhan dan kontribusi, kondisi pemungutan retribusi on street parking, serta besar potensi retribusi on street parking yang memberi kontribusi bagi pendapatan asli daerah kota Salatiga. Penelitian ini menggunakan adalah data sekunder dari PAD (Pendapatan Asli Daerah) tahun 2006-2009 dan data primer yang diperoleh dari survai langsung dari lokasi pemungutan retribusi parkir. Indikator analisis diskriptif PAD adalah matrik potensi, kinerja pertumbuhan, kinerja kontribusi, kolektif rasio dan analisis diskriptif eksesting dengan mengalikan frekuensi kendaraan masuk dengan tarif untuk menghitung potensi retribusi on street parking yang digunakan untuk pemasukan pendapatan asli daerah. Pengelolaan retribusi on street parking hubungannya dengan PAD sangat pontensial untuk dikembangkan, indikator tersebut dapat dilihat dengan analisis seperti pertumbuhan retribusi on street parking kota Salatiga mengalami peningkatan tiap tahunnya 8.26%, 60.32 %, 22.66%. Dilihat dari hasil kinerja kontribusi retribusi on street parking di kota Salatiga berjalan tidak stabil, masing- masing dari tahun 2006-2009 sebesar 0.71%, 0.69%, 0.89%, 0.95%. Untuk kolektifitas rasio retribusi on street parking sendiri, pada tahun 2007-2009 lebih besar dari 100 % berarti bahwa target yang telah ditentukan telah tercapai sehingga potensial untuk dilakukan punggutan tetapi pada tahun 2006 tidak tercapai hanya 92,48% saja, bila dilihat dari hasil perhitungan matrik potensi retribusi on street parking dalam katagori potensial pada tahun 2006 - 2007, dan pada tahun 2008 sampai 2009 termasuk dalam katagori berkembang. Berdasarkan pengamatan di lapangan pada tiga titik lokasi on street parking diterima pemerintah daerah mampu memberikan kontribusi yang cukup besar yaitu rata- rata perhari Rp42.144,00. Dengan melihat hasil pengamatan langsung besarnya pendapatan retribusi masih jauh dari yang seharusnya diterima, pemerintah dirasa perlu melakukan pemeriksaan dan pengawasan langsung ke lokasi pungutan terhadap kinerja para petugas pemungutan retribusi on street parking.