ANALISA TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA ANGKUTAN KA EKSEKUTIF DAN BISNIS (Studi Kasus : Kereta Api Lodaya Solo-Bandung)
Diindonesia angkutan KA cukup banyak, salah satunya adalah Kereta Api Lodaya jurusan Solo-Bandung yang menawarkan kelas eksekutif dan bisnis. Agar Kereta Api Lodaya selalu dapat memberikan yang terbaik maka, harus dapat mengetahui apa yang dianggap penggunajasa telah puas/tidak puas terhada...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12176/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995540638760960 |
---|---|
author | DARWANTO, DARWANTO |
author_facet | DARWANTO, DARWANTO |
author_sort | DARWANTO, DARWANTO |
collection | ePrints |
description | Diindonesia angkutan KA cukup banyak, salah satunya adalah Kereta Api
Lodaya jurusan Solo-Bandung yang menawarkan kelas eksekutif dan bisnis. Agar
Kereta Api Lodaya selalu dapat memberikan yang terbaik maka, harus dapat
mengetahui apa yang dianggap penggunajasa telah puas/tidak puas terhadap
pelayanan/atribut yang di sediakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
tingkat kepuasan penggunajasa terhadap fasilitas Kereta Api Lodaya.
Pengumpulan data dengan penyebaran kuisioner, setiap jawaban
pertanyaan berskala 1–5 atau disebut juga skala Likert. Kuisioner kelas eksekutif,
setelah di uji valid dan reliabilnya dari 16 variabel awal dari KA Lodaya diperoleh
11 variabel yang valid dengan penyebaran kuisioner sebanyak 180 kuisioner.
Kuisioner kelas bisnis, setelah di uji valid dan reliabilnya dari 17 variabel awal
dari KA Lodaya diperoleh 12 variabel yang valid dengan penyebaran kuisioner
sebanyak 250 kuisioner . Metode yang di gunakan adalah metode Analisa Faktor
dan metode Analisis antara Tingkat Kepentingan dan Kinerja (IPA)
Hasil penelitaian menggunakan metode analisa Faktor untuk Kelas
Eksekutif di dapatkan 2 komponen dominan yang mempengaruhi tingkat
kepuasan pengguna jasa kereta Api Lodaya, Komponen 1 sebesar 40,89%
meliputi X2, X8, X4, X3, X9, X7, X10, X5, Komponen 2 sebesar 15,70%
meliputi X11, X1, X6. Kelas Bisnis didapatkan 4 komponen dominan yang
mempengaruhi, Komponen 1 sebesar 16,94% meliputi X3, X4, X9, Komponen 2
sebesar 15,74% meliputi X11, X10, X12, X8, Komponen 3 sebesar 14,55%
meliputi X6, X7, X5 dan komponen 4 sebesar 11,75% meliputi X2, X1. Hasil
penelitaian menggunakan metode IPA, Kelas Eksekutif faktor yang menjadi
prioritas utama dan pengguna jasa tidak puas adalah X5, X6, X7, X9 dengan
bobot tingkat kepentingan sebesar 13,70% dan bobot tingkat kepuasanya sebesar
14,55%. Faktor yang telah sesuai sehingga memuaskan penumpang dan perlu di
pertahankan adalah X2, X3, X4, X8 dengan bobot tingkat kepentingan sebesar
16,04% dan bobot tingkat kepuasanya sebesar 14,60%. Faktor yang dianggap
pengguna jasa tidak puas dan kurang penting adalah X11 dengan bobot tingkat
kepentingan sebesar 3,47% dan bobot tingkat kepuasanya sebesar 2,54%. Faktor
yang dianggap pengguna jasa telah puas tetapi tidak begitu penting adalah X1,
X10 dengan bobot tingkat kepentingan sebesar 7,61% dan bobot tingkat
kepuasanya sebesar 6,32%. Kelas Bisnis faktor yang menjadi prioritas utama dan
pengguna jasa tidak puas adalah X5, X6, X7, X10 dengan bobot tingkat
kepentingan sebesar 13,70% dan bobot tingkat kepuasanya sebesar 14,55%.
Faktor yang telah sesuai sehingga memuaskan penumpang dan perlu di pertahankan adalah X1, X3, X4, X9 dengan bobot tingkat kepentingan sebesar
16,04% dan bobot tingkat kepuasanya sebesar 14,60%. Faktor yang dianggap
pengguna jasa tidak puas dan kurang penting adalah X11,X12 dengan bobot
tingkat kepentingan sebesar 3,47% dan bobot tingkat kepuasanya sebesar 2,54%.
Faktor yang dianggap pengguna jasa telah puas tetapi tidak begitu penting adalah
X2, X8 dengan bobot tingkat kepentingan sebesar 7,61% dan bobot tingkat
kepuasanya sebesar 6,32%. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:12176 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:12176 https://eprints.ums.ac.id/12176/ ANALISA TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA ANGKUTAN KA EKSEKUTIF DAN BISNIS (Studi Kasus : Kereta Api Lodaya Solo-Bandung) DARWANTO, DARWANTO TA Civil Engineering Diindonesia angkutan KA cukup banyak, salah satunya adalah Kereta Api Lodaya jurusan Solo-Bandung yang menawarkan kelas eksekutif dan bisnis. Agar Kereta Api Lodaya selalu dapat memberikan yang terbaik maka, harus dapat mengetahui apa yang dianggap penggunajasa telah puas/tidak puas terhadap pelayanan/atribut yang di sediakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan penggunajasa terhadap fasilitas Kereta Api Lodaya. Pengumpulan data dengan penyebaran kuisioner, setiap jawaban pertanyaan berskala 1–5 atau disebut juga skala Likert. Kuisioner kelas eksekutif, setelah di uji valid dan reliabilnya dari 16 variabel awal dari KA Lodaya diperoleh 11 variabel yang valid dengan penyebaran kuisioner sebanyak 180 kuisioner. Kuisioner kelas bisnis, setelah di uji valid dan reliabilnya dari 17 variabel awal dari KA Lodaya diperoleh 12 variabel yang valid dengan penyebaran kuisioner sebanyak 250 kuisioner . Metode yang di gunakan adalah metode Analisa Faktor dan metode Analisis antara Tingkat Kepentingan dan Kinerja (IPA) Hasil penelitaian menggunakan metode analisa Faktor untuk Kelas Eksekutif di dapatkan 2 komponen dominan yang mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna jasa kereta Api Lodaya, Komponen 1 sebesar 40,89% meliputi X2, X8, X4, X3, X9, X7, X10, X5, Komponen 2 sebesar 15,70% meliputi X11, X1, X6. Kelas Bisnis didapatkan 4 komponen dominan yang mempengaruhi, Komponen 1 sebesar 16,94% meliputi X3, X4, X9, Komponen 2 sebesar 15,74% meliputi X11, X10, X12, X8, Komponen 3 sebesar 14,55% meliputi X6, X7, X5 dan komponen 4 sebesar 11,75% meliputi X2, X1. Hasil penelitaian menggunakan metode IPA, Kelas Eksekutif faktor yang menjadi prioritas utama dan pengguna jasa tidak puas adalah X5, X6, X7, X9 dengan bobot tingkat kepentingan sebesar 13,70% dan bobot tingkat kepuasanya sebesar 14,55%. Faktor yang telah sesuai sehingga memuaskan penumpang dan perlu di pertahankan adalah X2, X3, X4, X8 dengan bobot tingkat kepentingan sebesar 16,04% dan bobot tingkat kepuasanya sebesar 14,60%. Faktor yang dianggap pengguna jasa tidak puas dan kurang penting adalah X11 dengan bobot tingkat kepentingan sebesar 3,47% dan bobot tingkat kepuasanya sebesar 2,54%. Faktor yang dianggap pengguna jasa telah puas tetapi tidak begitu penting adalah X1, X10 dengan bobot tingkat kepentingan sebesar 7,61% dan bobot tingkat kepuasanya sebesar 6,32%. Kelas Bisnis faktor yang menjadi prioritas utama dan pengguna jasa tidak puas adalah X5, X6, X7, X10 dengan bobot tingkat kepentingan sebesar 13,70% dan bobot tingkat kepuasanya sebesar 14,55%. Faktor yang telah sesuai sehingga memuaskan penumpang dan perlu di pertahankan adalah X1, X3, X4, X9 dengan bobot tingkat kepentingan sebesar 16,04% dan bobot tingkat kepuasanya sebesar 14,60%. Faktor yang dianggap pengguna jasa tidak puas dan kurang penting adalah X11,X12 dengan bobot tingkat kepentingan sebesar 3,47% dan bobot tingkat kepuasanya sebesar 2,54%. Faktor yang dianggap pengguna jasa telah puas tetapi tidak begitu penting adalah X2, X8 dengan bobot tingkat kepentingan sebesar 7,61% dan bobot tingkat kepuasanya sebesar 6,32%. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12176/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12176/2/BAB_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12176/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12176/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12176/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12176/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12176/7/BAB_VI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12176/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12176/9/LAMPIRAN.pdf DARWANTO, DARWANTO (2011) ANALISA TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA ANGKUTAN KA EKSEKUTIF DAN BISNIS (Studi Kasus : Kereta Api Lodaya Solo-Bandung). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. D100020066 |
spellingShingle | TA Civil Engineering DARWANTO, DARWANTO ANALISA TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA ANGKUTAN KA EKSEKUTIF DAN BISNIS (Studi Kasus : Kereta Api Lodaya Solo-Bandung) |
title | ANALISA TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA ANGKUTAN KA EKSEKUTIF DAN BISNIS (Studi Kasus : Kereta Api Lodaya Solo-Bandung)
|
title_full | ANALISA TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA ANGKUTAN KA EKSEKUTIF DAN BISNIS (Studi Kasus : Kereta Api Lodaya Solo-Bandung)
|
title_fullStr | ANALISA TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA ANGKUTAN KA EKSEKUTIF DAN BISNIS (Studi Kasus : Kereta Api Lodaya Solo-Bandung)
|
title_full_unstemmed | ANALISA TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA ANGKUTAN KA EKSEKUTIF DAN BISNIS (Studi Kasus : Kereta Api Lodaya Solo-Bandung)
|
title_short | ANALISA TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA ANGKUTAN KA EKSEKUTIF DAN BISNIS (Studi Kasus : Kereta Api Lodaya Solo-Bandung)
|
title_sort | analisa tingkat kepuasan pengguna jasa angkutan ka eksekutif dan bisnis studi kasus kereta api lodaya solo bandung |
topic | TA Civil Engineering |
url | https://eprints.ums.ac.id/12176/ |
work_keys_str_mv | AT darwantodarwanto analisatingkatkepuasanpenggunajasaangkutankaeksekutifdanbisnisstudikasuskeretaapilodayasolobandung |