ANALISIS RASIO UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIK DI BEJ

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perusahaan dalam memenuhi kewajibannya yang segera harus dibayar. Untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dari pengelolaan modal. Dan serta untuk mengetahui tingkat efisiensi keuangan pada perusahaan makanan dan min...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: LINGGARWATI, NIKEN
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12173/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perusahaan dalam memenuhi kewajibannya yang segera harus dibayar. Untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dari pengelolaan modal. Dan serta untuk mengetahui tingkat efisiensi keuangan pada perusahaan makanan dan minuman yang go publik di BEJ periode tahun 2006-2008. Alat analisis yang digunakan adalah Rasio Leverage, Likuiditas, Profitabilitas dan Aktivitas. Untuk menganalisinya mengambil neraca dan laporan rugi laba selama periode tahun 2006-2008. Hasil dari analisis rasio Rasio Leverage sebagian besar perusahaan dengan modal yang dimiliki mampu memenuhi hutang dan adanya aktiva yang didanai perusahaan. Dengan laba operasi yang dimiliki mampu membayar bunga hutang. Rasio likuiditas sebagian besar perusahaan mampu membayar utang yang harus segera dibayar dengan aktiva lancar lebih likuid karena adanya rasio yang aman yaitu lebih dari 1. Rasio profitabilitas sebagian besar perusahaan mampu menghasilkan laba operasi yang lebih besar dari tahun ke tahun. Selain itu aktiva lebih cepat berputar dalam meraih laba serta adanya kemampuan modal yang diinvestasikan dalam keseluruhan aktiva untuk menghasilkan laba. Rasio Aktivitas sebagian besar perusahaan dapat melakukan penagihan piutang dilakukan dengan cepat, kegiatan penjualan cepat, kemampuan aktiva tetap menciptakan penjualan.