PENGARUH PENDAPATAN, HARGA DAN KUALITAS MOBIL NISSAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi pada PT WAHANA SUN SOLO)
Perilaku pembelian seseorang terhadap suatu produk dipengaruhi banyak faktor. Tiap individu mempunyai keinginan dan selera yang berbeda-beda. Kualitas produk merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian, selain itu masih banyak lagi faktor lain yang mempengaruhi...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12172/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Perilaku pembelian seseorang terhadap suatu produk dipengaruhi banyak
faktor. Tiap individu mempunyai keinginan dan selera yang berbeda-beda.
Kualitas produk merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap keputusan
pembelian, selain itu masih banyak lagi faktor lain yang mempengaruhi perilaku
pembelian tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendapatan, harga
dan kualitas terhadap keputusan pembelian Mobil Nissan serta menganalisis
variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan
pembelian Mobil Nissan di wilayah surakarta.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Mobil Nissan di
wilayah Surakarta. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan
teknik Accidental Quota Sampling. Teknik pengumpulan data kuesioner,
sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji
statistik (uji t, uji F dan koefisien determinasi) dan analisis crasstabs.
Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dari uji t diperoleh
temuan bahwa secara parsial harga dan kualitas berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian produk mobil Nissan, sedangkan pendapatan tidak
berpengaruh signifikan.
Dari hasil uji F bahwa secara simultan pendapatan, harga dan kualitas
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk mobil Nissan
dimana nilai F hitung > F tabel. harga mempunyai pengaruh paling dominan
terhadap keputusan pembelian produk mobil Nissan. Diperoleh nilai R square
sebesar 0,280, yang artinya variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel
independen sebesar 28,0% sedangkan sisanya sebesar 72,0% dijelaskan oleh
variabel lain diluar model.
|
---|