FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMAKAIAN JASA WARNET DI KOTA SURAKARTA

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh budaya, kelas sosial dan kelompok acuan terhadap keputusan pemakaian jasa warnet di Surakarta dan menganalisis variabel manakah yang paling dominan dalam pengambilan keputusan pemakaian jasa warnet di Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian di...

Cijeli opis

Spremljeno u:
Bibliografski detalji
Glavni autor: KURNIAWAN, DENI ADITYA
Format: Disertacija
Jezik:English
English
English
Izdano: 2010
Teme:
Online pristup:https://eprints.ums.ac.id/12156/
Oznake: Dodaj oznaku
Bez oznaka, Budi prvi tko označuje ovaj zapis!
Opis
Sažetak:Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh budaya, kelas sosial dan kelompok acuan terhadap keputusan pemakaian jasa warnet di Surakarta dan menganalisis variabel manakah yang paling dominan dalam pengambilan keputusan pemakaian jasa warnet di Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan untuk mengambil suatu strategi pemasaran agar dapat memenangkan persaingan dalam bisnis internet. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung warnet Yahoo Purwosari yang sedang menggunakan jasa internet. Sedangkan jumlah sampel yang diambil sebesar 150 orang responden. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel budaya (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemakaian jasa warnet, karena nilai thitung > ttabel. Variabel kelas sosial (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemakaian jasa warnet, karena nilai thitung > ttabel. Variabel kelompok acuan (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemakaian jasa warnet di Surakarta, karena nilai thitung > ttabel. Hasil perhitungan secara serentak diperoleh Fhitung > Ftabel, sehingga variabel budaya, kelas sosial dan kelompok acuan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemakaian jasa warnet di Surakarta. Variabel budaya (X1) merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pemakaian jasa warnet di Surakarta, karena variabel budaya mempunyai koefisien beta yang lebih besar dibandingkan dengan variabel-variabel yang lain, yaitu sebesar 0,213. Sehingga variabel budaya yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pemakaian jasa warnet di Surakarta terbukti kebenarannya.