ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KREDIT KENDARAAN BERMOTOR DI HARPINDO JAYA CABANG PURWODADI

Tingkat suku bunga, pelayanan, lokasi, dan pendapatan konsumen mempunyai andil sebagai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pengambilan kredit kendaraan bermotor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis besarnya pengaruh tingkat suku bunga, pelayanan, lokasi, dan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Bintoro, Joko
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2008
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12118/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995525305434112
author Bintoro, Joko
author_facet Bintoro, Joko
author_sort Bintoro, Joko
collection ePrints
description Tingkat suku bunga, pelayanan, lokasi, dan pendapatan konsumen mempunyai andil sebagai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pengambilan kredit kendaraan bermotor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis besarnya pengaruh tingkat suku bunga, pelayanan, lokasi, dan pendapatan konsumen terhadap pembelian kredit kendaraan bermotor di Harpindo Jaya Cabang Purwodadi. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang mengambil kredit kendaraan bermotor di Harpindo Jaya Cabang Purwodadi, sedangkan jumlah sampel yang diambil sebanyak 30 responden yang mengambil kendaraan bermotor di Harpindo Jaya Cabang Purwodadi. Kuesioner yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan interval 1-5. Alat uji yang dipergunakan adalah uji validitas menggunakan korelasi product moment pearson dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang merupakan uji instrumen penelitian. Sedangkan analisis data menggunakan regresi linear berganda. Data diolah dengan menggunakan program SPSS 10.0 for windows. Berdasarkan hasil uji t variabel suku bunga, pelayanan, lokasi, pendapatan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian kredit. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,014 (suku bunga), 0,035 (pelayanan), 0,048 (lokasi) dan 0,023 (pendapatan) dimana nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil uji F, variabel suku bunga, pelayanan, lokasi dan pendapatan secara bersama- sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian kredit, hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05). Hasil analisis regresi berganda diperoleh angka koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,931. Hal ini berarti 93,1% variasi perubahan pembelian kredit dijelaskan oleh variasi perubahan faktor-faktor suku bunga, pelayanan, lokasi dan pendapatan. Sementara sisanya sebesar 6,9% diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12118
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2008
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12118 https://eprints.ums.ac.id/12118/ ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KREDIT KENDARAAN BERMOTOR DI HARPINDO JAYA CABANG PURWODADI Bintoro, Joko HB Economic Theory Tingkat suku bunga, pelayanan, lokasi, dan pendapatan konsumen mempunyai andil sebagai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pengambilan kredit kendaraan bermotor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis besarnya pengaruh tingkat suku bunga, pelayanan, lokasi, dan pendapatan konsumen terhadap pembelian kredit kendaraan bermotor di Harpindo Jaya Cabang Purwodadi. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang mengambil kredit kendaraan bermotor di Harpindo Jaya Cabang Purwodadi, sedangkan jumlah sampel yang diambil sebanyak 30 responden yang mengambil kendaraan bermotor di Harpindo Jaya Cabang Purwodadi. Kuesioner yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan interval 1-5. Alat uji yang dipergunakan adalah uji validitas menggunakan korelasi product moment pearson dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang merupakan uji instrumen penelitian. Sedangkan analisis data menggunakan regresi linear berganda. Data diolah dengan menggunakan program SPSS 10.0 for windows. Berdasarkan hasil uji t variabel suku bunga, pelayanan, lokasi, pendapatan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian kredit. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,014 (suku bunga), 0,035 (pelayanan), 0,048 (lokasi) dan 0,023 (pendapatan) dimana nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil uji F, variabel suku bunga, pelayanan, lokasi dan pendapatan secara bersama- sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian kredit, hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05). Hasil analisis regresi berganda diperoleh angka koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,931. Hal ini berarti 93,1% variasi perubahan pembelian kredit dijelaskan oleh variasi perubahan faktor-faktor suku bunga, pelayanan, lokasi dan pendapatan. Sementara sisanya sebesar 6,9% diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi. 2008 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12118/1/Halaman_depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12118/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12118/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12118/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12118/7/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12118/9/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12118/11/DAFTAR_PUSTAKA%2B.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12118/13/Data_Master_Penelitian.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12118/14/Data_Regresi_Berganda.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12118/16/KUESIONER.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12118/18/Validity_%26_Regresi.pdf Bintoro, Joko (2008) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KREDIT KENDARAAN BERMOTOR DI HARPINDO JAYA CABANG PURWODADI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B100030196
spellingShingle HB Economic Theory
Bintoro, Joko
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KREDIT KENDARAAN BERMOTOR DI HARPINDO JAYA CABANG PURWODADI
title ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KREDIT KENDARAAN BERMOTOR DI HARPINDO JAYA CABANG PURWODADI
title_full ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KREDIT KENDARAAN BERMOTOR DI HARPINDO JAYA CABANG PURWODADI
title_fullStr ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KREDIT KENDARAAN BERMOTOR DI HARPINDO JAYA CABANG PURWODADI
title_full_unstemmed ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KREDIT KENDARAAN BERMOTOR DI HARPINDO JAYA CABANG PURWODADI
title_short ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KREDIT KENDARAAN BERMOTOR DI HARPINDO JAYA CABANG PURWODADI
title_sort analisis faktor faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian kredit kendaraan bermotor di harpindo jaya cabang purwodadi
topic HB Economic Theory
url https://eprints.ums.ac.id/12118/
work_keys_str_mv AT bintorojoko analisisfaktorfaktoryangmempengaruhikonsumendalampembeliankreditkendaraanbermotordiharpindojayacabangpurwodadi