ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KREDIT KENDARAAN BERMOTOR DI HARPINDO JAYA CABANG PURWODADI
Tingkat suku bunga, pelayanan, lokasi, dan pendapatan konsumen mempunyai andil sebagai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pengambilan kredit kendaraan bermotor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis besarnya pengaruh tingkat suku bunga, pelayanan, lokasi, dan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English English English English |
Published: |
2008
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12118/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tingkat suku bunga, pelayanan, lokasi, dan pendapatan konsumen
mempunyai andil sebagai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen
dalam pengambilan kredit kendaraan bermotor. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisis besarnya pengaruh tingkat suku bunga, pelayanan, lokasi, dan
pendapatan konsumen terhadap pembelian kredit kendaraan bermotor di Harpindo
Jaya Cabang Purwodadi.
Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang mengambil kredit
kendaraan bermotor di Harpindo Jaya Cabang Purwodadi, sedangkan jumlah
sampel yang diambil sebanyak 30 responden yang mengambil kendaraan
bermotor di Harpindo Jaya Cabang Purwodadi. Kuesioner yang dipergunakan
dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan interval 1-5. Alat uji yang
dipergunakan adalah uji validitas menggunakan korelasi product moment pearson
dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang merupakan uji instrumen
penelitian. Sedangkan analisis data menggunakan regresi linear berganda. Data
diolah dengan menggunakan program SPSS 10.0 for windows.
Berdasarkan hasil uji t variabel suku bunga, pelayanan, lokasi, pendapatan
secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian kredit. Hal
ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,014 (suku bunga), 0,035
(pelayanan), 0,048 (lokasi) dan 0,023 (pendapatan) dimana nilai signifikansi
tersebut lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil uji F, variabel suku bunga,
pelayanan, lokasi dan pendapatan secara bersama- sama berpengaruh positif dan
signifikan terhadap pembelian kredit, hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi
sebesar 0,000 (p < 0,05). Hasil analisis regresi berganda diperoleh angka koefisien
determinasi atau R2
sebesar 0,931. Hal ini berarti 93,1% variasi perubahan
pembelian kredit dijelaskan oleh variasi perubahan faktor-faktor suku bunga,
pelayanan, lokasi dan pendapatan. Sementara sisanya sebesar 6,9% diterangkan
oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi.
|
---|