PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PADA PT. DELTA MERLIN DUNIA TEXTILE DAN PT SOLO MULTIPACK SURAKARTA

Penggunaan Total Quality Management (TQM) sebagai pengukur peningkatan kinerja manajerial sudah semakin luas digunakan. Hal ini terjadi karena banyaknya kesuksesan implementasi TQM dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara...

Полное описание

Сохранить в:
Библиографические подробности
Главный автор: PRAHARA, TOMMY
Формат: Диссертация
Язык:English
English
English
English
English
English
English
English
Опубликовано: 2011
Предметы:
Online-ссылка:https://eprints.ums.ac.id/12116/
Метки: Добавить метку
Нет меток, Требуется 1-ая метка записи!
Описание
Итог:Penggunaan Total Quality Management (TQM) sebagai pengukur peningkatan kinerja manajerial sudah semakin luas digunakan. Hal ini terjadi karena banyaknya kesuksesan implementasi TQM dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara TQM dengan 5 subvariabel yang diteliti, yaitu : fokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas, perbaikan sistem secara berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan, dan keterlibatan dan pemberdayaan karyawan terhadap kinerja manajerial. Penelitian ini dilakiukan di PT. DELTA MERLIN DUNIA TEXTILE dan PT. SOLO MULTIPACK dengan jenis penelitian assosiatif kausal. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah sensus. Data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 62 karyawan perusahaan yang berada di level menengah dan level bawah manajemen. Model analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Pengujian kualitas data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reabilitas. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, dan uji normalitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji-t, uji-F, dan uji koefisien determinasi (R2 ). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa TQM berpengaruh secara simultan terhadap kinerja manajerial. Tetapi jika dilihat secara parsial, variabel fokus pada pelanggan serta pendidikan dan pelatihan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja manajerial dalam penelitian ini.