ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN DENGAN KONSEP BALANCE SCORECARD (Studi Kasus Pada RS Nirmala Suri Sukoharjo)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja RS Nirmala Suri Sukoharjo, apakah menunjukkan baik atau buruk pada tahun 2007-2009 apabila dianalisis dengan menggunakan konsep pengukuran kinerja balance scorecard yang meliputi perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: WULANDARI , FEBRIANA
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/12111/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja RS Nirmala Suri Sukoharjo, apakah menunjukkan baik atau buruk pada tahun 2007-2009 apabila dianalisis dengan menggunakan konsep pengukuran kinerja balance scorecard yang meliputi perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses internal bisnis, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Hasil penelitian diharapkan memberikan sumbangan pemikiran kepada pihak RS Nirmala Suri Sukoharjo mengenai konsep balance scorecard dalam pengembangan sistem pengukuran kinerja organisasinya sehingga dapat meningkatkan kinerja dan rumah sakit kearah tercapainya keunggulan bersaing dimasa kini dan akan datang. Penelitian ini menggunakkan metode studi kasus (case study) yang menggambarkan keadaan sebenarnya dari obyek penelitian. Kegiatan ini dilakukan dengan mengawasi dan mempelajari secara langsung RS Nirmala Suri Sukoharjo. Studi ini dimaksudkan untuk memperoleh data-data perusahaan khususnya hal-hal yang berkaitan dengan pengukuran kinerja dengan konsep balance scorecard yaitu melalui observasi, wawancara, dan pengamatan langsung terhadap objek yang diteliti. Sampel dalam penelitian ini adalah 25 karyawan dan 100 pasien RS Nirmala Suri Sukoharjo sedangkan untuk pengambilan sampel menggunakan metode convenience sampling. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa kinerja di RS Nirmala Suri Sukoharjo dengan konsep balance scorecard pada posisi baik jika dilihat dari perspektif konsumen, perspektif proses internal bisnis, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Namun pada perspektif keuangan menunjukkan posisi yang kurang baik, hal ini dapat dimaklumi karena mengingat RS Nirmala Suri Sukoharjo adalah rumah sakit milik yayasan yang mana dalam menentukan tarif harus melihat kemampuan masyarakat sekitar dan bukan berdasarkan orientasi laba sehingga harga jual rendah.