ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN DENGAN KONSEP BALANCE SCORECARD (Studi Kasus Pada RS Nirmala Suri Sukoharjo)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja RS Nirmala Suri Sukoharjo, apakah menunjukkan baik atau buruk pada tahun 2007-2009 apabila dianalisis dengan menggunakan konsep pengukuran kinerja balance scorecard yang meliputi perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12111/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja RS Nirmala Suri
Sukoharjo, apakah menunjukkan baik atau buruk pada tahun 2007-2009 apabila
dianalisis dengan menggunakan konsep pengukuran kinerja balance scorecard yang
meliputi perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses internal bisnis,
serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Hasil penelitian diharapkan
memberikan sumbangan pemikiran kepada pihak RS Nirmala Suri Sukoharjo
mengenai konsep balance scorecard dalam pengembangan sistem pengukuran
kinerja organisasinya sehingga dapat meningkatkan kinerja dan rumah sakit kearah
tercapainya keunggulan bersaing dimasa kini dan akan datang.
Penelitian ini menggunakkan metode studi kasus (case study) yang
menggambarkan keadaan sebenarnya dari obyek penelitian. Kegiatan ini dilakukan
dengan mengawasi dan mempelajari secara langsung RS Nirmala Suri Sukoharjo.
Studi ini dimaksudkan untuk memperoleh data-data perusahaan khususnya hal-hal
yang berkaitan dengan pengukuran kinerja dengan konsep balance scorecard yaitu
melalui observasi, wawancara, dan pengamatan langsung terhadap objek yang
diteliti. Sampel dalam penelitian ini adalah 25 karyawan dan 100 pasien RS Nirmala
Suri Sukoharjo sedangkan untuk pengambilan sampel menggunakan metode
convenience sampling.
Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa kinerja di RS Nirmala
Suri Sukoharjo dengan konsep balance scorecard pada posisi baik jika dilihat dari
perspektif konsumen, perspektif proses internal bisnis, serta perspektif pertumbuhan
dan pembelajaran. Namun pada perspektif keuangan menunjukkan posisi yang
kurang baik, hal ini dapat dimaklumi karena mengingat RS Nirmala Suri Sukoharjo
adalah rumah sakit milik yayasan yang mana dalam menentukan tarif harus melihat
kemampuan masyarakat sekitar dan bukan berdasarkan orientasi laba sehingga harga
jual rendah. |
---|