PENGARUH PENGUMUMAN DIVIDEN TERHADAP RETURN SAHAM TAHUN 2007-2009 (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEI)

Pengumuman dividen merupakan sebuah informasi yang mengungkapkan besarnya bagian pendapatan yang diberikan kepada para pemegang saham dan bagian yang akan dimiliki perusahaan. Penelitian ini bermaksud menguji apakah pasar bereaksi atas suatu pengumuman dividen yang meningkat atau menurun. R...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ANISA , FITRI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12103/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995521077575680
author ANISA , FITRI
author_facet ANISA , FITRI
author_sort ANISA , FITRI
collection ePrints
description Pengumuman dividen merupakan sebuah informasi yang mengungkapkan besarnya bagian pendapatan yang diberikan kepada para pemegang saham dan bagian yang akan dimiliki perusahaan. Penelitian ini bermaksud menguji apakah pasar bereaksi atas suatu pengumuman dividen yang meningkat atau menurun. Reaksi pasar tersebut akan ditunjukkan dengan adanya perubahan harga saham. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengumuman dividen berpengaruh terhadap return saham, dengan mengetahui adanya perbedaan retu rn saham antara sebelum dan sesudah pengumuman dividen. Jenis penelitian adalah event study yang mengamati pengaruh dari suatu kejadian tertentu dan hanya mengambil sampel pada waktu dan kejadian pada suatu waktu tertentu. Populasi dalam penelitian adalah perusahaan-perusahaan manufaktur yang mengumumkan dividen tahun 2007-2009. Sampel yang diambil adalah 24 perusahaan yang mengumumkan dividen meningkat dan 21 perusahaan dengan dividen yang menurun. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan periode jendela 5 hari sebelum tanggal pengumuman dan 5 hari sesudah tanggal pengumuman dividen. Perhitungan dalam pengukuran variabel adalah dengan menghitung return saham (Rit) dan analisis data menggunakan uji normalitas dan Paired Sample t-test . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pengumuman dividen berpengaruh terhadap return saham. Karena terdapat perbedaan return saham sebelum dan sesudah pengumuman dividen. Hasil Paired Sample t-test memperoleh nilai thitung > t tabel yaitu 2 ,145 > 2,021 diterima pada taraf signifikansi 5%. Rata-rata return pada periode sebelum (0,00017) lebih rendah dari return saham sesudah pengumuman dividen (0,00457). Untuk masing-masing perlakuan menunjukkan hasil; (1) Pengumuman kenaikan dividen berpengaruh terhadap return saham. Karena terdapat perbedaan return saham sebelum dan sesudah pengumuman dividen naik. Hasil Paired Sample t -test memperoleh nilai t hitung > ttabel yaitu 2,882 > 2,069 diterima pada taraf signifikansi 5%. Rata-rata return saham pada periode sebelum ( -0,0052) lebih rendah dari return saham sesudah pengumuman dividen naik (0,00790); (2) Pengumuman penurunan dividen tidak berpengaruh terhadap return saham. Karena tidak terdapat perbedaan return saham sebelum dan sesudah pengumuman dividen turun. Hasil Paired Sample t - test memperoleh nilai t hitung < ttabel yaitu 0,072 < 2,086 dan ditolak pada taraf signifikansi 5%. Rata-rata return saham pada periode sebelum (0,00095) hampir sama dengan return saham sesudah pengumuman dividen turun (0,00077); (3)
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12103
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12103 https://eprints.ums.ac.id/12103/ PENGARUH PENGUMUMAN DIVIDEN TERHADAP RETURN SAHAM TAHUN 2007-2009 (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEI) ANISA , FITRI HG Finance Pengumuman dividen merupakan sebuah informasi yang mengungkapkan besarnya bagian pendapatan yang diberikan kepada para pemegang saham dan bagian yang akan dimiliki perusahaan. Penelitian ini bermaksud menguji apakah pasar bereaksi atas suatu pengumuman dividen yang meningkat atau menurun. Reaksi pasar tersebut akan ditunjukkan dengan adanya perubahan harga saham. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengumuman dividen berpengaruh terhadap return saham, dengan mengetahui adanya perbedaan retu rn saham antara sebelum dan sesudah pengumuman dividen. Jenis penelitian adalah event study yang mengamati pengaruh dari suatu kejadian tertentu dan hanya mengambil sampel pada waktu dan kejadian pada suatu waktu tertentu. Populasi dalam penelitian adalah perusahaan-perusahaan manufaktur yang mengumumkan dividen tahun 2007-2009. Sampel yang diambil adalah 24 perusahaan yang mengumumkan dividen meningkat dan 21 perusahaan dengan dividen yang menurun. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan periode jendela 5 hari sebelum tanggal pengumuman dan 5 hari sesudah tanggal pengumuman dividen. Perhitungan dalam pengukuran variabel adalah dengan menghitung return saham (Rit) dan analisis data menggunakan uji normalitas dan Paired Sample t-test . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pengumuman dividen berpengaruh terhadap return saham. Karena terdapat perbedaan return saham sebelum dan sesudah pengumuman dividen. Hasil Paired Sample t-test memperoleh nilai thitung > t tabel yaitu 2 ,145 > 2,021 diterima pada taraf signifikansi 5%. Rata-rata return pada periode sebelum (0,00017) lebih rendah dari return saham sesudah pengumuman dividen (0,00457). Untuk masing-masing perlakuan menunjukkan hasil; (1) Pengumuman kenaikan dividen berpengaruh terhadap return saham. Karena terdapat perbedaan return saham sebelum dan sesudah pengumuman dividen naik. Hasil Paired Sample t -test memperoleh nilai t hitung > ttabel yaitu 2,882 > 2,069 diterima pada taraf signifikansi 5%. Rata-rata return saham pada periode sebelum ( -0,0052) lebih rendah dari return saham sesudah pengumuman dividen naik (0,00790); (2) Pengumuman penurunan dividen tidak berpengaruh terhadap return saham. Karena tidak terdapat perbedaan return saham sebelum dan sesudah pengumuman dividen turun. Hasil Paired Sample t - test memperoleh nilai t hitung < ttabel yaitu 0,072 < 2,086 dan ditolak pada taraf signifikansi 5%. Rata-rata return saham pada periode sebelum (0,00095) hampir sama dengan return saham sesudah pengumuman dividen turun (0,00077); (3) 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12103/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12103/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12103/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12103/5/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12103/7/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12103/17/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12103/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12103/22/LAMPIRAN.pdf ANISA , FITRI (2011) PENGARUH PENGUMUMAN DIVIDEN TERHADAP RETURN SAHAM TAHUN 2007-2009 (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEI). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B200070231
spellingShingle HG Finance
ANISA , FITRI
PENGARUH PENGUMUMAN DIVIDEN TERHADAP RETURN SAHAM TAHUN 2007-2009 (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEI)
title PENGARUH PENGUMUMAN DIVIDEN TERHADAP RETURN SAHAM TAHUN 2007-2009 (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEI)
title_full PENGARUH PENGUMUMAN DIVIDEN TERHADAP RETURN SAHAM TAHUN 2007-2009 (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEI)
title_fullStr PENGARUH PENGUMUMAN DIVIDEN TERHADAP RETURN SAHAM TAHUN 2007-2009 (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEI)
title_full_unstemmed PENGARUH PENGUMUMAN DIVIDEN TERHADAP RETURN SAHAM TAHUN 2007-2009 (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEI)
title_short PENGARUH PENGUMUMAN DIVIDEN TERHADAP RETURN SAHAM TAHUN 2007-2009 (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEI)
title_sort pengaruh pengumuman dividen terhadap return saham tahun 2007 2009 studi empiris pada perusahaan manufaktur di bei
topic HG Finance
url https://eprints.ums.ac.id/12103/
work_keys_str_mv AT anisafitri pengaruhpengumumandividenterhadapreturnsahamtahun20072009studiempirispadaperusahaanmanufakturdibei