PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI HYPERMART SOLO SQUARE SURAKARTA
Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis pengaruh harga, produk, pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian di Hypermart Solo Square Surakarta dan untuk menganalisis diantara harga, produk, pelayanan dan lokasi yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Hyperm...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12102/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis pengaruh harga, produk,
pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian di Hypermart Solo Square
Surakarta dan untuk menganalisis diantara harga, produk, pelayanan dan lokasi
yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Hypermart
Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat
Solo Square
dipergunakan sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam melaksanakan
perencanaan dan evaluasi strategi pemasaran bagi manajemen Hypermart Solo
Square.
Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi
linier berganda dengan uji F, uji t dan koefisien determinasi (R2). Populasi yang
dipakai pada penelitian ini adalah seluruh konsumen Hypermart Solo Square.
Adapun sampel dari penelitian ini adalah 200 konsumen di Hypermart Solo
Square dengan convenience sampling sebagai teknik pengambilan sampel.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel harga (X1) diperoleh
nilai thitung sebesar 8,411. Oleh karena nilai thitung lebih besar dari ttabel (8,411 >
1,984) dengan probabilitas 0,000 < 0,05; maka H0 ditolak berarti H1 diterima,
yang berarti bahwa variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian di Hypermart Solo Square. Variabel produk (X2) diperoleh nilai thitung
sebesar 3,915. Oleh karena nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,915 > 1,984) dengan
probabilitas 0,000 < 0,05; maka H0 ditolak berarti H1 diterima, yang berarti bahwa
variabel produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di
Hypermart Solo Square. Variabel pelayanan (X3) diperoleh nilai thitung sebesar
5,436. Oleh karena nilai thitung lebih besar dari ttabel (5,436 > 1,984) dengan
probabilitas 0,000 < 0,05; maka H0 ditolak berarti H1 diterima, yang berarti bahwa
variabel pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di
Hypermart Solo Square. Variabel lokasi (X4) diperoleh nilai thitung sebesar 3,085.
Oleh karena nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,085 > 1,984) dengan probabilitas
0,002 < 0,05; maka H0 ditolak berarti H1 diterima, yang berarti bahwa variabel
lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Hypermart Solo
Square. Hasil analisis uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 256,122 > 2,37 dengan
probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak berarti menerima H1, hal ini
berarti bahwa harga, produk, pelayanan dan lokasi secara bersama-sama
berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di Hypermart Solo Square.
Angka koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,840. Hal ini berarti variasi
perubahan pada keputusan pembelian konsumen di Hypermart Solo Square dapat
dijelaskan oleh perubahan harga, produk, pelayanan dan lokasi sebesar 84%.
Sementara sisanya sebesar 16% diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut
terobservasi. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa harga mempunyai nilai
koefieisen beta sebesar 0,374 yang lebih besar jika dibandingkan dengan variabel
yang lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa harga lebih dominan berpengaruh
terhadap keputusan pembelian konsumen di Hypermart Solo Square.
|
---|