PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2007-2009)

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris apakah tanggung jawab sosial perusahaan memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Kinerja keuangan persahaan diukur dari Return on Asset (ROA) dan Return on Equity (ROE)...

Бүрэн тодорхойлолт

-д хадгалсан:
Номзүйн дэлгэрэнгүй
Үндсэн зохиолч: PERMONO , MUCHAMMAD JUNIARNO RIDHO
Формат: Дипломын ажил
Хэл сонгох:English
English
English
English
English
English
English
English
Хэвлэсэн: 2011
Нөхцлүүд:
Онлайн хандалт:https://eprints.ums.ac.id/12096/
Шошгууд: Шошго нэмэх
Шошго байхгүй, Энэхүү баримтыг шошголох эхний хүн болох!
Тодорхойлолт
Тойм:Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris apakah tanggung jawab sosial perusahaan memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Kinerja keuangan persahaan diukur dari Return on Asset (ROA) dan Return on Equity (ROE) dengan ukuran perusahaan sebagai variable Moderating. Penelitian ini menggunakan metode survei data sekunder pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama periode 2007-2009. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dan didapatkan 34 perusahaan yang sesuai dengan kriteria. Sampel tersebut selanjutnya disusun secara panel data (pooling data), jadi jumlah data yang diperoleh sebanyak 102 data. Karena tidak normal pada pengujian awal, maka dilakukan reduksi data untuk data yang mengandung outlier (data ekstrim), sehingga jumlah data menjadi 96 data. Teknik analisis pengujian menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai koefisien determinasi (Adjusted R2 ) sebesar 0,137. Sehingga dapat diintepretasikan bahwa variabel Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh terhadap variabel kinerja keuangan dalam hal ini ROA sebagai variabel dependen sebesar 13,7%. Sedangkan sisanya 86,3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar regresi. Sedangkan untuk ROE diketahui bahwa nilai koefisien determinasi (Adjusted R2 ) sebesar 0,101. Sehingga dapat diintepretasikan bahwa variabel Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh terhadap variabel kinerja keuangan dalam hal ini ROE sebagai variabel dependen sebesar 10,1%. Sedangkan sisanya 89,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar regresi. Selain itu, interaksi CSR dengan ROA hasil analisis uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 4,550 dan Ftabel sebesar 2,68 diterima pada signifikansi sebesar 0,002. Sedangkan interaksi CSR dengan ROE hasil analisis uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 2,921 dan Ftabel sebesar 2,68 diterima pada signifikansi sebesar 0,005. Hasil uji hipotesis (uji t) menunjukan bahwa ukuran perusahaan sebagai variabel moderating tidak berpengaruh signifikan terhadap hubungan antara CSR dengan kinerja keuangan perusahaan.