ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh antara karakteristik perusahaan yang dalam penelitian ini diproksi dalam ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, kepemilikan manajerial, dan ukuran dewan komisaris terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Populas...
שמור ב:
מחבר ראשי: | |
---|---|
פורמט: | Thesis |
שפה: | English English English English English English English English |
יצא לאור: |
2011
|
נושאים: | |
גישה מקוונת: | https://eprints.ums.ac.id/12095/ |
תגים: |
הוספת תג
אין תגיות, היה/י הראשונ/ה לתייג את הרשומה!
|
סיכום: | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh antara karakteristik perusahaan yang dalam penelitian ini diproksi dalam ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, kepemilikan manajerial, dan ukuran dewan komisaris terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2007 sampai 2009. Sampel diambil
dengan teknik purposive sampling, berdasarkan kriteria yang ditetapkan diperoleh sampel sebanyak 33 perusahaan tiap tahunnya. Metode analisis data yang digunakan adalah model analisis regresi berganda. Penggunaan metode analisis
regresi dalam pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji apakah model tersebut memenuhi asumsi klasik atau tidak. Pengujian meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskesdastisitas dan uji autokorelasi
Berdasarkan hasil pengujian statistik t variabel profitabilitas dan kepemilikan manajerial memiliki nilai signifikansi t < 0,05. Hal ini menunjukkan kedua variabel tersebut berpengaruh positif terhadap pengungkapan tanggung
jawab sosial. Sedangkan untuk variabel ukuran perusahaan, leverage, dan ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial karena memiliki nilai signifikansi t > 0,05. |
---|