PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENABUNG PADA PT. BPR NGADIROJO WONOGIRI

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan nasabah dalam menabung pada PT. BPR Ngadirojo Wonogiri. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat memberikan masukan bagi PT. BPR Ngadirojo Wonogiri untuk dapat berguna sebagai bahan pertimba...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRATIDINA, GINIUNG
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12053/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995507474399232
author PRATIDINA, GINIUNG
author_facet PRATIDINA, GINIUNG
author_sort PRATIDINA, GINIUNG
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan nasabah dalam menabung pada PT. BPR Ngadirojo Wonogiri. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat memberikan masukan bagi PT. BPR Ngadirojo Wonogiri untuk dapat berguna sebagai bahan pertimbangan dan pedoman dalam pengambilan kebijaksanaan yang berhubungan dengan keputusan nasabah. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Populasi dari penelitian ini adalah keseluruhan para nasabah yang menabung di PT BPR Ngadirojo Wonogiri selama tahun 2010 sebesar 300 responden. Sedangkan sampel penelitian adalah 75 nasabah yang menabung di PT BPR Ngadirojo Wonogiri. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kualitas pelayanan (X1) diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,822 > 1,993), sehingga berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah PT. BPR Ngadirojo Wonogiri. Periklanan (X2) diperoleh nilai nilai thitung lebih besar dari ttabel (8,537 > 1,993), sehingga berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah PT. BPR Ngadirojo Wonogiri. Berdasarkan hasil analisis uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 73,487 > 3,15 dengan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 maka kualitas pelayanan dan periklanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Hasil perhitungan untuk nilai R2 dengan bantuan program SPSS 15.0 for windows, dalam analisis regresi berganda diperoleh angka koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,671. Hal ini berarti keputusan nasabah dipengaruhi oleh variasi kualitas pelayanan dan periklanan sebesar 67,1%. Sementara sisanya sebesar 32,9% diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa periklanan mempunyai nilai koefieisen beta sebesar 0,647 yang lebih besar jika dibandingkan dengan variabel kualitas pelayanan yaitu sebesar 0,289. Hal ini menunjukkan bahwa periklanan lebih dominan berpengaruh terhadap keputusan nasabah pada PT. BPR Ngadirojo Wonogiri .
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12053
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12053 https://eprints.ums.ac.id/12053/ PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENABUNG PADA PT. BPR NGADIROJO WONOGIRI PRATIDINA, GINIUNG HD28 Management Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan nasabah dalam menabung pada PT. BPR Ngadirojo Wonogiri. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat memberikan masukan bagi PT. BPR Ngadirojo Wonogiri untuk dapat berguna sebagai bahan pertimbangan dan pedoman dalam pengambilan kebijaksanaan yang berhubungan dengan keputusan nasabah. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Populasi dari penelitian ini adalah keseluruhan para nasabah yang menabung di PT BPR Ngadirojo Wonogiri selama tahun 2010 sebesar 300 responden. Sedangkan sampel penelitian adalah 75 nasabah yang menabung di PT BPR Ngadirojo Wonogiri. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kualitas pelayanan (X1) diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,822 > 1,993), sehingga berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah PT. BPR Ngadirojo Wonogiri. Periklanan (X2) diperoleh nilai nilai thitung lebih besar dari ttabel (8,537 > 1,993), sehingga berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah PT. BPR Ngadirojo Wonogiri. Berdasarkan hasil analisis uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 73,487 > 3,15 dengan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 maka kualitas pelayanan dan periklanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Hasil perhitungan untuk nilai R2 dengan bantuan program SPSS 15.0 for windows, dalam analisis regresi berganda diperoleh angka koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,671. Hal ini berarti keputusan nasabah dipengaruhi oleh variasi kualitas pelayanan dan periklanan sebesar 67,1%. Sementara sisanya sebesar 32,9% diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa periklanan mempunyai nilai koefieisen beta sebesar 0,647 yang lebih besar jika dibandingkan dengan variabel kualitas pelayanan yaitu sebesar 0,289. Hal ini menunjukkan bahwa periklanan lebih dominan berpengaruh terhadap keputusan nasabah pada PT. BPR Ngadirojo Wonogiri . 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12053/1/Cover_%2B_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12053/2/All_Skripsi.pdf PRATIDINA, GINIUNG (2011) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENABUNG PADA PT. BPR NGADIROJO WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B100060085
spellingShingle HD28 Management
PRATIDINA, GINIUNG
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENABUNG PADA PT. BPR NGADIROJO WONOGIRI
title PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENABUNG PADA PT. BPR NGADIROJO WONOGIRI
title_full PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENABUNG PADA PT. BPR NGADIROJO WONOGIRI
title_fullStr PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENABUNG PADA PT. BPR NGADIROJO WONOGIRI
title_full_unstemmed PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENABUNG PADA PT. BPR NGADIROJO WONOGIRI
title_short PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENABUNG PADA PT. BPR NGADIROJO WONOGIRI
title_sort pengaruh kualitas pelayanan dan periklanan terhadap keputusan nasabah dalam menabung pada pt bpr ngadirojo wonogiri
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/12053/
work_keys_str_mv AT pratidinaginiung pengaruhkualitaspelayanandanperiklananterhadapkeputusannasabahdalammenabungpadaptbprngadirojowonogiri