PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM DENGAN PENDEKATAN CTL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SAWIT

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar diantaranya dengan pendekatan CTL. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi dengan pendekatan CTL siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sawit tahun ajaran 2006/2007. Jenis pen...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: DWI ASTUTI , DEWI WULANDARI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12031/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995502057455616
author DWI ASTUTI , DEWI WULANDARI
author_facet DWI ASTUTI , DEWI WULANDARI
author_sort DWI ASTUTI , DEWI WULANDARI
collection ePrints
description Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar diantaranya dengan pendekatan CTL. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi dengan pendekatan CTL siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sawit tahun ajaran 2006/2007. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, sampel yang diambil adalah kelas VII F yaitu dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penilaian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 6.03 dan ratarata siklus I meningkat menjadi 6.99, rata-rata siklus II meningkat menjadi 7.57 dan siklus III meningkat menjadi 8.42. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa peningkatan nilai awal siswa sebesar 0.32 point atau 32 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan CTL meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Sawit tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0.32 point atau 32 %.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12031
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12031 https://eprints.ums.ac.id/12031/ PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM DENGAN PENDEKATAN CTL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SAWIT DWI ASTUTI , DEWI WULANDARI LB1603 Secondary Education. Middle Schools Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar diantaranya dengan pendekatan CTL. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi dengan pendekatan CTL siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sawit tahun ajaran 2006/2007. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, sampel yang diambil adalah kelas VII F yaitu dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penilaian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 6.03 dan ratarata siklus I meningkat menjadi 6.99, rata-rata siklus II meningkat menjadi 7.57 dan siklus III meningkat menjadi 8.42. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa peningkatan nilai awal siswa sebesar 0.32 point atau 32 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan CTL meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Sawit tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0.32 point atau 32 %. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12031/1/a%29_cover.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12031/4/b%29_bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12031/7/c%29_lampiran.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12031/10/Dapus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12031/13/b%29_bab_II_dan_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12031/15/b%29_bab_IV-V.pdf DWI ASTUTI , DEWI WULANDARI (2007) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM DENGAN PENDEKATAN CTL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SAWIT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A420030176
spellingShingle LB1603 Secondary Education. Middle Schools
DWI ASTUTI , DEWI WULANDARI
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM DENGAN PENDEKATAN CTL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SAWIT
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM DENGAN PENDEKATAN CTL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SAWIT
title_full PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM DENGAN PENDEKATAN CTL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SAWIT
title_fullStr PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM DENGAN PENDEKATAN CTL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SAWIT
title_full_unstemmed PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM DENGAN PENDEKATAN CTL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SAWIT
title_short PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM DENGAN PENDEKATAN CTL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SAWIT
title_sort peningkatan hasil belajar biologi pokok bahasan ekosistem dengan pendekatan ctl pada siswa kelas vii smp negeri 1 sawit
topic LB1603 Secondary Education. Middle Schools
url https://eprints.ums.ac.id/12031/
work_keys_str_mv AT dwiastutidewiwulandari peningkatanhasilbelajarbiologipokokbahasanekosistemdenganpendekatanctlpadasiswakelasviismpnegeri1sawit