PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM DENGAN PENDEKATAN CTL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SAWIT
Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar diantaranya dengan pendekatan CTL. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi dengan pendekatan CTL siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sawit tahun ajaran 2006/2007. Jenis pen...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
語言: | English English English English English English |
出版: |
2007
|
主題: | |
在線閱讀: | https://eprints.ums.ac.id/12031/ |
標簽: |
添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
|
總結: | Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan
beberapa metode mengajar diantaranya dengan pendekatan CTL. Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi dengan pendekatan
CTL siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sawit tahun ajaran 2006/2007. Jenis penelitian
ini merupakan penelitian tindakan kelas, sampel yang diambil adalah kelas VII F
yaitu dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data hasil belajar
biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian
maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penilaian ini dengan
cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa
dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil aktivitas dan hasil belajar
siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 6.03 dan ratarata
siklus I meningkat menjadi 6.99, rata-rata siklus II meningkat menjadi 7.57 dan
siklus III meningkat menjadi 8.42. Berdasarkan perhitungan regresi linier
menunjukkan bahwa peningkatan nilai awal siswa sebesar 0.32 point atau 32 %.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan
pendekatan CTL meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII F SMP Negeri 1
Sawit tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0.32 point atau 32 %.
|
---|