ANALISIS SERVICE PERFORMANCE DAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI MODERATING VARIABEL TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK SYARIAH Di INDONESIA (Studi Pada Nasabah Sekitar Kota Surakarta)

Pertumbuhan bank syari’ah dan keuangan Islam pada sepuluh tahun terakhir mengalami pertumbuhan sebesar 15% setiap tahun yang melebihi pertumbuhan bank maupun intitusi keuangan yang ada dipasar modal global. tingkat loyalitas masyarakat terhadap bank syariah semakin meningkat setelah mengetahui siste...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NUGROHO, RADITYO
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12025/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995500423774208
author NUGROHO, RADITYO
author_facet NUGROHO, RADITYO
author_sort NUGROHO, RADITYO
collection ePrints
description Pertumbuhan bank syari’ah dan keuangan Islam pada sepuluh tahun terakhir mengalami pertumbuhan sebesar 15% setiap tahun yang melebihi pertumbuhan bank maupun intitusi keuangan yang ada dipasar modal global. tingkat loyalitas masyarakat terhadap bank syariah semakin meningkat setelah mengetahui sistem bagi hasil yang diterapkan bank syariah berbeda dengan bank konvensional yang dinilai lebih aman, kualitas pelayanan dan kinerja pelayanan yang ditawarkan oleh bank syariah juga sangat menarik perhatian masyarakat pada beberapa tahun terakhir Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan menggunakan data-data primer yang diperoleh dari kuesioner yang diberikan kepada responden yaitu nasabah bank syariah yang berada di wilayah Surakarta. Teknik pengambilan sampel dengan convenience sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan dua macam metode analisis yaitu analisis deskriptif dan analisis statistika. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh service performance dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah Bank Syari’ah di Indonesia dapat ditarik kesimpulan: (1) Service performance (X1) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Syari’ah di Indonesia. Hal ini didukung oleh: Koefisien regresi untuk variabel service performance (X1) adalah 0,024 dengan parameter positif. (2) Kepuasan nasabah (X2) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Syari’ah di Indonesia. Hal ini didukung oleh: Koefisien regresi untuk variabel kepuasan nasabah (X2) adalah 0,165 dengan parameter positif. Hasil uji t yang menyatakan bahwa nilai thitung > ttabel (5,819 > 1,985) atau signifikan pada level 0,000. (3) Hasil perhitungan secara simultan diperoleh Fhitung = 24,992 > 3,15; sehingga service performance dan kepuasan nasabah secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Syari’ah di Indonesia. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,340, berarti bahwa service performance dan kepuasan nasabah memberikan sumbangan sebesar 34,0%, terhadap loyalitas nasabah Bank Syari’ah di Indonesia, sedangkan sisanya sebesar 66,0% dapat dijelaskan oleh variabel yang lain di luar model. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa kepuasan nasabah mempunyai nilai koefieisen beta lebih besar dibandingkan dengan service performance yaitu sebesar 0,491. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan nasabah merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Syari’ah di Indonesia.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12025
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12025 https://eprints.ums.ac.id/12025/ ANALISIS SERVICE PERFORMANCE DAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI MODERATING VARIABEL TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK SYARIAH Di INDONESIA (Studi Pada Nasabah Sekitar Kota Surakarta) NUGROHO, RADITYO HF5601 Accounting Pertumbuhan bank syari’ah dan keuangan Islam pada sepuluh tahun terakhir mengalami pertumbuhan sebesar 15% setiap tahun yang melebihi pertumbuhan bank maupun intitusi keuangan yang ada dipasar modal global. tingkat loyalitas masyarakat terhadap bank syariah semakin meningkat setelah mengetahui sistem bagi hasil yang diterapkan bank syariah berbeda dengan bank konvensional yang dinilai lebih aman, kualitas pelayanan dan kinerja pelayanan yang ditawarkan oleh bank syariah juga sangat menarik perhatian masyarakat pada beberapa tahun terakhir Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan menggunakan data-data primer yang diperoleh dari kuesioner yang diberikan kepada responden yaitu nasabah bank syariah yang berada di wilayah Surakarta. Teknik pengambilan sampel dengan convenience sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan dua macam metode analisis yaitu analisis deskriptif dan analisis statistika. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh service performance dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah Bank Syari’ah di Indonesia dapat ditarik kesimpulan: (1) Service performance (X1) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Syari’ah di Indonesia. Hal ini didukung oleh: Koefisien regresi untuk variabel service performance (X1) adalah 0,024 dengan parameter positif. (2) Kepuasan nasabah (X2) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Syari’ah di Indonesia. Hal ini didukung oleh: Koefisien regresi untuk variabel kepuasan nasabah (X2) adalah 0,165 dengan parameter positif. Hasil uji t yang menyatakan bahwa nilai thitung > ttabel (5,819 > 1,985) atau signifikan pada level 0,000. (3) Hasil perhitungan secara simultan diperoleh Fhitung = 24,992 > 3,15; sehingga service performance dan kepuasan nasabah secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Syari’ah di Indonesia. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,340, berarti bahwa service performance dan kepuasan nasabah memberikan sumbangan sebesar 34,0%, terhadap loyalitas nasabah Bank Syari’ah di Indonesia, sedangkan sisanya sebesar 66,0% dapat dijelaskan oleh variabel yang lain di luar model. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa kepuasan nasabah mempunyai nilai koefieisen beta lebih besar dibandingkan dengan service performance yaitu sebesar 0,491. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan nasabah merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Syari’ah di Indonesia. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12025/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12025/3/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12025/7/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12025/10/9._LAMPIRAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12025/13/Bab_2.3.4.5..pdf NUGROHO, RADITYO (2011) ANALISIS SERVICE PERFORMANCE DAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI MODERATING VARIABEL TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK SYARIAH Di INDONESIA (Studi Pada Nasabah Sekitar Kota Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B100060069
spellingShingle HF5601 Accounting
NUGROHO, RADITYO
ANALISIS SERVICE PERFORMANCE DAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI MODERATING VARIABEL TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK SYARIAH Di INDONESIA (Studi Pada Nasabah Sekitar Kota Surakarta)
title ANALISIS SERVICE PERFORMANCE DAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI MODERATING VARIABEL TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK SYARIAH Di INDONESIA (Studi Pada Nasabah Sekitar Kota Surakarta)
title_full ANALISIS SERVICE PERFORMANCE DAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI MODERATING VARIABEL TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK SYARIAH Di INDONESIA (Studi Pada Nasabah Sekitar Kota Surakarta)
title_fullStr ANALISIS SERVICE PERFORMANCE DAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI MODERATING VARIABEL TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK SYARIAH Di INDONESIA (Studi Pada Nasabah Sekitar Kota Surakarta)
title_full_unstemmed ANALISIS SERVICE PERFORMANCE DAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI MODERATING VARIABEL TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK SYARIAH Di INDONESIA (Studi Pada Nasabah Sekitar Kota Surakarta)
title_short ANALISIS SERVICE PERFORMANCE DAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI MODERATING VARIABEL TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK SYARIAH Di INDONESIA (Studi Pada Nasabah Sekitar Kota Surakarta)
title_sort analisis service performance dan kepuasan nasabah sebagai moderating variabel terhadap loyalitas nasabah pada bank syariah di indonesia studi pada nasabah sekitar kota surakarta
topic HF5601 Accounting
url https://eprints.ums.ac.id/12025/
work_keys_str_mv AT nugrohoradityo analisisserviceperformancedankepuasannasabahsebagaimoderatingvariabelterhadaployalitasnasabahpadabanksyariahdiindonesiastudipadanasabahsekitarkotasurakarta